7 Website Kursus Online Terbaik untuk Menambah Skill Anda

7 Website Kursus Online Terbaik untuk Menambah Skill Anda

Dalam beberapa tahun terakhir, kelas atau kursus online yang biasanya disebut dengan istilah Massive Open Online Courses (MOOC) menjadi semakin populer, dan jumlah peserta kelas online terus bertambah. Saat ini saja ada puluhan ribu kursus tentang berbagai topik.

Tentu saja, kadang kala ditemukan bahwa sertifikat MOOC seringkali tidak memiliki nilai yang sama dengan gelar universitas. Tetapi itu tidak berarti bahwa kelas tersebut jelek dan tidak berguna: jauh dari itu. Bahkan, berkat kursus online saat ini, Anda sendiri dapat memiliki akses ke pendidikan internasional hanya dengan beberapa klik.

Jika Anda masuk ke artikel ini karena sedang mencari rekomendasi platform atau website dimana Anda bisa mendaftarkan untuk kursus online, please look no further! Karena saya akan membagikan 7 platform atau website penyedia kelas dan kursus online terbaik juga terpercaya untuk menambah pengetahuan Anda.

Namun jika Anda mencari platform untuk menjual kelas online Anda, Anda bisa cek langsung 5 platform terbaik untuk membuat kelas online Anda.

Langsung saja, berikut adalah 7 website terbaik penyedia kursus dan kelas online untuk Anda;

1. Udemy

Udemy kelas online topik SEO

Udemy tentunya merupakan salah satu tujuan kursus online terbesar di dunia. Udemy sendiri adalah platform yang ideal untuk memperoleh keterampilan praktis dan tepat di bidang tertentu. Salah satu kelebihan Udemy adalah kekayaan kontennya, dengan sekitar 130.000 kursus tentang berbagai mata pelajaran.

Beberapa kursus dibayar, dan harga jual tergantung gurunya. Tetapi secara umum, harganya sekitar Rp 150.000 – Rp 300.000. Secara pribadi, saya sendiri membeli paket kelas di Udemy dan tidak pernah menyesali pembelian saya karena manfaatnya sangat nyata untuk profesi saya sekarang.

Tips dari saya jika kalian mau memilih kelas di Udemy, pastikan untuk memeriksa komentar dari kursus ini sebelum membayar apapun. Ada banyak kursus yang berbeda, dengan tingkat kualitas dan metode pengajaran yang berbeda pula. Luangkan waktu untuk memilih yang paling cocok untuk Anda.

2. Coursera

Coursera kursus online

Coursera menawarkan kumpulan kursus online dari beberapa universitas terkenal di seluruh dunia yang benar-benar ivy league. Keuntungan utama Coursera mungkin adalah banyaknya MOOC berkualitas yang ditawarkan di banyak kursus akademis yang berbeda. Setiap kursus menawarkan Anda akses ke berbagai video, kuis, dan proyek dalam format interaktif yang membuat belajar lebih mudah.

Untuk biayanya bervariasi tergantung dengan topik dan biasanya ditetapkan oleh instrukturnya sendiri. Anda juga bisa mendapatkan akses ke versi gratis dari kursus, namun tentu saja versi gratis biasanya kurang lengkap, tetapi masih memungkinkan Anda untuk mengakses beberapa konten.

3. edX

edX kursus online

Situs edX mungkin memiliki beberapa kursus online paling bergengsi. Beberapa universitas ternama di Amerika menawarkan seluruh mata kuliah, seperti Harvard, MIT, dan Sorbonne. Kursus umumnya membutuhkan ketelitian dan aplikasi minimum, tetapi dengan pengembalian investasi yang sering kali sepadan (sertifikasinya bisa jadi nilai tambah yang sangat baik pada CV Anda).

Anda juga dapat memiliki akses untuk berkomunikasi dengan para guru, yang sangat ideal untuk benar-benar terlibat dalam kelas Anda. Sebagian besar kelasnya gratis, tetapi Anda harus membayar untuk mendapatkan sertifikasi resmi. Untuk beberapa MOOC bergengsi yang pasti akan menambah nilai pada profil Anda, itu bisa sangat berharga.

4. Skillshare

Skillshare kursus online

Skillshare adalah solusi pendidikan online yang menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda untuk berbagi konten secara online. Anda dapat mendaftar gratis dengan SkillShare dan mulai mencari kelas online yang menarik bagi Anda. Kebanyakan kursus Skillshare mencakup pelajaran video, diskusi, dan proyek komunitas. Daripada berfokus pada sertifikat dan hasil akhir, Skillshare adalah sebuah platform untuk saling berbagi kemajuan dan mendapatkan umpan balik. Tentu saja ini bagus jika Anda terlibat dan bekerja dalam lingkungan kreatif..

5. LinkedIn Learning

LinkedIn Learning kelas online

Saat saya mencoba fitur premium LinkedIn, saya mendapatkan akses untuk beberapa kelas onlinenya yang disebut LinkedIn Learning. Nah, LinkedIn Learning ini adalah wujud baru dari Lynda.com sebelum dibeli oleh pihak LinkedIn. Anda akan menemukan banyak konten video yang tersedia tentang berbagai topik, dan seringkali dalam kualitas yang sangat baik. LinkedIn juga menawarkan jalur lengkap untuk diikuti untuk mempelajari berbagai aspek pekerjaan tertentu. Platform ini juga secara otomatis menyarankan kursus untuk diikuti sesuai dengan tujuan profesional Anda.

Kalau dicari-cari kelemahannya, LinkedIn Learning ini memiliki banyak topik materi, namun hanya untuk kelas pemula. Sulit menemukan materi yang lebih dalam. Selain itu, antarmukanya juga masih perlu perbaikan karena kadang sedikit membingungkan jika dibandingkan dengan platform online learning lainnya.

6. Udacity

Udacity kelas online

Udacity adalah platform yang berasal dari Silicon Valley, yang ditandai dengan kemitraan terkenal dengan Google dan perusahaan teknologi raksasa lainnya. Fokus Udacity di sini adalah pada topik mutakhir dan pada pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, kecerdasan buatan, dan teknologi lainnya. Di Udacity ini kelasnya biasanya lebih ke materi IT dan teknologi. Kurikulum secara langsung di Udacity ditargetkan ke teknik terapan dengan proyek profil yang cukup tinggi. Teman-teman IT, Data Scientist, atau yang mencari kelas-kelas dengan topik teknologi, mungkin bisa langsung cek Udacity.

7. Khan Academy

Siap-siap dengan kabar baik? Well, di Khan Academy, semuanya gratis! Situs ini menawarkan konten pelatihan di beberapa bidang seperti matematika, sains, ilmu komputer, keuangan dan banyak sekali topik dan mata pelajarannya. Anda juga dapat mengikuti semua kursus sesuai keinginan Anda, yang bisa menguntungkan tergantung pada seberapa mudah Anda bekerja secara mandiri.

Kelas Online Khan Academy gratis

Sisi negatifnya adalah kursusnya kurang interaktif dan aspek “langsung” kurang hadir dibandingkan dengan beberapa platform lain yang mendorong Anda untuk saling membantu dan membangun proyek yang dapat Anda serahkan ke pelatih untuk validasi (untuk dinilai atau direview). Khan Academy tidak menawarkan sertifikat dan kursusnya kurang bergengsi daripada yang dapat Anda temukan di edX, Coursera atau sebagain kelas di Udemy.

Demikian 7 platform belajar online yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan skill yang membantu Anda berkembang di profesi Anda saat ini. Tunggu apa lagi? Ayo, investasikan waktu dan biaya belajar hari ini agar bisa berguna bagi pekerjaan dan profesi Anda di masa yang akan datang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *