Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Online

Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris

Jika Anda membuat suatu konten bahasa Inggris, baik dalam bentuk blog, artikel, email pemasaran dan lainnya, maka Anda perlu menghindari kesalahan tata bahasa (grammar). Grammar yang baik dan benar merupakan faktor utama yang menunjukkan kualitas konten Anda. Lagipula, bukankah salah satu target konten bahasa Inggris adalah untuk meraih pangsa internasional? Maka sangatlah jelas bahwa kualitas grammar menentukan tercapainya aspek komunikasi dari suatu konten.

Dalam konteks SEO, kualitas grammar yang buruk dapat mempengaruhi peringkat situs Anda pada mesin pencari (search engine). Inilah sebabnya mengapa semakin banyak bisnis memilih untuk menggunakan aplikasi pemeriksa tata bahasa (grammar checker tool) untuk meningkatkan kualitas konten dan hasil copywriting mereka. Untuk itu, Anda perlu mengetahui dan memilih berbagai aplikasi cek grammar yang tersedia secara online, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Manfaat Grammar Checker Tool

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan aplikasi cek grammar bahasa Inggris.

Efisiensi Waktu

Penggunaan aplikasi cek grammar mempercepat proses kreatif penulis dan proofreader karena tanggapan serta saran perbaikan secara otomatis akan diberikan secara langsung (real-time) ketika proses penulisan sedang berlangsung.

Menghilangkan Kesalahan Grammar

Otomatisasi dan akurasi grammar checker tool dalam mendeteksi kesalahan sangat akurat. Pendapat tersebut juga populer di kalangan akademisi yang notabene berkutat di lini penulisan ilmiah.

Memperbaiki Ejaan dan Tanda Baca

Kesalahan ejaan (spelling) dan tanda baca (punctuation) memiliki konsekuensi tekstual yang dapat menurunkan citra bisnis Anda. Kedua aspek tersebut menentukan keberhasilan komunikasi suatu konten, khususnya bagi konten yang mengutamakan waktu, target dan merk (branding).

Artikel terkait:

Meningkatkan Kualitas Konten

Kualitas konten bahasa Inggris yang baik dapat mencakup pembaca atau segmen pasar yang lebih luas. Tidak sedikit survei pemasaran yang menyatakan bahwa kualitas suatu konten bahasa Inggris turut menentukan cakupan konsumen globalnya. Dengan kualitas konten yang SEO-friendly, maka besar peluang konten tersebut untuk mendapat peringkat di mesin pencari.

Baca juga: Panduan Karir Cara Menjadi SEO Writer

15 Aplikasi Cek Grammar Online

1. Reverso

Dashboard - Reverso

Aplikasi ini dapat memberikan sejumlah koreksi untuk mencegah kesalahan yang berlebih. Meskipun aplikasi ini cukup jeli dalam mendeteksi kesalahan ejaan, namun grammatical error cenderung dapat terjadi pada penulisan bahasa Inggris yang tidak kompeten. Pengguna disarankan untuk tetap melakukan review secara manual untuk memastikan kualitas hasil yang lebih baik.

2. Grammarly

Dashboard - Grammarly

Grammarly merupakan salah satu grammar checker tool paling populer. Tool ini dapat digunakan secara kompatibel di beragam aplikasi seperti browser (online), dan Microsoft Office (offline). Aplikasi ini memiliki pilihan layanan gratis dan premium yang disertai berbagai format produk.

3. Check Plagiarism

Dashboard - Check Plagiarism

Aplikasi ini menyediakan layanan cek grammar dengan beragam menu yang spesifik, seperti Paraphrasing Tool, Text Summarizer, Citation Generator dan lainnya. Aplikasi ini cukup berguna bagi pengguna non-penutur asli (non-native speaker) karena kemampuannya untuk menyorot atau menandai kesalahan yang terjadi.

4. GrammarCheck

Dashboard - GrammarCheck

GrammarCheck memiliki interface seperti program pengolah kata (word processing) sehingga cocok untuk proses penulisan teks panjang. Selain layanan Free Check, aplikasi ini juga menyediakan Deep Check yang memiliki advanced suggestions. Namun, untuk mengaktifkannya anda perlu melakukan instalasi aplikasi desktop atau seluler.

5. QuillBot

Dashboard - QuillBot

Quillbot bermula sebagai aplikasi parafrase yang dapat mengatur ulang urutan kata dan mengganti beberapa kata dengan yang lain. Dalam perkembangannya, QuillBot menyediakan tools lainnya seperti plagiarism checker, co-writer, summarizer dan citation generator.

6. Writer

Dashboard - Writer

Writer dikenal dengan modul deep learning yang berbasis artificial intelligence. Aplikasi ini memproses pola atau pengulangan subjek dan kata kerja serta menyediakan beragam contoh dan pilihan lainnya. Kompatibilitas aplikasi ini didukung oleh plug-in dan add-on untuk Microsoft Word and Google Docs. Selain itu, Writer juga menyediakan pilihan paket layanan berbayar Team dan Enterprise

7. PlagiarismDetector

Dashboard - PlagiarismDetector

Aplikasi ini memiliki interface yang dapat menampung hingga 2000 kata. Dalam prosesnya, aplikasi ini akan memeriksa tanda baca, tata bahasa dan kesalahan ejaan. PlagiarismDetector memberikan jaminan privasi, di mana seluruh teks dan file yang diunggah tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga.

8. PaperRater

Dashboard - PaperRater

PaperRater secara spesifik memperkenalkan dirinya sebagai grammar checker tool yang populer di sektor akademik. Layanan berbayar Premium aplikasi ini menyediakan modul proofreading dan unggahan file tekstual. Aplikasi ini menyediakan menu PaperRater 500 yang merupakan kumpulan 500 kata akademik untuk digunakan oleh siswa sekolah menengah ke atas.

9. Hemingway

Dashboard - Hemingway

Hemingway menggunakan beberapa warna berbeda untuk menunjukkan kesalahan atau potensi yang perlu diperhatikan. Merah untuk menunjukkan kerumitan kalimat yang berlebihan, hijau untuk fungsi passive voice dan terdapat beberapa warna penanda lainnya. Hemingway tersedia secara online dan aplikasi desktop untuk sistem operasi Windows dan Mac.

10. PlagiarismChecker

Dashboard - PlagiarismChecker

Aplikasi ini menyediakan fitur drag-and-drop untuk mengunggah file tekstual. PlagiarismChecker memiliki beragam paket berbayar yang mencakup layanan Multiple User Login, Downloadable PDF Reports, Compare Text, Compare URL, Detailed Text Statistics dan lain-lain. 

11. Ginger Software

Dashboard - Ginger Software

Ginger mendukung proses terjemahan lebih dari 40 bahasa. Aplikasi ini memiliki fitur personal dictionary yang berfungsi untuk mengecualikan kata-kata tertentu dari sistem auto-correct. Ginger juga memberikan saran sinonim untuk kata-kata yang terlalu sering digunakan. Ginger memiliki paket gratis dan berbayar.

12. ProWritingAid

Dashboard - ProWritingAid

ProWritingAid menyediakan paket gratis dan premium bagi segmen penulis seperti blogger, novelis dan lain-lain. ProWritingAid dapat diakses secara online. Aplikasi ini juga kompatibel untuk Google Docs, Microsoft Word dan platform pengolah kata Scrivener yang populer di kalangan penulis online.

13. NOUNPLUS

Dashboard - NOUNPLUS

Beragam review menyatakan bahwa NOUNPLUS cocok digunakan oleh non-native speaker, khususnya bagi pelajar atau pemula yang ingin belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini memiliki tingkat akurasi yang rendah sehingga belum layak untuk digunakan oleh sektor bisnis formal.

14. Google Docs

Google Docs grammar check

Sebagai produk dari salah satu platform pengumpul data (data collecting) terbesar, tentunya aplikasi ini memiliki database kebahasaan yang cukup luas. Selain menerjemahkan dari bahasa sumber, Google Docs juga dapat melakukan cek tata bahasa pada bahasa target (yang sudah diterjemahkan). Dalam konteks Indonesia, popularitas Google Doc telah merambah hingga ke lini pelajar tingkat dasar dan menengah karena kemudahan akses dan pengoperasiannya.

15. Microsoft Word

Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi word processing global tertua. Fitur spelling and grammar check sudah tentu menjadi keunggulannya. Secara default, aplikasi ini membagi dua basis bahasa Inggris yaitu United Kingdom dan United States of America. Namun, terdapat juga basis rumpun bahasa Inggris lainnya. Untuk itu pengguna perlu memahami pilihan bahasa Inggris yang ditargetkan. Jika sudah masuk ke file dokumen di Microsoft Word, Anda bisa langsung menggunakan shortcut F7, atau klik Review dan klik “Spelling & Grammar”.

Penutup

Dalam etika komunikasi bahasa, ketepatan grammar pada suatu konten bahasa Inggris menjadi suatu kebutuhan serta syarat untuk menyampaikan pesan kepada klien, konsumen atau pembaca lainnya secara efektif. Di sisi yang lain, yaitu dari perspektif bisnis, kesalahan grammar dapat mempengaruhi kredibilitas dan prestise. Untuk alasan itulah beragam aplikasi cek grammar hadir di pasaran.

Secara umum, ragam grammar checker tools yang telah disebutkan di atas memberikan saran dan koreksi untuk tata bahasa, kesalahan penulisan dan ejaan (typo), tanda baca serta pengulangan kata-kata. Meskipun beberapa di antaranya memiliki tingkat akurasi output yang tinggi, pengguna disarankan untuk tetap melakukan review atau proofreading secara mandiri demi memastikan akurasi pesan yang ingin disampaikan secara utuh.

Penulis: Muchamad Sidik Roostandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *