11 Cara Efektif Mengukur Reputasi Online Brand Anda

Software Analisis reputasi online

Memiliki software online reputation untuk mengukur reputasi kehadiran online Anda diberbagai platform sekaligus adalah hal yang baik dan tentu saja masuk akal. Mengapa demikian? Karena kehadiran software reputasi online (online reputation atau e-reputation) dapat digunakan untuk melacak ulasan pelanggan atau review dan feedback, serta penyebutan media (mention), baik berupa komentar negatif maupun positif dalam situs website.

Jika Anda mencoba merekap setiap mention, ulasan dan feedback secara manual mungkin akan berhasil jika perusahaan Anda masih kecil. Akan tetapi akan menjadi sulit jika Anda sudah memiliki banyak audiens dalam platform Anda dan setidaknya Anda memiliki banyak umpan balik dari banyak platform dan situs tiap harinya.

Baiknya setiap komentar dari customer mengenai produk dan jasa Anda, baik berupa umpan balik positif dan negatif, Anda dan tim harus sigap dalam meresponnya.

Dalam artikel kali ini, saya akan mengulas 11 software online reputation terbaik dalam mengelola bisnis Anda.

1. SEMrush Brand Monitoring

SEMrush Brand Monitoring

SEMRush mungkin populer sebagai salah satu Alat SEO terbaik, tetapi software ini juga memiliki fitur Brand Monitorning yang dapat Anda gunakan untuk melacak komentar dan ulasan di berbagai situs website aktif untuk mengidentifikasi di mana brand Anda disebutkan.

Dengan SEMrush Brand Monitoring, Anda dapat menyelami lebih dalam cakupan reputasi brand Anda. Dari situ Anda akan dapat menyesuaikan cara Anda menafsirkan dan menindaklanjuti hasil pelacakan Anda tersebut.Mengetahui di mana dan bagaimana ‘tone’ audiens Anda membicarakan bisnis Anda akan membantu Anda lebih baik dalam mengambil keputusan, serta memahami bagaimana orang melihat brand. Selain itu, memungkinkan Anda untuk mengumpulkan umpan balik yang berharga dari audiens Anda dan mengenal lebih dekat buyer persona Anda.

User dapat mencari melalui mention berdasarkan frase keyword dan memfilter berdasarkan sumber (news portal, blog atau website), lalu mengurutkan berdasarkan tanggal atau peringkat SEMrush, dan memberikan sentimen positif, negatif, dan netral. Setelah menetapkan sentimen, pengguna kemudian dapat memfilter sebutan menurut tiga kategori, seperti positif, negatif, atau netral. Tingkat penyesuaian dan alur kerja ini menghasilkan metode unik untuk memantau reputasi merek Anda, semuanya tanpa harus meninggalkan situs web SEMrush.

2. Mention

Jika Anda telah menggunakan Google Alerts (diulas di nomor 6), Anda akan tahu betapa menyenangkan menerima update harian jika Anda ‘mention’ brand Anda secara online. Sekarang, coba bayangkan ini adalah notif secara real-time, dan termasuk juga media sosial, forum, blog, situs berita, ulasan, dan bahkan acara televisi sekalipun di dalamnya.

Mention Online Reputation Management Software

Menurut saya Mention ini dapat dikategorikan sepeti Google Alerts yang lebih canggih dan lebih komprehensif. Dan tentu saja software ini menyertakan beberapa analitik yang sangat menarik dan kuat. Misalnya, Anda dapat membandingkan merek Anda dengan pesaing untuk faktor-faktor seperti pangsa suara, sentimen, jangkauan, dan pengaruh.

Jadi, Anda tidak hanya tahu apa yang dikatakan orang tentang Anda dan kapan, tetapi Anda juga dapat mengidentifikasi tren dan mulai membuat pilihan pemasaran yang lebih cerdas. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, langkah pertama untuk membangun reputasi Anda adalah mengetahui apa yang orang pikirkan tentang merek Anda. Dan jika itu tujuan Anda, sulit untuk tidak disebutkan.

3. Reputology

Reputology adalah software untuk manajemen reputasi online dengan memantau ulasan secara online. Selain situs media sosial, Anda dapat “mendengarkan” apa yang pelanggan katakan tentang situs Anda dari situs ulasan khusus seperti industri di bidang perhotelan, makan, perawatan kesehatan, kebugaran, dan real estate.

Reputology Software Online Reputation

Tapi sebenarnya Reputology menawarkan lebih dari sekedar kesempatan untuk mengumpulkan semua ulasan Anda di satu dasbor. Software Reputology ini juga dapat mengirimi Anda pemberitahuan email otomatis jika ada ulasan baru, dan Anda dapat membalas langsung dari platform.

Reputology juga memberikan analisis semantik untuk mengubah konten yang tidak terstruktur dari ulasan menjadi data yang dapat ditindaklanjuti. Software ini bahkan memberi Anda panduan untuk skenario dalam menangani ulasan negatif dan melacak bagaimana tim Anda menindaklanjuti dan menanggapi ulasan.

4. Google Alerts

Google Alerts online reputation

Google memiliki tools gratis yang sangat berguna, kuat, dan again, GRATIS untuk para marketers, salah satunya adalah Google Alerts. Jika Anda marketer berpengalaman, Anda mungkin sudah mengetahui fitur Google Alerts ini dan mungkin turut menggunakannya, baik untuk memantau brand Anda atau untuk membuat konten.

Cukup masukkan nama perusahaan atau brand Anda yang ingin Anda terima notificationnya, dan Anda akan menerima pemberitahuan lewat email tentang listing Anda melalui database Google, sesuai dengan preferensi Anda (real-time, per hari, per minggu, per bulan). Google Alerts ni patut dicoba!

5. YouScan

YouScan adalah software reputasi online yang dapat Anda gunakan untuk men-scan media sosial dan situs web lainnya untuk penyebutan merk (mention brand), lalu menganalisis setiap penyebutan tersebut untuk dampak sosialnya yang lebih luas. Software kemudian akan memberikan hasil pelacakan data yang dapat Anda filter untuk analisis lebih lanjut. Yang paling saya suka adalah kemampuannya untuk fitur image recognizitin yang memungkinkan pengguna untuk menjadi sangat spesifik dalam pencarian visual mereka.

YouScan online reputation

Anda dapat memulai dengan menyiapkan pencarian untuk menemukan data yang Anda butuhkan. Setelah YouScan mengidentifikasi beberapa data yang memenuhi kriteria pencarian Anda, Anda dapat membuka halaman yang menampilkan semua sebutan yang dikumpulkan platform yang sesuai dengan kriteria itu. Anda dapat memfilter hasil dengan berbagai cara untuk hanya mendapatkan yang relevan dengan penelusuran Anda.

Dengan insights visual, Anda bisa benar-benar spesifik dalam mencari melalui gambar sekalipun, mesin AI-nya juga cukup akurat mendukung image recognition. Fitur analiknya mencakup grafik dan bagan interaktif yang tentu saja menggambarkan semua tren utama yang terjadi dengan topik pilihan Anda.

6. BrandMentions

Hampir setiap platform media sosial terpopuler ada dalam BrandMentions bersama dengan situs web non-sosial, seperti situs berita, blog, dan website ulasan. Dengan software ini, Anda dapat melakukan konfigurasi yang ekstensif, pertama-tama mengidentifikasi kata kunci yang ingin Anda lacak (misalnya nama perusahaan dan alamat sosial Anda). Anda juga dapat memantau pesaing atau kompetitor Anda dengan software ini.

BrandMention online reputation

Dengan BrandMentions, Anda bisa menyiapkan proyek Anda dengan filter mengecualikan kata kunci tertentu untuk muncul di hasil pencarian Anda. Setelah Anda membuat proyek, diperlukan waktu kurang dari satu menit sebelum Anda dapat melihat rincian ‘mention’ brand Anda. Selain itu, yang paling keren adalah Anda dapat merespons langsung komentar dan ulasan audiens dan customer Anda langsung dari antarmuka BrandMention.

7. Buzzsumo

Buzzsumo adalah website yang bisa Anda akses dan dapat menunjukkan kepada Anda konten apa yang sedang tren di media sosial, blog, dan pemberitaan. Anda dapat menggunakan Buzzsumo untuk membandingkan konten Anda sendiri dengan pesaing, dan coba pahami mengapa karya mereka mungkin lebih populer secara online.

Buzzsumo online reputation

Sebagai permulaan, mengetahui apa yang bekerja dengan baik secara online membantu Anda menghasilkan konten yang lebih baik tentunya. Tetapi Buzzsumo mungkin paling baik digunakan untuk mengidentifikasi dan menemukan influencer yang tepat untuk Anda.

8. TalkWalker

Talkwalker adalah alat analisis sosial reputasi elektronik yang memungkinkan lebih dari 2.000 merek dan agensi mengoptimalkan dampak upaya komunikasi mereka. TalkWalker ini memberikan layanan dimana brand dapat dengan mudah menggunakan platform TalkWalker untuk melindungi, mengukur, dan mempromosikan brand mereka di seluruh dunia, di semua saluran komunikasi.

TalkWalker online reputation

Platform analitik Talkwalker juga sudah menggunakan teknologi yang didukung oleh AI untuk memantau dan menganalisis percakapan online secara real time di seluruh jejaring sosial terpopuler saat ini, situs berita, blog, dan forum dalam 187 bahasa. Fitur Talkwalker dapat disesuaikan oleh penggunanya agar dapat memberikan hasil scan yang baik, relevan dan membantu brand.

9. Meltwater

Meltwater online reputation

Meltwater adalah salah satu software untuk mengukur reputasi secara online dan menambahkan analisis media sosial ke analisis rel-time. Meltwater software ini menawarkan database media terbesar di dunia, sehingga Anda bisa yakin dengan pasti bahwa Anda tidak akan melewatkan setiap mention yang ada. Jika Anda ingin tahu siapa saja yang membicarakan pesaing Anda atau di mana mereka berada, atau berapa banyak mention yang mereka terima setiap hari, mingguan, atau bulanan dibandingkan dengan milik Anda, Anda juga dapat melacaknya melalui Meltwater. Anda dapat mengakses laporan dan analisis Anda dari dasbor Meltwater, selain itu Anda juga dapat mengubah semua resource data menjadi presentasi langsung dari dasbor dan membagikannya dengan tim internal dengan otomatis!

10. Awario

Awario adalah software yang cerdas untuk memantau, melibatkan, dan memengaruhi Web baik untuk bisnis maupun individu. Anda cukup mengatur peringatan berupa nama perusahaan atau brand atau dengan memasukkan kata kunci Anda di Awario. Fitur yang saya suka dari Awario adalah opsi pemfilteran yang sangat membantu dalam menjaga mention tetap teratur dan mudah dilihat.

Awario online reputation management

Selain itu, kemampuan untuk mengunduh data kutipan ke dalam file Excel memungkinkan untuk menganalisis data yang dimasukkan oleh Awario. Software juga cukup mudah digunakan. Jika Anda bingung bagaimana menggunakan software Awario, Anda dapat mengakses modil pembelajaran yang juga tersedia di situs Awario.

11. ReviewTrackers

ReviewTrackers online reputation

ReviewTrackers adalah platform manajemen reputasi dan insights yang dipercaya oleh banyak bisnis karena software ini memang benar-benar dapat diandalkan, akurat, dan mudah digunakan. ReviewTrackers memiliki spesialisasi dalam mengumpulkan dan menganalisis ulasan online dari semua situs ulasan utama, dan dalam membantu bisnis multi-lokasi menemukan dan menafsirkan wawasan pelanggan utama untuk mengoptimalkan operasi, meningkatkan SEO lokal, dan membangun loyalitas pelanggan.

Demikian 11 ulasan software e-reputation atau software online reputation yang bertujuan mengumpulkan ulasan online dan mengelolaan reputasi brand Anda. Bagaimana dengan Anda? Apakah sejauh ini Anda menggunakan software online reputation untuk mengukur reputasi online Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *