Panduan Lengkap Content Writing AI Tools dan Software Terbaik

Software content writing ai tools terbaik

Menulis adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Apalagi kalau sudah dikejar deadline, mungkin Anda akan pusing dibuatnya! Namun, kecanggihan teknologi masa kini memungkinkan Anda untuk “dibantu” oleh kecerdasan buatan manusia dalam bidang penulisan. Kecerdasan buatan dalam penulisan konten ini sering disebut content writing AI tools!

Nah… di dalam artikel ini, akan mengetahui apa definisi dari AI writing tool, manfaatnya, serta rekomendasi software-software terbaiknya!

Mari kita mulai!

Apa Itu Content Writing AI Tools?

Sebelum menelusuri arti dari AI writing tool, Anda perlu mengetahui apa itu content writing. Content writing adalah kegiatan menulis yang ditujukan untuk memasarkan atau memperkenalkan sesuatu. Tujuan dari penulisan ini adalah supaya pembacanya mendapatkan pengetahuan dan bisa merasakan manfaat dari tulisan tersebut. 

Contoh dari content writing adalah blog, artikel, postingan social media, naskah podcast, email, ebook, dan masih banyak lagi! Content writing ini jugalah yang akan menjadi salah satu faktor penting untuk membuat content marketing.

Selanjutnya, apa itu AI writing tool? Pada dasarnya, AI writing tool adalah sebuah tools kecerdasan buatan (computer-generated) yang membantu manusia untuk menulis konten. Hasil dari tools ini dibuat menggunakan natural language processing (NLP) tools yang memungkinkan komputer untuk bisa menginterpretasi, memahami, dan juga bisa mengoreksi kesalahan-kesalahan bahasa sehari-hari manusia.

Bagaimana Cara Kerja AI Writing Tools?

Walaupun AI bisa membantu Anda untuk menulis, tetaplah Anda yang harus memikirkan ide utama tulisan tersebut. Maka menurut Neil Patel, yang pertama harus Anda lakukan adalah menentukan topik tulisan dan konten apa yang ingin Anda buat.

Selanjutnya, pilih salah satu AI writing tool yang akan Anda gunakan dan tentukan parameter konten Anda. Apakah Anda ingin membuat tulisan untuk social media, artikel, atau isi email.

Setelah komputer menerima perintah yang Anda masukkan, tools ini akan memproses parameter tersebut dan menganalisis artikel-artikel serupa yang ada di jaringan internet. Kemudian, AI writing tool akan menghasilkan tulisan baru dan memberikan hasil yang bebas plagiarisme.

Apa Saja Manfaat AI Writing Tool? 

Manusia pasti sangat terbantu dengan adanya AI writing tool ini. Yang pasti, kecerdasan buatan dari perangkat lunak ini akan memberikan Anda waktu lebih! Nah… mari baca fungsi-fungsi AI writing tool di bawah ini untuk lebih lengkapnya!

1. Pengerjaan Cepat dan Efisien

Kecerdasan buatan perangkat lunak memiliki kelebihan yaitu tidak terdistraksi oleh faktor-faktor eksternal seperti godaan untuk membuka media sosial, mengantuk, malas, writer’s block, dan lain sebagainya. Selain itu, komputer juga bisa memproses data yang sangat banyak dalam waktu singkat selama 24 jam setiap harinya!

2. Penulisan yang Terkontrol dengan Baik

AI akan membantu Anda untuk memeriksa apakah ada tulisan yang typo atau tidak, pengejaan yang benar atau tidak, apakah grammarnya tepat, dan juga dapat memprediksi kata apa yang akan Anda ketikkan selanjutnya. Semua hal itu dilakukan secara otomatis dan pasti akan sangat membantu Anda untuk menulis artikel bertaraf SEO yang baik dengan keyword density yang terkontrol.

3. Menghasilkan Lebih Banyak Konten

Kecepatan dan efisiensi yang ditawarkan kecerdasan buatan dan juga kualitas yang dihasilkannya memungkinkan AI writing tool menghasilkan lebih banyak konten dibandingkan manusia. Postingan konten yang lebih banyak ini juga memungkinkan untuk mendatangkan audiens baru ke website Anda.

4. Membantu Anda Melewati Krisis Writer’s Block

Pikiran manusia memiliki batasan, karena adanya potensi kelelahan dan kebosanan yang kapan saja bisa melanda. Namun, lain halnya dengan perangkat lunak. Memiliki akses tidak terbatas dalam jaringan web, AI mampu “menemani” Anda untuk brainstorming, memberikan pilihan-pilihan konsep dan juga referensi yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi dalam membuat topik tulisan Anda selanjutnya.

5. Membantu Anda Menghindari Plagiarisme Secara Otomatis

AI membantu Anda menghindari plagiarisme karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kecerdasan buatan ini mengumpulkan referensi serupa dan kemudian menghasilkan sesuatu yang baru.

15 Software Content Writing AI Tools Terbaik 

Berikut ini adalah 15 software yang bisa Anda pilih untuk membantu Anda.

Tools mana yang akan jadi pilihan Anda? Yuk simak dulu penjelasannya supaya Anda bisa memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

1. Jasper.ai

Love letters! Sangat unik dan personalized untuk ukuran tulisan yang dibuat oleh AI writing tools. Namun, bukan love letters saja. Jasper akan meneruskan tulisan yang pertama Anda ketikkan dan mengubahnya sesuai dengan gaya tulis yang Anda inginkan.

Nah… Jasper ini memang software berbayar. Namun, Anda bisa mencobanya dalam free trial 10.000 kata! Apa yang membuat Jasper layak dipilih?

  • Ada garansi 7 hari uang kembali
  • Penawaran lebih dari 60 skill writing dari Jasper
  • Menyediakan bantuan full 24 jam dalam sehari
  • Dapat menulis dan menerjemahkan lebih dari 25 jenis bahasa
  • Jaminan error-free bagi grammar Anda
  • Anda akan mendapatkan hasil yang bebas plagiarisme
  • Menghasilkan konten yang SEO friendly

2. CopyAI

CopyAI dapat membantu Anda mulai dari membuat email sales hingga konten social media yang menghasilkan engage customer yang tinggi. Software ini menawarkan paket gratis seumur hidup dengan batasan fitur-fitur tertentu dan juga paket langganan yang bisa Anda lihat di sini. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa CopyAI bisa menjadi pilihan yang tepat bagi bisnis Anda.

  • UI yang user-friendly
  • Menawarkan lebih dari 80 template konten
  • membantu Anda membuat berbagai jenis konten seperti headline website, konten media sosial, konten email, deskripsi produk, artikel blog, konten-konten kreatif, dan lain sebagainya.
  • Membantu Anda untuk melihat banyak referensi untuk konten yang Anda inginkan
  • Membantu Anda untuk menerjemahkan lebih dari 25 bahasa

Bagaimana? Apakah CopyAI adalah software yang cocok untuk bisnis Anda?

3. Copysmith

Selain menghasilkan tulisan yang mengagumkan, Copysmith juga bisa mengukur perkembangan penulisan Anda untuk kepentingan marketing! Tidak heran jika Copysmith ini mendapatkan predikat Best Automated Copywriter oleh techjury. Anda pun bisa membuat deskripsi produk, advertising campaigns, SEO metadata, tagline, dan juga kampanye efektif lainnya dalam hitungan menit saja. Copysmith mempelajari kebiasaan menulis Anda, sehingga kinerja software ini akan semakin meningkat seiring waktu.

Copysmith adalah software berbayar. Paket permulaan yang ditawarkan seharga $19 (sekitar Rp 260.000) per bulan dengan 50 credits atau sekitar 500 hasil tulisan. Namun, Anda bisa mencoba perangkat lunak ini lewat free trial 15 credits yang disediakan! Anda hanya perlu sign up di sini untuk mencobanya.

4. Wordsmith

Anda bisa mengubah data apa saja menjadi narasi yang baik dengan menggunakan natural language platform (NLP) Wordsmith! Software ini menawarkan analisis yang real time, mudah diukur perkembangannya, dan juga bisa di-publish di mana saja! Wordsmith dapat menghasilkan tulisan untuk kepentingan jurnalisme hingga laporan finansial. Bahkan, software ini juga bisa membuat chatbot untuk video game.

5. Wordtune

Wordtune adalah pilihan tepat bagi kamu yang seringkali merasa kesulitan untuk menemukan kata-kata yang pas. Cara kerja software inipun real time dan tidak akan mengubah pengertian kalimat yang ingin Anda tuliskan, melainkan menunjukkan pilihan kata yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Wordtune menyediakan layanan gratis dan juga berbayar.

Layanan gratis ini merupakan pilihan yang sesuai apabila Anda hanya perlu membuat satu atau dua kalimat saja untuk 20 hari. Apabila lebih panjang, Anda bisa membayar $9.99 (sekitar Rp 140.000) per bulannya. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat di sini.

6. INK for All

Pengalaman menulis Anda akan terasa menyenangkan di INK, karena software ini memiliki halaman interface yang menyenangkan untuk dilihat! Selain halaman interface yang mengagumkan, tips-tips SEO yang diberikan pun sangat manjur untuk diikuti dan diterapkan pada artikel Anda. Software ini bisa digunakan oleh founders, experts, dan juga copywriter agar bisa menulis tanpa gangguan di interface-nya. 

INK memiliki komunitasnya sendiri, sehingga memungkinkan Anda untuk bertemu dengan sesama pengguna yang tentunya menggeluti bidang menulis juga. Anda bisa menikmati INK secara gratis dengan fitur-fitur terbatas dan juga bisa menggunakan fitur lengkapnya dengan akun premium berbayar.

7. GrowthBar

GrowthBar membantu Anda untuk menghasilkan tulisan dengan SEO yang optimal! Karena software ini memang menawarkan riset keyword yang pastinya sangat berguna untuk mengoptimalkan tulisan Anda. 

Apabila Anda masih belum memiliki ide atau topik apa yang ingin dituliskan, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu di Keyword Research yang disediakan GrowthBar. Selain itu, software ini juga menyediakan fitur-fitur pendukung SEO seperti gambar, judul, headers, dan lain sebagainya.

Tampilan interface yang nyaman dan mudah digunakan juga didukung dengan fitur drag and drop, sehingga memungkinkan pemula bisa menggunakan GrowthBar.

 Namun, content writing Ai tools ini sayangnya belum menyediakan layanan gratis. Setidaknya Anda perlu membayar $29 (sekitar Rp 400.000) per bulannya untuk fasilitas 25 keywords dan 15 outlines untun satu website. Harga yang relatif terjangkau untuk sebuah software content writing yang SEO-nya teroptimasi! Anda juga diberikan 5 hari free trial dan juga garansi selama 7 hari! Lebih lengkapnya bisa Anda cek di sini.

8. Rytr

Rytr merupakan content writing AI tools gratis untuk 5.000 kata dan juga bebas plagiarisme. Hasil tulisan dari Rytr memiliki kualitas yang amat baik meskipun tulisan tersebut adalah hasil dari AI.

Ada beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan mengapa Anda harus menggunakan Rytr.

  • UI yang bagus dan mudah digunakan
  • Memahami kurang lebih 30 bahasa
  • Pelayanan support team selama 24 jam sehari lewat email atau live chat
  • Bisa memeriksa grammar 
  • Bebas plagiarisme
  • Template landing yang menakjubkan
  • Memiliki magic command tool

Selain paket gratis terbatas, Rytr juga menawarkan paket premium dengan limit 50.000 kata per bulan seharga $9 (sekitar Rp 125.000) per bulan dan juga paket tidak terbatas seharga $29 (sekitar Rp 400.000) per bulan. Lihat penawaran lebih lengkapnya di sini!

9. Articoolo

Anda wajib menggunakan software content writing seperti Articoolo apabila membutuhkan bantuan dalam menulis konten tersebut. Karena Anda hanya perlu mengetikkan beberapa kata saja dan Articoolo akan menyelesaikannya untuk Anda! Ada pilihan tools Create Article dan Rewrite Article yang bisa Anda pilih.

Tools Create Article memiliki satu bagian yang bisa Anda isi dengan 2 – 5 kata yang merupakan suatu ide atau deskripsi yang cukup menjelaskan inti dari topik yang ingin Anda buat. Setelah itu, Articoolo akan menganalisis konteks dan mencari referensi keyword serupa yang relevan. Anda akan mendapatkan hasil tulisan dalam hitungan menit saja dan bahasanya akan menyerupai bahasa manusia yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan dari NLP (natural language processing).

Tools Rewrite Article kurang lebih melalui proses yang sama dengan tools sebelumnya. Hanya saja di sini Anda butuh melakukan copy paste terlebih dahulu. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil narasinya. Karena Articoolo memproduksi konten yang unik dan bebas plagiarisme.

Articoolo adalah software berbayar. Namun, Anda bisa melakukan pembayaran yang sifatnya sekali pakai saja dengan kisaran harga mulai dari $9 (10 artikel) sampai $99 (100 artikel). Anda juga bisa bayar per bulan dengan kisaran harga $29 (sekitar Rp 400.000) untuk 30 artikel. Lebih lengkapnya bisa Anda cek di sini.

10. Writesonic

Writesonic dapat membantu Anda dalam menghasilkan tulisan yang memungkinkan untuk masuk dalam ranking teratas mesin pencarian karena sudah cukup terlatih dengan naskah-naskah brand populer. Anda hanya perlu memilih template dan memasukkan beberapa deskripsi. Kemudiancontent writing AI tools ini akan memberi Anda beberapa pilihan hasil tulisan. Di sini pun tersedia landing page generator yang memiliki performa mengagumkan yang bisa meningkatkan engagement website Anda!

Anda bisa menikmati free trial dengan mendapatkan 10 kredit di Writesonic. Software ini juga menawarkan paket unlimited untuk perusahaan start-up dan small business dengan membayar $95 (sekitar Rp 1.330.000) per bulan. Anda bisa lihat rincian harga dan fitur Writesonic lebih lanjut di sini.

11. AI Writer

AI Writer merupakan software website sehingga Anda tidak perlu mendownload dan menginstalnya lagi. Interface software ini sangat sederhana dan tools-nya juga hampir sama dengan content writing AI lainnya sehingga Anda akan memakainya dengan mudah dan nyaman. AI Writing menyediakan 3 pilihan fitur yaitu write, rewrite, dan publish.

Apabila Anda ingin memakai fitur rewrite, Anda tidak perlu khawatir karena hasilnya akan bebas dari plagiarisme. Software content writing ini akan membuat list sumber-sumber yang menjadi referensi tulisan yang dihasilkan.

AI Writer menjanjikan hasil konten yang berasal dari riset berkualitas dengan waktu yang efisien, tulisan yang fresh dan relevan, original dan unik, serta SEO-friendly.

Anda bisa mencoba AI Writer selama seminggu dalam program free trial. Sedangkan untuk menggunakan fitur lebih lengkapnya, Anda harus membayar $29 (sekitar Rp 400.000)  sampai $375 (sekitar Rp 5.250.000) per bulannya. Sila cek price list lengkapnya di sini!

12. Kafkai

Kafka mengklaim dirinya sebagai content writing AI tools yang bisa membuat tulisan dari dasar, alias from scratch! Sebuah pernyataan yang menjanjikan dan menarik untuk Anda coba karena software ini tidak hanya rewrite atau mengganti kata-kata dengan sinonimnya saja. Kafka menuliskan artikelnya dalam bahasa Inggris. Namun, software ini juga dapat menerjemahkan artikel ke 7 bahasa yaitu Dutch, German, French, Italian, Spanish, dan Swedish.

Ada 3 mode penulisan yang menjadi cara kerja Kafka yaitu seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Niche Article Writer. Apabila Anda hanya memiliki satu topik yang terpikirkan tetapi tidak dengan artikelnya, maka Anda hanya perlu memilih salah satu niche yang disediakan oleh Kafka. Setelah itu, Kafka akan membuat artikel random yang memiliki standar penulisan biasa dan akan mempublikasikannya beberapa menit setelah selesai editing.
  • General Writer with Seeding. Kafka akan menghasilkan artikel berdasarkan tulisan yang sebelumnya Anda buat. Anda dapat membuat artikel awal ini dengan menuliskannya sendiri atau juga bisa mengambil referensi artikel yang sudah ada. General writing with seeding ini bisa digunakan apabila Anda tidak menemukan niche yang Anda inginkan di Kafka. Namun, karena ini sifatnya umum, maka Anda harus memeriksa dan mengedit hasil tulisan dari software ini sebelum mempublikasikannya.
  • Advanced Niche Article Writer with Seeding. Mode penulisan Kafka yang terakhir ini mampu menulis konten yang sangat spesifik dan optimal dari niche yang Anda pilih. Karena level mode ini advanced, maka Anda hampir tidak perlu melakukan editing terhadap tulisan ini lagi.

Anda bisa mencoba free trial Kafka selama 3 hari untuk 25 artikel. Selanjutnya, Anda diharuskan membayar $29 (untuk 100 artikel) hingga $199 (untuk 2.500 artikel) selama sebulan dengan garansi 30 hari! Anda bisa melihat rincian fitur-fitur yang bisa didapatkan dengan lengkap di sini.

13. Anyword

Anyword merupakan tools AI content writing yang tidak diragukan lagi kualitasnya karena brand besar seperti The New York Times sampai NBA memercayai software ini!

Ada 6 kategori yang bisa Anda pilih di Anyword yaitu iklan (ad), landing page, email, blog, short message service (SMS), dan editorial promotion. Platform ini berbasis website ya!

Seperti yang tertera di website-nya, perusahaan ini sudah mengalokasikan dana sebesar $250M untuk iklan berbayar. Jadi, software AI Anyword memang betul-betul mendedikasikan dirinya untuk menulis iklan yang sangat efektif mulai dari gaya penulisan yang menyenangkan, hard selling, meyakinkan, dan masih banyak lagi!

Anyword merupakan software berbayar. Namun, Anda bisa mencoba free trial yang mereka tawarkan selama 7 hari. Setelah itu, Anda bisa menggunakan Anyword dengan layanan berbayar mulai dari $19 (untuk 15.000 kata) per bulan.

14. Contentbot.ai

Contentbot dapat memproses tulisan dengan cepat, hanya sekitar 30 detik saja! Content writing AI tools ini sangat cocok untuk dipakai oleh marketers dan pemilik bisnis untuk membuat konten seperti artikel blog, ad copy, dan masih banyak lagi. Contentbot memberikan hasil yang unik, berbahasa seperti manusia asli, dan original, jadi Anda tidak perlu khawatir karena konten tersebut bebas plagiarisme.

Contentbot tidak menyediakan layanan gratis, sehingga Anda perlu membayar seiring berjalannya proyek tulisan Anda. Ya! Anda akan dikenakan biaya $1 per 1.000 kata. Selain layanan prepaid, ada juga layanan berbayar per bulan mulai dari $29 (untuk 40.000 kata) per bulannya. Lebih lengkapnya bisa Anda cek di sini ya!

15. Article Forge

Article Forge merupakan software yang berbasis web dengan metode one-click away. Tulisan yang dihasilkan oleh software ini prosesnya di bawah satu menit, dengan kualitas bahasa manusia sehari-hari. 

Begini cara kerja Article Forge: 

  1. Masukkan keyword yang Anda inginkan
  2. Tunggu selama 60 detik, karena Article Forge sedang memproses tulisan Anda
  3. Artikel Anda selesai!

Mencari ide dan menulis bukanlah hal yang mudah dilakukan dan memakan waktu, apalagi jika penulis sedang dalam keadaan writer’s block. Namun, Anda tidak perlu khawatir selama Article Forge! Software content writing ini akan memangkas waktu tersebut! Selain itu, hasil tulisan Article Forge ini juga pasti “disukai” Google, karena kontennya merupakan hasil yang teroptimasi, unik, dan original. Selain itu, software ini juga akan menambahkan gambar, video, dan link terkait secara otomatis untuk melengkapi tulisan Anda!

Article Forge tidak memiliki layanan gratis, tetapi Anda bisa mencoba free trial-nya selama 5 hari. Setelah itu, Anda bisa membayar $57 (sekitar Rp 800.000) per bulan. Lebih lengkapnya bisa Anda cek di sini ya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti menyadari akan betapa sangat membantunya content writing AI tools ini. Pekerjaan menulis bisa selesai lebih cepat, efisien, minim kesalahan penulisan, dan juga pilihan yang tidak terbatas. Namun, ada satu unsur yang hanya dimiliki oleh manusia, yaitu kreativitas! Maka, meskipun pekerjaan menulis Anda akan sangat terbantu dengan kecerdasan buatan ini, Anda tetap harus selalu membuka pikiran agar ide-ide senantiasa terkumpul dan bisa membuat tulisan yang mengagumkan dan bermanfaat bagi pembaca, pendengar, dan bahkan pengunjung website Anda.

Selamat mencoba content writing AI tools pilihan Anda dan semoga artikel ini membantu ya! Salam sukses!

4 tanggapan pada “Panduan Lengkap Content Writing AI Tools dan Software Terbaik”

  1. Luar biasa!!!!! Hanya kata ini yg dapat saya katakan.
    Terima kasih buat infonya….hal ini sangat herguna hagi saya…terima kasih Tuhan memberkati..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.