Review Canva Pro : Apakah Layak di Beli?

canva pro review

Apakah saat ini Anda menggunakan versi gratis Canva tetapi sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan akun Anda untuk Canva Pro? Anda mungkin memiliki satu pertanyaan penting sebelum beralih ke Canva Pro, yaitu “Apakah Canva Pro layak dibeli? Apakah Canva Pro bagus?”

Jika Anda bertanya kepada saya secara pribadi, jawaban singkatnya, menurut saya Canva Pro layak untuk dibeli dan dijadikan salah satu investasi bisnis Anda. Dengan harga cuma $ 12,99 per bulan ( atau $ 9,99 per bulan jika dibayar per tahun), Anda mendapatkan akses ke lebih dari 75 juta gambar, video, animasi, dan elemen, serta model pro, resize ukuran sekali klik, fitur brand kit tool, dan masih banyak lagi.

Tapi sejujurnya, jawaban yang tepat untuk pertanyaan itu tergantung pada kebutuhan desain Anda. Namun, saya akan menunjukkan semua perbedaan antara Canva Pro dan paket Canva versi gratis, sehingga Anda dapat menentukan apakah versi berbayar Canva Pro layak untuk Anda beli.

Canva (Gratis) VS Canva Pro

Canva adalah editor desain grafis online yang memungkinkan Anda membuat grafik untuk brand dan bisnis Anda, seperti pin Pinterest, kiriman Facebook, ebook, dan banyak hal lainnya. Ada dua versi Canva: versi gratis bernama Canva dan Canva Pro salah satu paket berbayar.

Canva versi gratis

Tampilan Canva Gratis dengan watermark- Review Canva Pro
Canva Gratis – stock foto berbayar dengan watermark

Edisi gratis Canva memungkinkan Anda mengakses beberapa jenis template dan mendesain template sesuai kebutuhan Anda. Hal ini termasuk untuk membuat postingan update feed, story, ads dalam bentik grafis di Facebook Instagram, Pinterest dan platform lainnya. Anda juga dapat membuat poster, kartu pos, kop surat, dan bahan print lainnya. Untuk memulai, Canva memiliki banyak pilihan model dan desain. Anda juga akan memiliki akses ke sejumlah stok gambar gratis. Namun, karena ini adalah versi gratis, semua template dan stok foto tentunya akan dibatasi. Sampai saat artikel ini ditulis, hanya ada 250.000 template gratis, sekitar 100+ jenis desain untuk postingan media sosial, presentasi, desain surat, dan lainnya. Untuk versi gratis, Anda juga hanya akan mendapatkan akses ke stok foto dan grafik gratis terbatas dan ruang penyimpanan sebesar 5 GB saja.

Canva Pro

Tampilan Canva PRO tanpa watermark - Review Canva Pro
Canva PRO – stock foto berbayar tanpa watermark

Canva Pro juga dikenal sebagai Canva versi premium atau edisi premium Canva. Canva Pro mencakup semua fitur yang ditawarkan versi gratis Canva serta banyak tambahan fitur lainnya. Diantaranya adalah Anda dapat mengakses lebih dari 75 juta stok foto, video, audio, dan grafik premium. Dan semua stock foto, video dan audio premium ini dapat Anda gunakan secara gratis. Selain itu ada juga fitur brand kit tool untuk membantu Anda membangun brand yang konsisten. Sampai saat artikel ini dituliskan, Canva Pro memiliki lebih dari 420.000 template , ruang penyimpanan sebesar 100 GB, fitur penjadwalan konten media sosial ke 7 platform, dan, tentu saja, jika Anda bingung menggunakan Canva (meskipun sangat jarang terjadi), Anda akan memiliki akses kepada support team yang siap membantu memberikan solusi untuk masalah Anda.

Apa perbedaan fitur antara Canva gratis VS Canva Pro?

Mari kita cek semua perbedaan antara Canva versi gratis dan Canva Pro!

Gambar, foto, video, dan grafik stok premium

Canva adalah aplikasi gratis yang memberi Anda akses ke 4 juta gambar, video, dan elemen lainnya. Anda juga dapat mengunggah gambar atau grafik Anda sendiri, dan foto premium dapat dibeli hanya dengan $1 (sekitar 14,000 Rupiah). Namun, jika Anda menggunakan Canva Pro, Anda akan memiliki akses ke seluruh library foto (stok foto). Pustaka foto ini berisi lebih dari 75 juta gambar, video, diagram, ikon, dan elemen lain yang dapat Anda gunakan secara gratis dalam desain Anda.

Stock foto Canva Pro Review
Stock Foto Canva

Canva versi gratis tidak memiliki banyak pilihan stok foto dan banyak dari gambar dan foto gratis yang ditawarkan memiliki konsep cheesy dan kurang orisinil. Akan tetapi, sisi positifnya, kualitas gambarnya juga berkualitas tinggi (high quality). Dan menggunakan Canva versi gratis tentu lebih baik daripada tidak memiliki sumber foto sama sekali atau menggunakan sumber gratis lainnya namun kualitas gambar sangat rendah.

Kabar baiknya adalah Canva Pro memiliki banyak pilihan gambar, video, dan elemen grafis lain dibandingkan dengan edisi gratisnya. Dalam konteks ini, investasi 12,99 Dollar setiap bulan untuk stok foto, video dan grafis lainnya tentu sangat-sangat worth it!

Baca juga:

Brand Kit Manager

Salah satu manfaat menggunakan Canva Pro seperti yang telah dibahas sebelumnya adalah kesempatan untuk berkolaborasi dengan seluruh tim desain atau tim kerja. Manajer proyek memiliki kendali atas model dan dapat mengizinkan anggota tim lain untuk menggunakannya. Bahkan lebih baik lagi, semua model dapat ditemukan di satu tempat. Hal ini berarti bahwa pengguna Canva dapat mengakses model kapan pun mereka mau.

Canva Pro - Brand Kit Manager feature.

Brand Kit Manager juga dapat digunakan untuk menentukan font, skema warna, dan logo mana yang kompatibel dengan brand. Semua grafik aset perusahaan dapat disimpan di satu lokasi, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mengirim tautan atau file ke anggota tim lainnya (hal ini tentu menghemat waktu). Semua grafis penting mengenai brand kit (font, palet warna, logo, dll) dapat diakses oleh setiap anggota tim yang telah diberikan akses.

Versi gratis Canva memungkinkan Anda membuat satu palet warna berisi tiga warna saja, tetapi Anda tidak dapat mengunggah file logo atau font transparan. Namun, dengan Canva Pro Brand Kit, Anda dapat dengan mudah menyimpan semua desain brand Anda. Anda juga dapat membuat hingga 100 palet warna dengan 100 warna masing-masing dengan mengunggah file logo dan font Anda.

Baca juga: 10 Software untuk membuat logo brand dan bisnis Anda

Template

Template premium berikutnya ada di daftar fitur kami untuk ulasan Canva Pro. Platform Canva Pro ini memiliki lebih dari 420.000 template di dalamnya. Sementara, di sisi lain, Canva versi gratis hanya memiliki perpustakaan yang berisi 250.000 template saja.

Template Canva Pro - 75 millions
Beragam pilihan template

Fitur lain yang kami sukai dari Canva Pro adalah bahwa Canva Pro memiliki beragam desain, yang diatur dengan rapi menurut waktu, aktivitas, dan topik. Dengan demikian, maka akan sangat mudah untuk menemukan prototipe yang ideal dengan memasukkan kata kunci ke dalam kotak pencarian.

Baca juga :

Font

Canva menawarkan sejumlah font gratis. Anda tidak akan bisa menggunakan font Anda sendiri. Sementara, Canva Pro memungkinkan Anda mengakses seluruh koleksi font, yang mencakup lebih dari 1000 font, serta kemampuan untuk mengupload file font Anda sendiri. Anda juga dapat mengunggah font khusus dan menyesuaikan tajuk, subjudul, dan body type dari brand package. Selain itu, Anda dapat mengunggah logo Anda dan melihatnya dengan mudah dari template desain Anda.

Akses Tim

Akses Tim Canva Gratis memungkinkan Anda mengirim tautan ke salah satu desain Anda ke anggota tim melalui email sehingga mereka dapat melihat atau mengeditnya. Canva Pro juga demikian, namun tentu dengan tambahan fitur lainnya seperti membantu Anda mengirim tautan melalui email ke salah satu desain Anda sehingga anggota tim dapat melihatnya, mengeditnya, atau menggunakannya sebagai referensi. Jika Anda ingin menjual template Canva, ini adalah fitur yang harus dimiliki.

Canva Pro - Bisa invite member atau pengguna lain

Fungsionalitas ini merupakan peningkatan besar dibandingkan fitur “bagikan tautan untuk mengedit” (“share link to edit”) versi gratis Canva. Jika ada yang ingin membeli template Anda dan tidak membuat salinannya sebelum mengedit, desain Anda akan hilang! Namun, jika Anda menggunakan Canva Pro, Anda dapat menggunakan pilihan “Bagikan link sebagai template”, (share link as template). Dimana kemudian, link yang Anda bagikan tersebut dibagikan untuk template desain. Pilihan share link as template ini tidak tersedia di Canva gratis.

Magic Resize

Dengan Canva versi gratis. Anda tidak akan dapat mengubah ukuran desain jika Anda tidak sengaja membuat desain dalam ukuran yang salah. Jika Anda salah ukuran, ya Anda harus memulai kembali dari awal. Namun untungnya, dengan Canva Pro, Anda dapat mengubah ukuran file desain dengan fitur magic resize untuk mempercepat proses desain. Hanya dengan beberapa klik, Anda dapat mengubah satu template menjadi beberapa format. Ini adalah fitur luar biasa yang akan menghemat banyak waktu Anda.

Background transparan

Canva Pro - Download transparent background

Dengan Canva Pro, Anda dapat dengan mudah menghapus latar belakang yang mengganggu dan menyimpan grafik Anda sebagai file dengan format PNG. Saat menyimpan template logo, fitur ini juga sangat berguna. Akan tetapi, Anda tidak dapat melakukannya dengan Canva versi gratis karena latar belakang transparan tidak tersedia dalam paket gratis.

Animasi

Perbedaannya di sini adalah animasi gratis Canva memberi Anda akses ke 6 cara untuk menganimasikan konsep grafis Anda. Sementara Canva Pro memberi Anda akses ke 11 opsi animasi berbeda untuk desain Anda. Dalam Canva Pro, Anda akan menemukan alat animator yang memungkinkan Anda menganimasikan grafik dan membuatnya lebih menarik secara visual. Perpustakaan gambar yang luas tersedia untuk grafis Anda pula.

Canva Pro, seperti yang dijelaskan sebelumnya, memberi Anda akses ke pustaka media besar yang memudahkan pembuatan grafik yang segar dan menarik. Anda juga tidak perlu khawatir tentang pelanggaran hak cipta dalam materi pemasaran Anda saat menggunakan Canva Pro karena gambar yang Anda pilih telah mendapatkan izin untuk digunakan.

Baca juga: 10 Platform Terbaik untuk Membuat Video Marketing dan Animasi

Kapasitas penyimpanan dan folder

Kapasitas penyimpanan dan Folder Canva Pro
Canva Pro Review – Bisa mengorganisir folder lebih dari 2

Canva gratis menawarkan penyimpanan gratis sebesar 1 GB, sedangkan Canva Pro hadir dengan kapasitas penyimpanan hingga 100 GB. Artinya jika Anda melebihi penyimpanan pada versi gratis, Anda mungkin perlu menghapus beberapa template atau desain lama untuk menyimpan file baru. Dan Canva gratis hanya memungkinkan Anda membuat maksimal 2 folder desain saja, sedangkan Canva Pro memungkinkan Anda membuat folder sebanyak yang Anda inginkan untuk mengatur desain Anda.

Paket Harga Canva

Canva menawarkan paket gratis (Canva) dan paket berbayar (Canva Pro dan Canva Enterprise). Seperti yang Anda ketahui, Canva dapat digunakan secara gratis, tetapi jika Anda berencana untuk meningkatkan akun ke Canva Pro, berikut adalah pilihan harganya:

Harga Canva Pro review

Harga Canva Pro

Paket bulanan berharga $12,99 per bulan. Ini ditagih setiap bulan dan dapat dibatalkan kapan saja. Namun jika Anda memilih paket tahunan, Paket Tahunan Canva Pro berharga $9,99 per bulan dan ditagih setiap tahun dengan harga $119,99.

Harga Canva Enterprise

CanvaEnterprise dirancang untuk tim yang membutuhkan semua fitur Canva Pro dan fitur desain cerdas, serta kontrol penuh untuk berkolaborasi dan mem-publish desain sesuai brand bisnis dalam skala besar. Anda dapat mendaftar ke Canva Enterprise jika Anda memiliki tim dengan jumlah anggota yang cukup banyak dengan biaya $30 per bulan per orang.

Canva Non-Profit dan Canva Education

Dan kabar baik untuk organisasi nirlaba, siswa, dan guru, Anda dapat mengajukan permohonan Canva Pro secara gratis!

Rekomendasi Canva Pro

Pro

  • Canva Pro menawarkan banyak stok dan template untuk digunakan. Dan menurut saya Anda harus meningkatkan ke Canva Pro jika ingin memiliki akses ke database template yang luas . Sangat cocok untuk orang-orang yang berada di industri kreatif yang biasanya menjual template desain.
  • Anda tidak perlu khawatir tentang pelanggaran hak cipta dalam konten materi pemasaran Anda saat menggunakan Canva Pro karena gambar yang Anda pilih telah diberikan izin untuk digunakan.
  • Fitur untuk membagikan link untuk digunakan sebagai template desain adalah penyelamat bagi Anda yang meminta pembeli untuk mengakses dan menyalin salah satu template Anda.

Kontra

  • Fungsi fitur pencarian perpustakaan foto perlu memiliki lebih banyak filter untuk setiap pencarian karena terkadang Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk scrolling ratusan gambar untuk menemukan gambar atau grafis yang tepat. Satu-satunya cara untuk mencari gambar, foto atau elemen lainnya adalah dengan kata kunci, namun terkadang yang hasilnya sangat terbatas.
  • Canva tidak dapat digunakan secara offline. Canva bukan untuk Anda jika akses internet Anda lambat atau Anda tidak selalu memiliki akses internet. Saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan Editing Software lainnya.

Bagaimana cara mendapatkan Canva Pro secara Gratis?

Dengan mendaftar uji coba gratis satu bulan, Anda dapat mencoba Canva Pro secara gratis! Cara ini adalah cara yang sangat adil untuk menguji semua fitur Canva Pro sebelum memutuskan apakah peningkatan akun memang benar bermanfaat atau tidak untuk Anda. Anda juga dapat membatalkan uji coba gratis kapan saja sebelum akhir durasi 30 hari jika Anda memutuskan untuk tidak meningkatkan.

Kesimpulan

Saya sendiri mulai dengan menggunakan versi gratis Canva, yang menurut saya sebenarnya sudah cukup memadai. Namun, seiring berjalannya waktu dan kebutuhan desain pula makin meningkat, saya menyadari bahwa grafis atau stok gambar yang saya mau (sesuai konsep dan HD tentunya) tidak selalu tersedia di edisi Canva gratis. Selain itu, beberapa grafik yang saya buat memerlukan sedikit tambahan yang hanya bisa saya dapatkan dengan Canva Pro.

Pada akhirnya saya meningkatkan akun saya dari gratis ke Canva Pro dan memberikan dampak pada aspek produktivitas saya saat mendesain dengan cepat. Edisi gratis Canva adalah pilihan ideal bagi mereka yang masih dalam kategori pemula dengan budget super terbatas.

Namun, edisi Canva Pro sangat berguna untuk brand, atau perusahaan yang sedang berkembang, dimana Anda memiliki sedikit budget ekstra untuk dibelanjakan untuk menghemat waktu produksi desain (karena harga Canva lebih murah dibandingkan menghire satu desain grafis staff secara permanen). Logikanya gaji UMR biasanya 3,000,000 Rupiah PER BULAN, dengan Canva Pro Anda cuma menghabiskan kurang lebih 1,800,000 Rupiah PER TAHUN. Karena inilah saya juga memasukan Canva Pro sebagai investasi yang layak dan salah satu tools marketing wajib untuk meningkatkan produktivitas di dunia digital marketing ini.

Jadi, apakah Canva Pro adalah investasi yang baik untuk bisnis Anda? Aku sih YES, nggak tahu deh kalo Mas Anang gimana. ^^

Namun jika Anda masih gamang dan mau cek alternative lainnya, bisa cek artikel alternatif Canva untuk edit gambar dan konten di sini.

Penulis : Yoan Letsoin
Note : Maaf, minggu-minggu ini saya kebanyakan kerja, jadi jarang mereceh pakai jokes lawas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Rating Product

9.4

Fitur Canva Pro

9.5/10

Harga Canva Pro

9.0/10

Keseluruhan

9.8/10

3 tanggapan pada “Review Canva Pro : Apakah Layak di Beli?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *