Last Updated on Maret 12, 2023 by Monika Tanaya
Inbound marketing yang sukses bisa terjadi ketika Anda dan tim marketing Anda menghasilkan prospek atau leads yang berkualitas dan dapat mengubahnya (konversi) menjadi pelanggan. Nah, untuk memiliki program inbound marketing yang sukses, diperlukan perpaduan yang tepat antara teknologi digital dan strategi digital marketing yang baik. Strategi hebat yang dikombinasikan dengan alat atau tools yang tidak mumpuni, serta strategi yang buruk dikombinasikan dengan alat yang hebat biasanya akan memberikan hasil yang buruk atau kurang memuaskan. Namun, strategi yang tepat, dengan alat yang tepat pula, hampir akan menjamin kesuksesan dengan inbound marketing.
Apa itu inbound marketing?
Pertama-tama, mari kita jabarkan dulu pengertian inbound marketing. Definisi Inbound Marketing adalah metodologi bisnis yang memiliki pendekatan untuk menarik audiens dengan membuat konten dan pengalaman berharga yang disesuaikan dengan audiens itu sendiri.
Hal yang membedakan inbound marketing dan outbound marketing adalah jenis konten dan target audiens yang ditentukan. Outbound marketing pada dasarnya dapat ‘mengganggu’ audiens Anda dengan konten yang tidak selalu mereka inginkan, sedangkan inbound marketing dapat membentuk koneksi yang mereka cari dan dapat berperan sebagai solusi untuk memecahkan masalah yang sudah mereka miliki.
Strategi digital marketing dengan pendekatan inbound marketing di era digital membutuhkan bantuan tools. Nah, di sini saya sudah merumuskani 10 software inbound marketing favorit saya yang sifatnya freemium, bisa gratis dan bisa juga berbayar untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda, meningkatkan konversi prospek, dan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan. Tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang mencari alat inbound marketing untuk e-commerce. Tanpa panjang lebar, berikut 10 tools yang dapat Anda gunakan untuk memulai aktivitas inbound marketing.
1. HubSpot
Dengan istilah inbound marketing yang dibuat dan dipopulerkan oleh HubSpot, tidak mengherankan bahwa platform otomasi pemasaran terbaik milik HubSpot dan CRM-nya dapat diklaim di posisi teratas pada daftar tools inbound marketing. HubSpot adalah fondasi yang kami gunakan untuk membangun inbound marketing: toko serba ada untuk membuat, mengoptimalkan dan mempromosikan konten, membangun corong perolehan prospek, mengotomatiskan pemeliharaan prospek, dan melaporkan kinerja ujung ke ujung.
HubSpot CRM menyediakan cara untuk mengelola hubungan dan keterlibatan Anda yang berkelanjutan dengan audiens Anda, serta mendokumentasikan setiap interaksi yang pernah mereka lakukan dengan Anda, perusahaan, dan situs web Anda. Lagi pula, perolehan prospek hanyalah setengah dari tantangan inbound marketing, dan alat seperti HubSpot CRM yang memungkinkan Anda memahami prospek tersebut (apa yang mereka suka, apa yang mereka tidak suka, apa tantangan atau isu yang mereka alami, dan apa ‘keinginan’ mereka) dan menjangkau prospek pada waktu yang tepat.
2. SendinBlue
Email marketing adalah salah satu tools yang harus dimiliki setiap marketer. Namun saat ini, ada banyak sekali email marketing tools yang dapat membantu bisnis, salah satunya adalah SendInBlue. SendinBlue adalah salah satu email marketing tool tingkat lanjut (advanced) yang disertakan dengan fitur otomatisasi. Akan tetapi tidak hanya itu saja, SendInBlue menawarkan hal lebih kepada para pelanggannya, yaitu kemampuan untuk membuat halaman arahan (landing page) dengan template otomatis yang sudah disediakan, fitur A / B testing, dan masih banyak lagi. Tidak berhenti sampai di situ, SendinBlue juga menawarkan paket berbayar yang cukup kompetitif sekaligus juga menyediakan paket gratis bagi Anda yang ingin mencoba platform mereka terlebih dahulu.
3. Unbounce
Halaman arahan atau yang kerap disebut landing page adalah salah satu tools terpenting inbound marketing karena merupakan tempat dimana pengunjung website atau visitor berubah menjadi prospek, dan calon pelanggan menjadi pelanggan yang loyal. Unbounce menyediakan cara cepat dan efektif untuk membangun, mengoptimalkan, dan melacak halaman arahan Anda, menggunakan template yang bagus dan fleksibilitas desain yang tidak memerlukan pengkodean untuk mengembangkan halaman arahan yang memiliki tata letak baik dan fungsional dengan cepat. Secara keseluruhan, Unbounce akan membantu Anda menghemat lebih banyak waktu dan Anda mendapatkan banyak kebebasan untuk menyesuaikan landing page Anda.
4. MailChimp
MailChimp adalah ssalah satu solusi email marketing berbasis cloud yang membantu bisnis dalam berbagai industri dan ukuran untuk merancang, mengotomatiskan, dan mengelola kampanye pemasaran di berbagai platform email, saluran iklan, dan lainnya melalui satu platform. Saya sangat menyarankan setiap pemula dalam dunia marketing untuk menggunakan MailChimp, terutama ketika Anda baru saja memulai aktivitas email marketing. Mailchimp menempatkan audiens Anda dalam platformnya dan memudahkan Anda untuk melakukan segala aktivitas marketing, mulai dari mengirimkan email pemasaran dan pesan otomatis, membuat kampanye iklan, membuat landing page, memfasilitasi pelaporan dan analitik, dan lain-lain.
5. ActiveCampaign
ActiveCampaign menggabungkan database kontak dalam CRM untuk masuk dalam sales funel dan otomatisasi. Tools ini membantu Anda dalam memasarkan produk dan jasa Anda dalam waktu yang singkat karena ada fitur automatisasi. Lewat ActiveCampaign, Anda dapat memprioritaskan prospek Anda, melacak tugas Anda, dan meng-otomatiskan manajemen kontak database Anda. Anda dapat meliihat seluruh proses penjualan Anda dalam sekejap dan melacak setiap interaksi. Terdapat pula fiitur seperti penskoran prospek, peluang menang closing, dan segmentasi audiens otomatis yang dikombinasikan dengan otomasi pemasaran mengubah tim Anda menjadi tim yang mampu menangani closingan dengan baik. Jika Anda membutuhkan alat pemasaran email yang lebih canggih yang dapat melakukan hampir segala hal, cobalah beralih ke ActiveCampaign. Alat ini juga bisa menjadi alternatif tools seperti SendinBlue dan GetResponse.
6. SEMRush
SEMRush adalah platform pelacakan situs web terbaik yang saya gunakan. SEMrush memungkinkan Anda untuk melihat dan memeriksa backlink, melacak peringkat keyword, dan melihat database historis yang telah mereka kumpulkan selama bertahun-tahun. Salah satu fitur yang powerfull adalah kemampuan untuk melihat backlink baru. FItur ini dapat memberi Anda petunjuk tentang bagaimana upaya SEO organik Anda berhasil. Jika Anda berinvestasi di SEMRush, Anda dapat dengan mudah melacak situs pesaing Anda dan menganalisis kinerja situs web lainnya. Sangat direkomendasikan untuk perusahaan B2B yang menggunakan SEO sebagai strategi utama mereka dan tentunya tools ini juga sangat cocok untuk agensi SEO.
7. Hootsuite
Hootsuite adalah salah satu platform teratas untuk alat manajemen media sosial dan bisa menjadi alternatif bagi pengguna Buffer. Hootsuite dianggap sangat bagus untuk menangani banyak akun media sosial dengan masuk ke satu dashboard saja. Dengan Hootsuite, Anda dapat merencanakan konten Anda dan menjadwalkan posting di semua media sosial Anda. Dengan kemampuan Hootsuite untuk menjadwalkan hingga 30 postingan pada paket gratisnya, termasuk juga menjadwalkan posting Instagram, dan melihat akun media sosial yang berbeda di satu dasbor, hal ini tentu mengalahkan platform manajemen media sosial lainnya yang mengharuskan customernya untuk melakukan upgrade paket untuk mengakses fitur serupa. Ya, Hootsuite menawarkan paket fleksibel yang bahkan memungkinkan Anda untuk mencoba fitur-fiturnya secara gratis dan kemudian perlahan-lahan bisa ditingkatkan ke paket yang lebih tinggi, sesuai kebutuhan Anda.
8. Google Marketing Platform (Analytics, Data Studio, Optimize, Survei)
Google Marketing Platform (GMP) adalah penyedia software berbasis cloud yang membantu industri mendapatkan gambaran umum tentang kebutuhan dan permintaan pelanggan atau audiens mereka. Dirancang untuk perusahaan dan bisnis, baik kecil, menengah hingga perushaan besar. Produk ini memberikan solusi bagi para maketer dan biro iklan. Platform ini dapat membantu Anda menganalisis kinerja bisnis Anda berdasarkan jumlah pengunjung dan pengguna yang menjadi klien. Selain itu, ini memfokuskan perhatian Anda pada pengunjung yang memiliki kemungkinan tinggi menjadi klien. Platform ini juga melacak waktu pengunjung Anda di situs. Dengan cara ini, Anda dapat menunjukkan pengguna situs yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda.
Google Marketing Platform juga memungkinkan Anda meninjau kata kunci yang bermanfaat untuk situs web Anda. Selain kata kunci, Anda juga dapat melacak sumber rujukan, yang dapat membantu Anda menentukan bagaimana pengunjung menemukan situs web Anda. Proses ini dapat membantu Anda meningkatkan strategi periklanan Anda. Platform ini juga melacak interaksi pengguna, seperti penelusuran situs. Terakhir, integrasi Google memberikan koneksi yang lancar ke kebutuhan situs web Anda yang sangat penting untuk aktivitas inbound marketing.
9. LiveChat
LiveChat adalah salah satu platform chat via web secara real time terbaik yang harus Anda pertimbangkan untuk digunakan untuk situs web Anda. Alat ini mudah digunakan dan pastinya memiliki fitur-fitur hebat, seperti tagar atau hashtag untuk merespons FAQ secara otomatis (pertanyaan yang sering diajukan). Dengan ini, tim support Anda atau CS dapat merespons audiens secara real time dengan cepat, langsung dari website. Fitur unggulan yang membedakan mereka dari pesaing adalah sistem tiket mereka. Pesan offline akan langsung masuk ke saluran ini dan dapat ditangani dengan lebih mudah oleh tim Anda dengan status yang dapat dibedakan (open, pending, closed). LiveChat juga memiliki tim CS yang sigap untuk membantu Anda mengenal platform mereka.
10. Monday.com
Monday.com adalah project management tools berbasis cloud, tempat dimana Anda dapat berkolaborasi dengan tim Anda dalam membuat alur kerja dalam hitungan menit untuk menjalankan proses, proyek, dan pekerjaan sehari-hari. Tim juga dapat membentuk alur kerja dan proyek mereka dengan platform yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota timl, dan menghubungkan tim dalam ruang kerja kolaboratif yang tentunya efisien.
Fitur platform ini meliputi: template alur kerja, fitur pelacakan waktu agar tidak melewati deadline, otomatisasi untuk menghilangkan pekerjaan manual, dasbor untuk mendapatkan insights dan gambaran mengenai keberlangsungan progress dari proyek dan juga tidak tinggalan kemampuan untuk berintegrasi dengan tools dan aplikasi lainnya untuk. Setiap proyek yang sukses membutuhkan kerja sama tim yang kuat dan solid. Monday.com adalah perangkat lunak manajemen proyek yang memungkinkan kerja tim yang efektif.
Simpulan
Semikian 10 inbound marketing tools yang dapat saya sarankan untuk Anda mulai terlebih dahulu. Inbound marketing adalah salah satu cara paling ampuh untuk mendorong prospek, penjualan, dan konversi baru.
Dengan menggunakan beberapa alat di atas, Anda dapat meningkatkan produktivitas, mendorong lebih banyak trafik melalui konten yang menarik, dan menangkap data penting melalui analitik yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas. Nah, jumlah software yang tersedia untuk kegitaan marketing terus bertambah, software dan tools apakah yang ada di daftar must-have Anda? Share dengan saya di kolom komentar agar saya perbaharui listnya! Salam sukses!
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!