Dikenal Paling Ampuh Tingkatkan Traffic, Berikut Ulasan Singkat Tentang SEO

Mengenal SEO, Manfaat dan Cara Kerjanya

Bicara masalah optimasi website tidak akan pernah lupa dengan search engine optimization. Atau yang biasa disebut dengan SEO. SEO adalah cara organik meningkatkan ranking pada mesin pencarian.

Tujuan utama optimasi adalah meningkatkan traffic. Agar website lebih dikenal dan banyak dikunjungi oleh audiens. Tanpa optimasi sekalipun, sebenarnya website bisa ditemukan pada mesin pencarian. Tapi harus menuliskan alamat lengkap di google. Tidak hanya sebatas kata kunci saja.

Mengapa SEO banyak diterapkan untuk google? Padahal search engine tidak hanya google saja. Iya, benar. Memang mesin pencarian tidak hanya google saja. Masih banyak jenis search engine lainnya yang bisa digunakan audiens. Tapi jika target audiens masih di Indonesia, google adalah mesin pencari yang disarankan.

Google menguasai 97,02% pasar search engine di Indonesia. Ketika orang memerlukan informasi di internet, yang mereka buka adalah google. Inilah alasan mengapa SEO banyak digunakan untuk google.

Lalu apa sebenarnya SEO? Apa manfaatnya? Apa saja jenis-jenisnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Kita akan bahas selengkapnya disini.

Pengertian SEO

Satu pertanyaan yang sering ditanyakan banyak user’s website. Apa yang dimaksud dengan SEO? Secara sederhana, yang dimaksud dengan SEO adalah serangkaian cara yang digunakan agar website masuk pada halaman pertama mesin pencarian. 

SEO dilakukan atas dasar prilaku pengunjung yang selalu membuka halaman pertama mesin pencarian. Dari dasar inilah para pemilik website berlomba-lomba menggiring websitenya di halaman pertama mesin pencarian.

Banyak manfaat yang bisa didapat ketika website bisa masuk pada halaman pertama mesin pencarian. Terutama bagi para online marketer. Dengan berada di page one google, website marketing lebih mudah ditemukan oleh audiens. Traffic meningkat. Dengan traffic yang tinggi, kesempatan konversi juga lebih tinggi.

Manfaat SEO

Tidak hanya meningkatkan ranking dan traffic website saja. SEO juga memiliki banyak manfaat. Antara lain :

1. Mendatangkan Visitors Potensial

Manfaat pertama yang bisa dirasakan website dengan teknik SEO adalah datangnya visitors yang potensial. Ini terjadi karena berada pada halaman pertama mesin pencarian. 

Saat visitors mengetikkan kata kunci, saat itulah mereka sedang mencari informasi. Lalu menemukan dan membuka website Anda yang berada di halaman pertama. Visitors seperti inilah yang dinamakan visitors potensial. Benar-benar membutuhkan informasi yang ada di blog Anda.

Dinamakan visitors potensial karena memang berpotensi besar untuk merubah kunjungan menjadi konversi. Semakin banyak visitors potensial yang datang, maka semakin tinggi pula peluang untuk meningkatkan penjualan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Semakin mudah ditemukan, traffic akan meningkat. Itu berarti akan semakin banyak orang yang mengenal website Anda. Ini akan sangat menguntungkan jika website tersebut adalah website marketing. Karena brand awareness akan turut meningkat juga.

Tingginya brand awareness berpengaruh positif terhadap penjualan. Karena ketika orang membutuhkan sebuah produk, hanya akan mengingat brand produk Anda. Dibandingkan brand lain dari produk sejenis.

3. Iklan 24 Jam

Anda ingin kampanye iklan selama 24 jam sehari setiap hari? SEO adalah cara terbaik. Dengan SEO, audiens bisa mudah menemukan website marketing Anda dengan biaya yang sangat minim. Bahkan nyaris tanpa biaya.

Berbeda jika mengandalkan Google Ads atau iklan search engine lainnya. Diperlukan biaya iklan yang cukup besar. Bertahannya website di halaman pertama tergantung dari jumlah budget iklan. Tidak ada biaya iklan, mesin pencari akan langsung menurunkan posisi website dari halaman pertama.

4. Meningkatkan Kompetensi

Dulu, pebisnis kecil akan merasa mimpi jika bisa bersaing dengan perusahaan besar. Tapi sekarang tidak lagi. Dengan SEO, pebisnis kelas UMKM tetap berpeluang bisa bersaing dengan perusahaan besar.  Apalagi jika big corporate tersebut tidak menerapkan SEO. Akan tersingkir dari persaingan bisnis secara online.

5. Meningkatkan Penjualan

Manfaat kelima SEO adalah meningkatkan penjualan. Ini bisa terjadi karena sebagian besar orang ketika akan membeli sesuatu selalu melakukan riset online terlebih dahulu. Mencari beberapa reverensi di google.

Ketika website marketing Anda berada di halaman pertama pencarian, kesempatan untuk diklik lebih besar. Dari sinilah biasanya pembeli datang setelah melihat produk yang Anda tawarkan ternyata sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

6. Merupakan Investasi Jangka Panjang

Sudah dijelaskan di atas bahwa iklan berbayar di search engine merupakan cara instan untuk bisa menempatkan website pada halaman pertama mesin pencarian. 

Tapi itu sifatnya hanya sementara. Saat ada cost untuk membayar iklan saja. Ketika budget untuk iklan sudah tidak ada, peringkat website otomatis akan turun.

Berbeda dengan SEO. Meski tanpa menggunakan biaya iklan yang mahal, posisi website akan masih tetap awet di halaman pertama mesin pencarian dalam jangka waktu yang cukup lama. Inilah yang dinamakan investasi jangka panjang.

Jenis-Jenis SEO dan Cara Kerjanya

Ada 3 jenis SEO yang sering digunakan oleh para online marketer. Yaitu SEO on page, SEO of page, dan SEO technical. Berikut penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis SEO tersebut :

1. SEO On-Page

Yang disebut dengan SEO on page adalah SEO yang ada di dalam website. Ini berkaitan dengan konten yang dibuat. Cara kerja SEO on page adalah menggunakan konten untuk menarik perhatian robot mesin pencarian.

Cara mengoptimasi SEO on page adalah dengan mencari kata kunci yang tepat. Lalu menyisipkan kata kunci pada artikel konten yang ditulis. Pastikan artikel dibuat senatural mungkin. Ramah mesin pencari dan juga ramah pembaca. 

2. SEO Off-Page

Selain mengoptimasi dari dalam website, SEO juga dilakukan dari luar website. Dengan cara menggunakan backlink dari website lain. Pastikan backlink dari website yang relevan dan kredibel. Backlink inilah yang membuktikan bahwa website anda memiliki reputasi yang baik. Sehingga layak dipilih oleh bot search engine.

Bagaimana cara mendapatkan backlink dari website profesional? Anda bisa coba strategi backlink di artikel ini. Dalam melakukan link-building untuk mendapatkan backlink, pilihlah website dengan tingkat traffic yang tinggi serta relevan dengan niche website Anda. Jangan lupa juga memastikan bahwa link yang diarahkan pada website A nda memang berkualitas.

3. SEO Technical

Yang dimaksud dengan SEO technical adalah SEO yang berhubungan dengan user experience. Ini bisa didapat dari berbagai teknik pendukung pada website. Seperti kecepatan loading website, navigasi yang baik, apakah ada sitemap atau tidak, bagaimana arsitektur situs, dan lain sebagainya.

Website dengan penataan dan penampilan yang baik akan mempermudah pengunjung untuk mengeksplor. Visitor akan betah berlama-lama pindah dari satu konten ke konten lain. Dari berbagai teknik inilah Anda bisa menarik mesin pencari untuk marayapi situs ketika ada yang mengetikkan kata kunci.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa SEO adalah hal yang wajib bagi website marketing. Dengan SEO ini Anda bisa memenangkan persaingan dengan biaya minimal. Tidak perlu memasang iklan dengan harga selangit. Dan bisa dijadikan salah satu investasi jangka panjang bagi bisnis. Jika Anda mau, Anda bisa menggunakan Jasa SEO Profesional kami. Salam sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *