Bahasa Program yang Biasa Digunakan untuk Mengelola Blog, Website dan Aplikasi

Jenis Bahasa Program

Komunikasi yang baik menggunakan bahasa yang dimengerti oleh pemberi dan penerima pesannya. Layaknya komunikasi antar manusia, komunikasi dengan mesin (dalam hal ini komputer) juga harus dilakukan dengan bahasa yang dimengerti oleh keduanya. Bahasa program ini perlu dimengerti terlebih dahulu sebelum nantinya Anda lanjut memahami tentang content management system (CMS). Artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal 20 bahasa program yang biasa digunakan untuk mengelola blog, website dan aplikasi, beserta fungsi dan contohnya.

Pengertian Bahasa Program

Bahasa program adalah bahasa yang menjadi instruksi standar sebuah mesin komputer untuk mengelola blog, website, dan sejenisnya. Bahasa program ini juga dikenal sebagai bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer.

Bahasa program kurang lebih sama dengan bahasa sehari-hari yang digunakan untuk menyampaikan perintah. Pada program ini, perintah ditulis dalam bahasa yang unik dan kadang tak lazim dalam barisan perintah atau kode yang hanya bisa dipahami oleh mesin, yang di mana pada tahap selanjutnya menjadi coding.

Begini, manusia berkomunikasi setiap harinya secara verbal dan non verbal. Dan terdapat banyak berbagai bahasa di dunia ini bagi manusia untuk saling berkomunikasi, seperti Bahasa Indonesia, English, Francais, dan lainnya. Komputer juga berinteraksi satu sama lainnya dengan menggunakan bahasa program.

Jika Anda tertarik untuk belajar menjadi seorang web developer handal, sebelum membuat blog atau website, Anda harus terlebih dahulu mengerti tentang sisi algoritma program, struktur data yang digunakan, dan juga database (penyimpanan data).

Mengapa Belajar Bahasa Program Penting?

Manusia selalu hidup dalam pembaruan. Teknologi yang terus tumbuh, berkembang, dan juga berevolusi menjadi salah satu alasan mengapa belajar bahasa program itu penting. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali blog, website, produk-produk digital, dan juga aplikasi yang muncul untuk mempermudah kehidupan manusia.

Fungsi Bahasa Program 

Bahasa program ini menjadi penting juga karena memiliki fungsi-fungsi yang menjadi sebuah penentuan apakah program dalam blog, website, dan aplikasi bisa berjalan dengan baik atau tidak. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi bahasa program:

  1. Sebagai Pengontrol Mesin Lewat Perintah-Perintah Tertentu 
  2. Berperan Sebagai Media Komunikasi Antara Manusia (Operator) dengan Mesin 
  3. Menjadi Media yang Membantu Programmer Mengembangkan Aplikasi 
  4. Berperan Sebagai Media yang Mengoperasikan Mesin 

20 Jenis Bahasa Program yang Populer untuk Dipelajari

Bahasa pemograman memiliki banyak jenis selayaknya bahasa yang digunakan oleh manusia di dunia. Java dan C adalah dua jenis bahasa program yang ada sejak awal.  Seperti Bahasa Indonesia yang berakar dari Bahasa Melayu, bahasa program pun terus mengalami perkembangan.

Mengapa harus selalu berkembang? Karena ada kebutuhan untuk perkembangan itu sendiri dan yang kedua adalah faktor ekslusivitas. Membuat sesuatu yang baru dan lebih baik tentu dapat menciptakan peluang pengembangan di dalamnya dan tentu dapat di-monetize sesuai dengan kebutuhan dan aspek eksklusivitas tersebut.

Maka dari itu pula, seiring dengan perkembangan zaman, terdapat setidaknya 20 jenis bahasa program yang biasa digunakan;

1. Java

Presentase pencarian oleh Google sebesar 19,03% membuat Java menjadi salah satu bahasa program yang populer. Java berfungsi untuk membuat program blog, website,  aplikasi desktop dan juga mobile. Bahasa program yang dikembangkan pada tahun 1991 dan rilis pada tahun 1995 ini masih digunakan para developer sampai sekarang. Java dapat diaplikasikan pada platform apapun kecuali Apple.

2. Javascript

Anda ingin memuat konten dinamis yang bergerak seperti slide show atau animasi di website? Javascript adalah bahasa program yang cocok digunakan! Selain dapat memuat konten dinamis, Javascript juga merupakan salah satu bahasa program yang populer di kalangan developer untuk menghasilkan blog atau website dengan konten interaktif.

Contoh penggunaan Javascript adalah perubahan jumlah like saat kita mengetuk 2 kali atau mengklik tombol hati di Instagram. Proses perubahan angka tersebut terjadi real time tanpa perlu pindah halaman. Contoh lainnya adalah Google Maps. Pada mulanya Javascript hanya digunakan untuk sisi client (front end). Namun, seiring berkembangnya teknologi, bahasa program yang dapat digunakan bersama HTML atau CSS ini juga bisa dioperasikan dari sisi server.

3. Python 

Struktur penulisan dalam bahasa program Python adalah kode sedikit. Python digunakan untuk pembuatan web dan juga untuk mengembangkan aplikasi dalam bentuk desktop. 

Python ini bersifat dinamis, sehingga dapat digunakan untuk bahasa program front end dan juga back end. Namun, kelemahannya adalah bahasa ini tidak dapat dijalankan secara statis karena akan hasilnya tidak akan efektif dan optimal. Bahasa program ini digunakan oleh banyak platform besar seperti Instagram, NASA, Yahoo, YouTube, dan juga Google.

4. C 

Bahasa program C tergolong bahasa program yang cukup lama digunakan. Sering dijuluki sebagai bapak bahasa program lainnya, bahasa C ini memiliki struktur yang teratur sehingga mudah dikembangkan dan mudah dipahami penggunanya. Bahasa program yang dibuat oleh Dennis Ritchie pada sekitar tahun 1972 ini mengadopsi paradigma procedural programming dan cocok bagi Anda yang menyukai algoritma dasar pemrograman seperti aritmatika, manipulasi data, fungsi, dan lain sebagainya.

5. C++ 

Bahasa program C++ merupakan pengembangan dari bahasa C. Developer banyak yang beralih dari bahasa C ke bahasa C++ karena penulisan kodenya yang tidak terlalu panjang dan lebih baik. Bahasa yang menggunakan paradigma sama dengan bahasa C ini sangat cocok digunakan untuk membuat tampilan aplikasi berbasis desktop maupun website.

6. C#

Bahasa program C# yang sering disebut juga dengan C Sharp ini dikembangkan oleh Microsoft dan menggunakan prinsip gabungan antara bahasa C dan juga C++. karena dikembangkan oleh Microsoft, maka bahasa C# banyak digunakan pada Windows dan juga untuk pengembangan game video. Bahasa C# banyak diminati karena memiliki beberapa keunggulan yaitu fleksibel, powerful, dan juga mudah digunakan.

7. PHP 

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan salah satu bahasa program yang populer di kalangan developer karena digunakan oleh platform besar seperti Facebook dan Wikipedia. Bahasa program yang dikembangkan sejak tahun 1994 ini adalah bahasa script yang tidak memerlukan kompilasi dalam penggunaannya. Pengembangannya pun mudah karena terdapat banyak milis dan juga developer yang siap untuk membantu pengembangannya.

Di antara banyaknya kelebihan, PHP juga memiliki beberapa kekurangan yaitu lemahnya sistem keamanan apabila programmer tidak jeli dalam dalam programming, tidak ideal untuk pengembangan dalam skala besar, dan tidak bisa memisahkan tampilan dan logika dengan baik.

8. CSS/ HTML

CSS (Cascading Style Sheet) yang dikenal juga sebagai HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa program yang dapat digunakan untuk membangun blog atau website dengan mudah dan cepat. Saat menggunakan HTML, Anda dapat menyisipkan link, mengatur teks, style, dan juga membuat objek di halaman blog maupun website. Bahasa program yang terdiri dari tag, elemen, dan atribut ini cocok bagi pemula yang ingin membangun blog atau website. Baca juga panduan untuk belajar HTML di sini.

9. SQL

SQL (Structure Query Language) merupakan bahasa program untuk menangani bagian database yang dijalankan oleh back end.

10. Typescript 

Bahasa program Typescript merupakan pengembangan dari bahasa program Javascript. Namun, perbedaan dari keduanya adalah konsep OOP (Object Oriented Programming) klasik yang masih memanfaatkan class dan interface dan juga adanya fitur strong-typing pada Typescript.

11. Objective-C

Bahasa program Objective-C merupakan bahasa utama pada pengembangan sistem operasi OS X dan juga iOS pada Apple. Hal ini dikarenakan orientasi bahasa ini adalah untuk pengembangan produk Apple. Tidak banyak website yang menggunakan bahasa yang dikembangkan oleh Brad Cox dan Tom Love ini dan bahkan perangkat seperti Android pun tidak bisa dikembangkan menggunakan Objective-C.

12. Swift 

Bahasa program Swift merupakan bahasa yang aman karena memiliki manajemen memori yang sangat baik. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila Swift masuk ke dalam kategori bahasa program favorit di kalangan developer. Sama halnya seperti Objective-C, bahasa program Swift menjadi platform utama produk Apple dan digunakan dalam pengembangan seperti Mac dan iOS.

13. Matlab 

Matlab (Matrix Laboratory) merupakan bahasa program yang digunakan untuk analisis dan komputasi numerik.

Bahasa program Matlab ini cocok untuk anda yang ingin membangun dan mengelola blog atau website yang berfokus pada bidang matematika dan statistika.

14. VBA 

VBA (Microsoft Visual Basic for Applications) adalah bahasa program turunan dari Visual Basic yang dikembangkan Microsoft. Bahasa ini dirilis pada tahun 1993 dan merupakan kombinasi yang terintegrasi antara lingkungan pemrograman dan bahasa pemrograman yang pastinya mempermudah developer dalam membangun program Visual Basic. 

15. Ruby 

Cukup banyak developer yang menggunakan bahasa program Ruby karena struktur sintaksnya yang sangat sederhana. Pada tahun 1993, Yukihiro, programer asal Jepang membuat Ruby sebagai bahasa scripting pertama yang memiliki kemampuan orientasi objek.

16. Scala 

Bahasa program Scala cukup populer di kalangan developer. Beberapa platform online besar seperti Twitter dan Netflix menggunakan Scala. Selain itu, Apache Spark juga menjadi salah satu aplikasi untuk komputasi data berbasis cluster yang dibuat menggunakan Scala.

17. Script

Pada mulanya, bahasa program Script dikembangkan oleh Macromedia. Namun, dikarenakan Macromedia dibeli oleh Adobe, maka Script kemudian dikembangkan  oleh Adobe sejak 2015. Script dibuat berdasarkan ECMAScript yang digunakan untuk pengembangan website atau software berbasis Adobe Flash Player.

18. Go 

Go atau GoLang adalah bahasa program yang dibuat oleh Google. Bahasa program ini cukup populer karena memiliki beberapa kelebihan seperti penggunaan yang mudah, sintaks yang mudah dibaca, dan juga sistem integrasi yang bagus.

19. Pascal 

Bahasa program Pascal dibuat pertama kali oleh Profesor Niklaus Wirth yang ditujukan untuk melengkapi kekurangan bahasa-bahasa program yang ada pada saat itu. Pascal memiliki struktur yang baik, sederhana, ekspresif, dan strongly-typed.

20. Perl 

Bahasa program Perl dapat digunakan untuk segala keperluan. Bahasa ini memiliki tipe yang dinamis, merupakan implementasi dari bahasa C, dan pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix pada tahun 1987.

Tingkatan Bahasa Program yang Perlu Diketahui

Bertutur kata dalam bahasa menjadi penting apabila suatu percakapan terjadi dalam kehidupan sosial manusia. Jika tidak berhati-hati, akan ada gejolak sosial dan juga persepsi yang tidak mengarah kepada satu tujuan yang sama. Hal ini juga berlaku dalam bahasa program. Penting bagi developer untuk mengetahui tingkatan bahasa program.

Bahasa Program Rendah 

Bahasa program rendah sering disebut sebagai bahasa mesin (machine language). Bahasa ini tidak perlu dikonversi, sehingga bisa langsung diolah oleh mesin. Anda harus menuliskan kode biner tanpa perlu aplikasi pemrograman khusus pada tingkatan ini. Perintah tersebut kemudian diekstraksi penerjemah berupa loader.

Bahasa Program Menengah

Bahasa program tingkatan ini menjadi lebih tinggi dari pada bahasa program rendah karena pada tingkat menengah ada simbol-simbol yang ditambahkan. Yang masuk pada tingkatan bahasa program menengah adalah bahasa Assembly, yang di mana satu perintah biasanya diwakili satu baris kode Assembly. Selain Assembly, Microsoft Macro Assembler (MASM) juga masuk ke dalam tingkatan bahasa ini.

Bahasa Program Tinggi

Tingkat bahasa program ini ditandai dengan penambahan simbol dan bahasa manusia di dalamnya, seperti bahasa dalam perangkat mobile. Kode yang digunakan juga bisa diterapkan di berbagai macam jenis program dalam sistem operasi yang beragam.  Contoh bahasa program yang masuk dalam tingkatan ini adalah Pascal, C++, Delphi, Visual Basic non-NET,  dan lain sebagainya.

Bahasa Program Lebih Tinggi (Tertarget) 

Bahasa program lebih tinggi ini biasanya digunakan untuk tujuan tertentu. Contohnya untuk membuat blog atau website. Bahasanya pun tergolong mudah untuk dikembangkan oleh developer profesional. Bahasa program yang masuk dalam tingkatan ini adalah Ruby, Python, Perl, dan lain sebagainya.

Kelas Belajar Bahasa Pemograman Gratis Untuk Pemula

Apabila Anda adalah seseorang yang tertarik untuk membangun dan mengelola blog, website, atau aplikasi sebagai pemula, beberapa pilihan di bawah ini bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa program.

W3Schools

Platform W3Schools - Belajar HTML

W3Schools adalah salah satu yang populer. Bahkan, ada forum W3Schools juga yang siap menjawab pertanyaan Anda seputar bahasa program. Di sini, Anda tidak hanya diberi pembelajaran tentang membuat kode blog atau website, tapi juga membuat barisan kode aplikasi atau software.

Bahasa program yang bisa Anda pelajari di sini adalah HTML, PHP, XML, SQL, Javascript, dan lain sebagainya.

FreeCodeCamp

FreeCodeCamp website untuk belajar coding gratis

FreeCodeCamp menyediakan berbagai macam tutorial yang pasti Anda butuhkan sebagai pembimbing dalam latihan bahasa program. Bahasa program yang bisa Anda pelajari di sini antara lain Javascript, SQL, dan juga Python. Anda bisa langsung latihan di FreeCodeCamp sambil melihat video tutorial. Hal ini dikarenakan ada kotak kosong yang disediakan khusus untuk Anda membuat kode. Kemudian Anda bisa melihat hasilnya di kotak hasil yang merupakan hasil latihan kode Anda di platform.

Learn Java Online

Learn Java Online - platform belajar coding gratis

Seperti yang lainnya, Learn Java Online juga menyediakan berbagai macam bahasa program untuk Anda coba sebagai latihan. Di sini, Anda akan mendapatkan panduan juga sembari mencoba di kotak kosong yang disediakan. Anda dapat mempelajari bahasa program C#, Shell, PHP, Java, Python, dan lain sebagainya.

Code Academy

Code academy - belajar coding bahasa program

Code Academy lebih interaktif dari penyedia belajar online yang lainnya. Karena Anda dapat menjalani interaksi dua arah, baik sebagai guru atau pun murid. Di sini, Anda dapat mengajukan aplikasi maupun program, melihat tingkatan pembelajaran yang diambil, dan juga melihat progres bahasa program yang sudah Anda pelajari.

Code School

Code School akan memandu Anda untuk belajar perkodean. Ada tutorial, latihan menulis kode, dan juga contoh kode untuk Anda pelajari. Selain itu, yang membuatnya lebih menarik adalah Anda bisa mendapatkan gift (hadiah) jika mendaftar untuk belajar di Code School. 

Anda akan diberikan nilai untuk setiap latihan. Selain itu, desain antarmuka Code School ini menarik dan mirip seperti sebuah game.

Penutup

Demikian 20 Bahasa Pemograman yang sering digunakan para developer untuk membangun website, software dan aplikasi. Jika Anda memiliki niat dan keinginan untuk mengasah skill Anda untuk mempelajari coding dan bahasa program ini, hendaklah untuk selalu disiplin dan melatih logika Anda. Anda dapat menemukan banyak sekali sumber untuk belajar pemograman untuk pemula yang tentunya gratis. Selamat belajar dan semoga sukses selalu!

Penulis: Tami Kira
Editor: Yoan Letsoin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *