Panduan Lengkap Content Management System (CMS) untuk Pemula

content management system adalah

Ingin membuat halaman daring pribadi? Atau profil perusahaan? Atau toko online? Website adalah wadah yang tepat untuk memulai semua itu dengan kemajuan internet! Sekarang ini, membuat website tidak harus pusing belajar coding dan lain sebagainya, karena content management system atau yang lebih sering disingkat CMS yang akan membereskan segala sesuatunya! Yuk simak artikel ini untuk mengetahui apa itu CMS dan segala hal yang berkaitan dengannya!

Apa Itu Content Management System (CMS)?

Content Management System (CMS) adalah aplikasi atau software yang membantu penggunanya untuk mengatur, membuat, dan mengubah konten di website. Pengguna tidak harus ahli dalam bidang teknis dan membuat kodenya dari awal, karena sistem yang akan membantu pengguna mengelola websitenya.

Saat ini CMS sudah berkembang dan banyak sekali jenisnya. Content management system ini juga bisa membantu untuk mengelola email, media sosial, aplikasi mobile, e-commerce, dan bahkan bisa membantu untuk mengatur website agar lebih SEO-friendly.

Pemanfaatan Content Management System 

Melihat banyaknya keunggulan CMS dalam pengelolaan website, CMS dapat digunakan pengguna untuk membuat:

  • Situs Web Perusahaan, Organisasi, Komunitas 
  • Toko Online 
  • Galeri Foto 
  • Blog Pribadi
  • Situs Belajar Online

Kenapa Harus Menggunakan CMS? 

Baik pribadi maupun perusahaan memiliki banyak fokus untuk mengembangkan minat, bakat, dan juga usahanya sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari hal baru seperti coding atau pemrograman. CMS memiliki banyak keunggulan yang membuat orang awam tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memulai semuanya dari awal.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan CMS:

1. Mudah dan Cepat

Seperti yang sudah disebutkan, CMS tidak mengharuskan Anda sebagai pengguna untuk mengerti pemrograman. Tampilan yang mudah dimengerti dan juga fitur yang beragam untuk membuat konten membuat pengguna menghasilkan konten dengan mudah dan cepat. Cukup semudah dan secepat klik, ketik, edit, dan upload!

2. Efisiensi Waktu

Pengguna dapat membuat website secara efisien karena tidak perlu merakit situs web tersebut dari nol. Biaya yang dapat dialokasikan untuk website beragam dan juga ada yang gratis.

3. Mudah dalam Pemisahan Konten

Pengguna tidak perlu bingung untuk menetapkan konten-konten mana saja yang harus ditampilkan dalam halaman tertentu. CMS lah yang melakukan kerjanya. Pengguna dapat melihat fitur-fitur yang disediakan dan mengeksplor fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhan.

Ada konten yang berperan sebagai halaman (pages), ada pula yang berperan sebagai postingan. Pengaturan pemisahan konten-konten tersebut semudah klik pada pilihan yang tersedia.

4. Penambahan Fungsi 

Kode sumber CMS dapat dirombak untuk disesuaikan dengan kebutuhan situs web Anda. Selain itu CMS dapat mengelola fitur-fitur tambahan.

5. Fitur Penambahan User 

Membangun usaha dan juga membuat konten pastinya akan membutuhkan bantuan dari beberapa orang agar progres yang dikerjakan bisa lebih cepat. Maka dari itu, dibutuhkan beberapa orang pula yang bisa mengakses dan mengedit situs website.

Anda tidak perlu khawatir! Karena CMS memiliki fitur penambahan user yang memperbolehkan beberapa orang untuk mengelola, mengatur, mengedit, dan mengembangkan situs web. Tentunya fitur ini dapat berjalan apabila Anda sebagai administrator memberikan izin kepada user tersebut.

6. Memudahkan Maintenance 

Ada sebuah hal yang tidak bisa dihindari, yaitu perubahan situs web secara besar-besaran. Jika tidak menggunakan CMS, ada kemungkinan data-data situs web Anda tidak terback-up dan juga banyak risiko lainnya. Namun, jika menggunakan CMS, struktur situs web Anda akan terjaga. Hal ini dikarenakan CMS fokus pada satu bagian dan struktur situs web hampir sama. Sehingga Anda tidak perlu khawatir harus melakukan pembaharuan satu per satu. CMS akan melakukannya secara otomatis.

7. Mudah dalam Mengganti Desain Web 

CMS menyediakan template-template desain yang akan memudahkan Anda untuk mendesain situs web Anda. Selain itu, Anda pun bisa membuat template sendiri ataupun mengunggah template berbayar yang Anda beli di internet dan mengaturnya untuk website Anda. Tidak perlu bingung!

Cara Membuat Website dengan CMS

Sudah siap untuk mengembangkan tulisan ataupun usaha Anda di internet? Mari memulainya dengan membuat website menggunakan content management system dengan langkah-langkah di bawah ini!

1. Beli Web Hosting dan Nama Domain

Layaknya di dunia offline, dalam dunia online pun dibutuhkan tempat dan nama untuk sebuah website. Anda dapat membeli web hosting murah di Niagahoster , IDWebHost , ataupun penjual web hosting lainnya yang sesuai dengan dana Anda. Tak jarang pula mereka memberikan diskon ataupun promo yang tentunya dapat menjadi pertimbangan Anda untuk membeli web hosting.

Setelah membeli web hosting, Anda perlu membeli nama domain. Buatlah nama yang sesuai dengan tujuan website Anda dan pastinya sebisa mungkin menarik dan eye catching. Selain itu, penamaan yang jelas dan menggambarkan usaha atau bisnis Anda juga penting untuk jadi pertimbangan.

Baca juga: Mengenal Perbedaan dan Definisi Hosting dan Domain

2. Install CMS di Web Server Anda

Setelah membeli web hosting dan domain, Anda perlu memutuskan content management system mana yang akan Anda gunakan untuk website Anda. Setelah memutuskannya, Anda perlu menginstall CMS tersebut di web server untuk memudahkan Anda dalam mengaksesnya.

3. Sesuaikan Pengaturan CMS dengan Kebutuhan Website Anda

Setelah menginstal CMS, Anda perlu mengatur apa saja fitur yang Anda butuhkan untuk membuat konten website usaha Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengatur penampilan website Anda dengan desain template yang tersedia maupun yang sudah Anda beli sebelumnya.

4. Mulai Buat Konten dengan Interface CMS 

Setelah website Anda selesai diatur baik untuk fitur dan desainnya, yang harus Anda lakukan selanjutnya dan seterusnya adalah membuat konten yang akan dipost di website Anda secara berkala agar tujuan bisnis Anda tercapai dan SEO website Anda optimal.

Fitur Andalan yang Wajib Dimiliki CMS 

Memilih CMS yang sesuai dengan tujuan dan keperluan bisnis Anda adalah yang utama agar Anda sebagai pengguna dapat nyaman saat menggunakannya. Pilihlah CMS yang memiliki fitur-fitur seperti di bawah ini.

1. Manajemen Konten

CMS mampu membantu Anda mengatur website, mengelolanya, mengedit konten website Anda, dan juga yang paling penting adalah memposting konten website Anda!

2. Optimasi Tampilan Website 

Di zaman sekarang, banyak pengguna internet yang tidak hanya mengakses website dari komputer maupun laptop, melainkan dari handphone juga. Padahal, kita semua mengetahui bahwa besar tampilan layar komputer, laptop, dan handphone sangat berbeda. Oleh karena itu, penting bagi CMS agar bisa menyesuaikan tampilan website saat dibuka di komputer, laptop, dan juga handphone pengguna.

3. Personalisasi 

Website akan bekerja secara optimal apabila mencapai pembaca atau audiens secara tepat dengan konten yang relevan. Oleh karena itu, CMS harus bisa mengoptimasi target audiensnya secara baik. Adapun konten yang relevan tersebut ditargetkan berdasarkan lokasi, kepribadian, minat, umur, hobi, dan lain sebagainya.

4. Integrasi 

Maraknya dunia digital menghasilkan banyak aplikasi dan platform yang menunjang aktivitas usaha. Maka sebaiknya CMS mampu mengintegrasikan beragam aplikasi dan platform dalam satu wadah saja.

5. E-commerce 

Website usaha Anda pastinya diharapkan membawa aktivitas perdagangan digital. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengeksplor CMS dan membuat website Anda menarik dengan content marketing yang pastinya akan mendorong penjualan dalam bisnis Anda.

6. Analisis 

CMS harus bisa menampilkan analisis data website. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan langkah selanjutnya dalam menjalankan website tersebut karena akan jelas terlihat konten mana saja yang efektif dan tidak efektif. Sehingga website Anda memiliki performa yang baik ke depannya dan dapat mencapai tujuan bisnis Anda.

7. Tata Kelola 

CMS yang menyediakan fasilitas tata kelola yang baik akan memudahkan Anda! Karena kemudahan dalam mengelola website akan menghemat waktu. Selain itu, kemudahan mengelola website bersama beberapa orang lainnya juga akan membuat website Anda tumbuh secara baik dan cepat.

Beberapa Contoh CMS Popular yang Gratis

Setelah mengetahui fitur-fitur apa saja yang perlu dimiliki sebuah content management system, berikut ini adalah beberapa contoh CMS populer;

1. WordPress 

Open source dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL ini merupakan salah satu yang populer di kalangan pengguna internet dan paling banyak digunakan di dunia. CMS WordPress mengizinkan Anda untuk mengelola, mengatur dan mengedit data, dokumen, tampilan , dan lain sebagainya.

CMS WordPress ini fleksibel karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, Anda bisa memasangkan domain sendiri pada CMS WordPress ini.

Fitur

  • Tata Kelola Artikel: untuk mengelola apa saja yang berkaitan dengan pembuatan artikel
  • Users: untuk menambahkan orang-orang yang membantu Anda mengelola website
  • Menu Pages: menu yang dapat menambahkan halaman seperti halaman utama pada website
  • Media: untuk mengelola gambar dan juga video website Anda
  • Pengelolaan Komentar: Anda dapat mengelola komentar apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam unggahan post di website Anda
  • Pengelolaan Tema: pengelolaan tema untuk tampilan website Anda
  • Plugin: Anda dapat menambahkan fitur-fitur lain agar menunjang SEO website Anda di sini

Keunggulan

  • WordPress bisa digunakan secara gratis.
  • Pengguna dimudahkan dengan desain dan template yang tersedia.
  • Dapat impor dari situs lain.
  • Anda dapat mengunduh dan menggunakan plugin lain secara gratis.
  • Memiliki fitur multi kategori dalam satu artikel.
  • Memiliki fasilitas trackback dan pingback.
  • Memiliki fasilitas format teks yang serupa dengan program pengolahan kata.

2. Joomla 

Tidak sepopuler WordPress, tetapi Joomla memiliki pengguna yang masih memakainya hingga saat ini. Joomla memiliki prinsip model – view – controller yang banyak dipakai juga pada pengembangan sistem perangkat lunak.

Fitur

  • Memiliki sistem manajemen user yang baik dan dapat digunakan sesuai  kebutuhan.

Keunggulan

  • Joomla dapat digunakan untuk website bisnis kecil
  • Dapat digunakan untuk publikasi online
  • Dapat digunakan untuk e-commerce dan pemesanan online
  • Dapat digunakan sebagai situs website pribadi
  • Dapat mengembangkan beberapa fitur dengan mudah seperti mengelola inventaris, data, dan lain sebagainya
  • Tergolong aman karena sampai sekarang sistemnya masih terus diperbaharui

 3. Drupal

Drupal memiliki proses instalasi yang kurang lebih sama dengan WordPress dan juga Joomla. Namun, Drupal tidak memiliki fitur yang lengkap, sehingga pengguna diharuskan untuk mengunduh fitur dari tempat lain dan kemudian menambahkannya ke dalam folder fitur Drupal.

Fitur

  • Drupal memiliki fitur keamanan yang baik, tetapi fitur lainnya harus diunduh dari sumber lain.

Keunggulan

  • Mudah digunakan
  • Skalabilitas tinggi
  • CMS yang fleksibel
  • Dapat digunakan secara gratis

Simpulan

Semakin Anda mengerti mengenai CMS, semakin mudah pula untuk Anda mengembangkan website Anda. CMS ini adalah pilihan terbaik dan tercepat ketika Anda ingin memulai sebuah website. Setelah membaca artikel dari Marketing Online Indonesia, apakah Anda sudah siap untuk memulai website usaha Anda dengan content management system?

Di MarketingOnline.ID, kami menyediakan Jasa Pembuatan Website Profesional untuk website bisnis, website pribadi serta website e-commerce (Toko Online) dengan menggunakan WordPress sebagai pilihan CMSnya. Jika memiliki website dengan CMS yang mudah digunakan adalah solusi untuk masalah Anda saat ini, langsung saja menghubungi kami. Kami sangat siap untuk membantu. Salam sukses!

Penulis: Tami Kira
Editor: Yoan Letsoin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *