Top 10 Aplikasi Alternatif Pengganti WhatsApp

Top 10 Aplikasi Alternatif Pengganti WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat terpopuler saat ini. Berdasarkan data, pada 2019 saja terdapat 1.9 miliar pengguna yang mengirimkan 60 miliar pesan tiap harinya. Aplikasi WhatsApp memungkinkan Anda mengirim pesan teks, gambar, dan file video, melakukan panggilan suara dan video gratis, mengirim pesan suara. Anda bisa menggunakannya di smartphone atau desktop (WhatsApp Web).

End-to-end encryption (E2EE)

End-to-end encryption adalah metode komunikasi yang aman untuk mencegah pihak ketiga mengakses data saat pesan ditransfer dari satu sistem atau perangkat akhir ke perangkat lain. Di E2EE, data dienkripsi di sistem atau dari perangkat pengirim dan hanya penerima yang dapat mendekripsi pesan tersebut.

Beberapa waktu lalu, Facebook yang telah mengakuisisi WhatsApp, meng-update kebijakan privasi akun WhatsApp agar data pengguna aplikasi dapat digunakan untuk menampilkan ‘iklan’ yang lebih relevan bagi pengguna aplikasi. Banyak pengguna aplikasi WhatsApp merasa tidak nyaman dan tidak ingin menjadi bagian dari kebijakan baru Facebook ini. Banyak orang yang mulai mencari aplikasi alternatif untuk menggantikan WhatsApp.

Apa pun kekhawatiran dan pendapat Anda tentang WhatsApp, berikut adalah daftar 10 aplikasi terbaik alternatif WhatsApp yang masih menawarkan end-to-end encryption dapat Anda download hari ini.

1. Telegram

Sama seperti banyak aplikasi di daftar ini, Telegram menawarkan keamanan data dan privasi pengguna. Selain itu, Anda dapat mengirim pesan teks dan media dalam obrolan dengan hingga 200.000 pengguna. Aplikasi Telegram mengklaim menggunakan teknologi berbasis cloud yang memungkinkan pengiriman pesan lebih cepat daripada aplikasi lain. Tentu saja aplikasi Telegram ini gratis dan dapat digunakan di iPhone, Android ataupun dekstop Anda.

Download: iPhone | Android

2. Line

Saat Anda mendaftar ke aplikasi Line, Anda perlu menggunakan nomor telepon Anda. Dengan cara ini Anda dapat menemukan pengguna lain dari daftar kontak Anda yang menggunakan Line dan terhubung dengan mereka via nomor telepon mereka. Atau alternatif lainnya, Anda bisa mencari username mereka dan menambahkan mereka di kontak Anda. Line dapat diinstal di iPhone, Android dan dekstop Anda secara gratis

Download: iPhone | Android

3. Signal

Signal adalah aplikasi chat yang kini naik popularitasnya karena saran dari Elon Musk dan dengan tingkat privasi dan keamanan pengguna yang tinggi. Anda dapat mengatur masa kadaluarsa pesan dengan fitur timer. Sama seperti Whatsapp, Anda dapat mengirim pesan teks, membuat obrolan grup, berbagi file, dan melakukan panggilan video dan panggilan suara. Aplikasi ini dapat digunakan di iPhone, Android dan dekstop.

Download: iPhone | Android

4. Viber

Sama seperti Whatsapp, Viber adalah aplikasi chat atau obrolan online yang menggunakan nomor kontak untuk mengidentifikasi pengguna. Saat Anda mendaftar, Anda mendapatkan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda. Lalu Anda harus melanjukan proses verifikasi tersebut. Lewat Viber, Anda dapat menelepon pengguna lain secara gratis, mengirim pesan, gambar, video dan lain-lain. Sama sepeti Line, Viber menawarkan banyak stiker lucu untuk lebih ekspresif lagi dalam chat Anda dengan pengguna lain.

Download: iPhone | Android

5. Discord

Pertama kali saya kenal Discord saat saya ketagihan bermain game Among Us. Lantas apa itu Discord? Discord adalah aplikasi penyedia ruang obrolan via teks dan suara yang awalnya berguna untuk para gamer, saat bermain game online. Discord juga menawarakan keamanana data pengguna dan dapat digunakan di smartphone Anda dan desktop. Pesan suara dan teks gratis mereka akan membantu Anda terhubung dengan orang-orang dengan minat yang sama. Aplikasi ini tersedia di iPhone, Android dan desktop

Download: iPhone | Android

8. Kik

KIK adalah salah satu aplikasi chat yang aman. Aplikasi ini sempat mendapatkan reputasi cukup buruk karena dulu digunakan untuk oknum yang tidak bertanggung jawab untuk bisnis ilegal mereka. Aplikasi ini tidak menggunakan nomor telepon Anda sehingga Anda terhubung hanya jika Anda memiliki username teman Anda untuk menambahkannya di kontak. Aplikasi ini benar-benar aman, karena semua pesan Anda benar-benar terenkripsi.

Download: iPhone | Android

7. Wire

Dengan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encyption) dan antarmuka yang sederhana, aplikasi Wire adalah salah satu alternatif terbaik untuk Whatsapp. Untuk mendaftar, Anda hanya perlu memberikan nomor telepon dan alamat email Anda, namun info ini tidak akan dibagikan dengan siapa pun.

Download: iPhone | Android

8. KakaoTalk

KaKaoTalk juga menggunakan nomor telepon dan kode verifikasi Anda saat mendaftar. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk fitur chat, menelpon, menerima panggilan suara dan video dengan pengguna lainnya. Aplikasi KakaoTalk memungkinkan Anda mengirim hingga 100MB file lewat PC Anda, termasuk dokumen, video, dan gambar. Selain itu, Anda bahkan dapat siaran langsung menggunakan aplikasi KaKaoTalk.

Download: iPhone | Android

9. Google Hangouts

Google Hangouts bisa menjadi salah satu pengganti Whatsapp yang cukup sempurna. Anda dapat terhubung dan mengobrol dengan semua teman Anda yang memiliki akun Gmail (tentunya hampir semua teman Anda punya alamat email Google). Google Hangouts adalah aplikasi terpisah untuk mengirim pesan di smartphone, namun Anda dapat menggunakannya di Gmail Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat obrolan grup, mengirim file, dan pesan teks.

Download: iPhone | Android

10. WeChat

WeChat adalah aplikasi obrolan populer di negeri China. Mirip dengan cara Anda mendaftar ke Whatsapp, Anda hanya perlu menggunakan nomor telepon dan kode verifikasi Anda. Setelah itu, hubungkan aplikasi Anda ke email atau Facebook Anda untuk terhubung dengan teman dan kerabat Anda yang juga menggunakan WeChat. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi file, lokasi, melakukan panggilan video dan suara secara gratis, atau mengirim pesan sederhana.

Download: iPhone | Android

Demikian 10 daftar aplikasi alternatif yang bisa Anda pilih jika Anda ingin mengganti aplikasi berbagi pesan Anda dari WhatsApp. 10 aplikasi di atas memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan WhatsApp dan menawarkan keamanan data dan privasi Anda untuk percakapan dan komunikasi yang sifatnya pribadi. Apapun keputusan Anda, semoga sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *