Meningkatnya penggunaan smartphone untuk mengakses internet juga disebabkan oleh meningkatnya konsumsi masyarakat untuk bergabung dan mengakses konten di media sosial. Saat ini, konsumsi media sosial tidak lagi terbatas pada satu situs media sosial. Satu orang dapat memiliki beberapa akun media sosial sekaligus dari beberapa saluran, situs seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, TikTok, dan lainnya.
Bisnis membutuhkan cara untuk menangani banyak halaman media sosial dan menjangkau berbagai demografi melalui berbagai platform. Di sinilah alat manajemen media sosial dengan cakupan yang luas berperan.
Dalam artikel ini, saya akan membuat daftar beberapa Social Media Management Tools / Software terbaik untuk keperluan akun bisnis Anda. Mulai dari menangani tugas pemasaran media sosial seperti penjadwalan postingan, produksi konten, publish, reporting, dan analitik.
Apa Yang Dimaksud Social Media Management Software?
Saat ini perangkat lunak manajemen media sosial sangatlah banyak dan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan media sosial satu dengan yang lainnya. Anda juga dapat memposting konten media sosial Anda dengan menggunakan satu paltform saja.
Dalam satu Perangkat lunak juga membantu para pembisnis untuk menyingkat waktu mereka untuk memasarkan produk mereka di beberapa media sosial seperti postingan di Twitter, Facebook, Tiktok, dan Instagram dalam satu minggu ke depan atau bahkan satu bulan.
Baca Juga: Strategi Pemasaran di Social Media Instagram
Perangkat lunak manajemen media sosial biasanya juga memberikan fitur-fitur seperti alat untuk menganalisis, kampanye kesadaran merek, dan komunikasi untuk membantu tim pemasaran membuat kampanye pada media sosial secara maksimal.
Bagaimana Cara Memilih Social Media Management Yang Terbaik
Menentukan perangkat lunak yang mana yang cocok untuk digunakan Anda bisa menentukan dengan kebutuhan Anda. Tetapi cara terbaik untuk memilih perangkat lunak yang tepat bagi Anda bisa memulai dengan memperjelas prioritas dan tujuan Anda dalam menggunakan media sosial.
Kemudian Anda bisa menentukan berapa banyak media sosial yang realistis mau digunakan, dan berapa lama Anda mencurahkan waktu untuk media sosial. Selain itu Anda juga harus menentukan anggaran yang sesuai dengan kemampuan untuk menggunakan media sosial Anda.
Fitur Penting
Saat Anda memposting di media sosial Anda, postingan tersebut haruslah menarik perhatian pengikut baru dan mendorong mereka untuk terlibat. Untuk melakukan hal ini, Anda harus sering melakukan posting dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting di media sosial Anda. Berikut beberapa fitur yang harus Anda perhatikan dalam memilih perangkat lunak yang bisa membantu mempermudah Anda:
- Platform integration : Mengikuti perkembangan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, Pinterest, dan media sosial lainnya sangatlah beragam. Di saat Anda mencari perangkat lunak manajemen media sosial Anda harus memastika bahwa perangkat tersebut dapat mengelola semua akun media sosial Anda dari satu dasbor.
- Content calendar : Kalender konten secara vidual akan membantu Anda merencanakan postingan Anda dalam beberapa waktu ke depan bahkan hingga satu tahun kedepan. Anda bisa mengatur dan menjadwalkan postingan serta kampanye sesuai dengan waktu yang diinginkan agar membantu menghemat waktu Anda. Selain itu dengan adanya kalender konten Anda juga bisa merencanakan pemasaran, memantau kinerja konten media sosial Anda, dan menciptakan konsistensi postingan Anda.
- Scheduling tools : Alat penjadwalan merupakan salah satu fitur penting dan wajib dalam sebuah perangkat lunak manajemen media sosial. Setelah Anda memilah sesuai dengan konten yang ingin Anda posting dalam waktu tertentu. Akan sangat membantu dengan adanya alat penjadwalan ini untuk memposting secara otomatis dan membantu Anda untuk memikirkan konten menarik lainnya.
Baca Juga:
– Kapan Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook?
– Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Instagram?
– Kapan waktu terbaik untuk posting di LinkedIn?
- Post optimization tool : Menjadwalkan konten yang bagus memerlukan waktu. Untuk memposting dalam waktu tertentu sesuai dengan audiens ideal Anda yang sedang online untuk melihatnya akan membantu target Anda. Karena audiens media sosial berbeda-beda dan begitu juga dengan waktu untuk memposting Anda untuk mengoptimalkan audiens media sosial Anda. Menentukan perangkat lunak manajemen media sosial yang dapat membagikan konten Anda sesuai dengan waktu audiens Anda akan memastikan konten Anda sampai untuk banyak orang.
- Analytics and reporting tools : Analisis dan adanya laporan terkait konten dari kinerja media sosial Anda akan membantu Anda dalam menentukan strategi media sosial apa yang berhasil dan tepat atau strategi yang tidak berhasil.
- Keyword monitoring : Anda tidak akan bisa memantau media sosial Anda sepanjang waktu, sehingga pemantauan kata kunci sangat berperan. Pemantauan kata kunci membuat Anda bisa mengetahui semua percakapan mengenai merek bisnis Anda sehingga Anda dapat bergabung didalamnya jika Anda mau untuk membantu strategi bisnis Anda.
Jenis dan Jumlah Akun yang Dikelola
Sebagian perusahaan perangkat lunak manajemen media sosial sudah dapat terintegrasi dengan media sosial yang populer seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan LinkedIn. Tetapi tidak semua perangkat lunak manajemen media sosial dapat terintegrasi dengan aplikasi menerima pesan multiplatform seperti WhatsApp.
Sementara platform seperti Buffer dan SproutSocial memungkinkan Anda untuk menjadwalkan dan memposting teks, gambar, audio, video, dan PDF secara otomatis untuk pelanggan melalui WhatsApp.
Ukuran Perusahaan atau Tim
Sebuah perusahaan dapat menentukan manajemen media sosial mana yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan dan fitur apa saja yang ditawarkan. Karena jumlah media sosial yang ingin di kelola akan berbeda antara perusahaan skala besar dan skala kecil maupun untuk perorangan.
Soloprenur atau manajer pemasaran memiliki keterbatasan waktu dalam bertanggung jawab terhadap media sosial perusahaan yang mereka pegang. Untuk mempermudah mereka akan mencari manajemen media sosial yang memiliki fitur otomatisasi yang dapat menghemat waktu mereka dalam melakukan pekerjaan mereka.
Seiring dengan berjalannya waktu menjadwalkan postingan untuk media sosial yang mudah diatur, harga juga menjadi salah satu faktor. Harga yang terjangkau juga sangat penting untuk sebuah bisnis dengan skala kecil. Beberapa manajemen media sosial memiliki pilihan paket gratis yang kuat dan dapat digunakan yang cocok dengan pembisnis baru ataupun skala kecil yang tidak memiliki banyak anggaran.
Pelaporan dan Analisis
Disaat Anda meluangkan waktu untuk membuat konten media sosial Anda, penting untuk mengetahui apakah konten tersebut berhasil digunakan untuk bisnis Anda atau tidak. Perangkat lunak manajemen media sosial saat ini sudah banyak yang memberikan fitur laporan dan analisis. Fitur ini dapat membantu Anda untuk menguraikan laporan terhadap laba atas investasi Anda terhadap media sosial yang Anda gunakan. Dengan memberikan laporan dan analisis tersebut Anda bisa mengetahui media sosial mana yang lebih efisien.
Free vs. Paid Software
Beberapa platform manajemen media sosial memiliki paket gratis selamanya. Paket gratis selamanya ini memiliki fitur dan fungsi yang terbatas. Mereka akan membatasi jumlah pengguna, jumlah akun media sosial, dan jumlah postingan. Meskipun adanya keterbatasan pada fitur dan fungsi tetapi beberapa bisnis dengan skala kecil dapat menggunakannya dan bisa menekan anggaran sebelum mulai berlangganan.
Berbeda jika Anda berlangganan, karena berlangganan memang akan memberikan keuntungan yang lebih banyak tanpa memikirkan fitur atau fungsi yang terbatas melainkan sudah dapat menggunakan semua fitur dan fungsi dari platform tersebut. Harga berlangganan pun beragam sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyak pilihan platform yang bisa Anda pilih untuk memudahkan Anda dalam mengelola media sosial Anda.
Metodologi
Merencanakan untuk mempunyai konten yang bagus merupakan bagian dari rencana pemasaran media sosial. Namum, Anda harus mampu melihat hasil kampanye pemasaran yang di lakukan pada media sosial itu sendiri.
Manajemen media sosial yang memiliki fitur analisis dapat melaporkan hasil setiap media sosial untuk melihat keberhasilannya. Selain itu melacak percakapan yang relevan pun dibutuhkan untuk membantu memberikan keputusan bisnis yang sudah dijalankan menggunakan media sosial tersebut. Untuk memilih perangkat lunak manajemen media sosial terbaik Anda bisa memastikan terkait dengan harga yang ditawarkan, fungsi dan fiturnya juga harus menjadi faktor penting.
Berikut metode yang membantu kami untuk memberikan peringkat dalam menentukan perangkat lunak manajemen media sosial yang bisa Anda pilih:
- Gampang digunakan / diadopsi (ease of use) : Pertama dan utama adalah perangkat lunak tersebut mudah digunakan dan dinavigaiskan.
- Harga sesuai budget usaha: Kemudian untuk biaya dan ongkos menjadi salah satu faktor penentu. Versi gratis lebih diutamakan dalam menentukan peringkat memilih manajemen media sosial. Berbeda dengan paket yang berbayar, jika fitur dan fungsi yang diberikan sepadan maka bisa menjadi pilihan terbaik juga.
- Support untuk layanan bantuan : Membandingkan platform satu dengan lainnya berdasarkan opsi dukingan pelanggan mereka masuk dalam kriteria untuk mempermudah Anda menghubungi platform tersebut.
- Fitur dan Fungsi : Yang terakhir Anda bisa membandingkan berdsarkan fungsi dan fiturnya. Memberikan preferensi untuk program yang sesuai dengan kebutuhan klien Anda.
Social Media Management Tools Terbaik
Banyaknya manajemen media sosial membuat Anda bingung untuk memilih yang mana yang cocok untuk bisnis Anda. Berikut 25 tools yang bisa Anda pilih dan Anda coba sesuai dengan kebutuhan Anda :
1. Hootsuite
Hootsuite adalah platform manajemen media sosial sederhana yang memungkinkan Anda mengelola beberapa akun media sosial, akun halaman bisnis, dan profil dari satu dasbor. Hootsuite menyediakan satu dasbor dengan antarmuka web yang mudah digunakan yang tidak memerlukan instalasi khusus untuk mulai mengelola beberapa akun media sosial. Hootsuite memudahkan penjadwalan, posting, pelacakan, dan evaluasi interaksi media sosial Anda. Terlepas dari kenyataan bahwa Hootsuite menyediakan berbagai paket berbayar yang cukup fleksibel, termasuk uji coba gratis, Hootsuite mungkin kurang cocok bagi Anda yang baru saja memulai bisnis Anda karena harga berlangganannya cukup tinggi.
Fitur: Publish and schedule, Engage customers, Monitor activity, Advertise content, Analyze results, Integrations, OwlyWriter AI, Free tools
Harga: Tersedia coba gratis selama 30 hari, versi berbayar mulai dari 99 USD per bulan.
2. Buffer
Buffer adalah software sebagai layanan software-as-a-service (SaaS) yang memungkinkan Anda untuk mengelola akun media sosial Anda. Singkatnya, Buffer menyatukan berbagai akun media sosial ke dalam satu dasbor, menyederhanakan pasca produksi dan penjadwalan, memantau interaksi, mengumpulkan informasi kontak yang berharga, dan menyediakan analitik. Buffer juga mendorong tim untuk berkolaborasi dengan mengizinkan user untuk mendelegasikan tugas satu sama lain. Platform Buffer, yang tersedia di desktop, Android, dan iOS.
Fitur: Publishing, Analytics, Engagement, Start Page, AI Assistant
Harga: Tersedia versi gratis, versi berbayar mulai 6 USD per user per bulan
3. Later
Later merupakan salah satu platform yang populer dalam manajemen media sosial yang khusus dirancang untuk membantu seseorang atau perusahaan dalam berbisnis dan mengelolanya melalui media sosial. Mengoptimalkan media sosial dengan menggunakan platform yang terjadwal. Fitur yang diberikan pun sangat beragam dan mudah untuk digunakan.
Anda dapat mengundang tim untuk mengelola media sosial Anda pada platform ini. Platform ini juga memiliki keunggulan yang dimana Anda dapat mengatur pengingat atau pemberitahuan untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan postingan yang sudah direncanakan.
Fitur: Schedule tools, Linkin.bio, Content Creation, Hashtag Suggestions, Analytics
Harga: Tersedia versi gratis, versi berbayar mulai dari 25 USD per user per bulan
4. Heyday
Heyday merupakan chatbot AI yang merupakan bagian dari Hootsuite. Heyday dapat terintegrasi dengan Facebook, Instagram, Messenger, WhatsApp, Shopify, Magento, dan Salesforce. Heyday dapat menjawab pertanyaan Anda secara langsung dan instan. Selain itu platform ini dapat merekomendasikan produk untuk Anda. Apa bila pertanyaan yang Anda tanyakan spesifik dan rumit sehingga chatbot Heyday tidak dapat menjawabnya, maka secara otomatis akan disambungkan kepada manusia.
Fitur: Product Catalogue Integration, Multichannel Connections, Price Drop + Restock Notifications, Dynamic Cart Creation, Smart Dispatch, Smart Insights, FAQ automation, Unified inbox, Order tracking management, Seamless agent handoff, Canned responses and smart replies, Automated customer surveys, Unlimited agent seats, Analytics, Mobile & Desktop app
Harga: Versi berbayar dengan harga 1000 USD per bulan
5. Reputation
Reputation adalah platform NUVI sebelumnya, platform ini menyediakan visualisasi untuk data secara real-time dan memberikan wawasan untuk media sosial. Platform ini membantu Anda untuk mengambil sebuah keputusan untuk strategi media sosial Anda. Reputation juga menyediakan beberapa fitur untuk memposting dan berinteraksi melalui media sosial yang lebih efisien.
Fitur: Business Listings, Reviews & Review Booster, Surveys, Social Suite, Location Pages, Insights, Inbox, Actions, Competitive Intelligence, Integration
Harga: Tersedia versi coba gratis 30 hari
6. Sprout Social
Sprout Social adalah sebuah solusi untuk manajemen media sosial yang memungkinkan user mencapai tujuan mereka dari strategi media sosial yang telah diimplementasikan. Dalam skala besar, Sprout Social dapat meningkatkan interaksi audiens, menyederhanakan alur kerja, mem-publish, berinteraksi langsung, dan mengubah data sosial menjadi insights yang dapat ditindaklanjuti. Aplikasinya juga sangat user-friendly, karena dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan user. Sprout Social membantu Anda mengevaluasi dan memantau tren media sosial untuk memastikan konten Anda beresonansi dan waktu yang Anda habiskan lebih efisien.
Fitur: Social Analytics, Social Engagement, Social Publishing, Social Listening, Social Automation, Social Collaboration, AI & Automation
Harga: Tersedia coba gratis 30 hari, versi berbayar mulai dari 249 USD per user per bulan
7. Tailwind
Tailwind adalah manajemen media sosial yang berfokuskan hanya pada Pinterest dan Instagram. Tailwind membantu Anda untuk menjadwalkan postingan, memantai perbincangan merek Anda, dan menganalisis hasi postingan Anda. Tailwind juga dapat merekomendasikan performa Pinterest dan Instagram jika dibutuhkan. Platform ini cocok untuk pembisnis yang berfokus pada Pinterest dan Instagram karena fitur yang diberikan lebih spesifik, memiliki promosi untuk konten Pinterest dan juga manajemen konten UGC Instagram.
Fitur: Design Pinterest Pins, Design Instagram Posts & Stories, Design Facebook Posts, Create Email Marketing, Pinterest Scheduler, Instagram Scheduler, Facebook Scheduler, Hashtag Finder, Smart.bio, Communities, Social Media Analytics
Harga: Tersedia versi gratis, versi berbayar mulai dari 14.99 USD per bulan.
8. Copysmith
Copysmith AI merupakan salah satu platform yang dapat memudahkan dan membantu pekerjaan Anda. Platform ini dapat membuat halaman produk Anda pada peringkat yang tinggi secara online. Copysmith juga membantu Anda dalam memposting untuk mendapatkan audiens yang lebih luas dan besar melalui media sosial. Bagaimanapun SEO dan algoritma adalah teknologi untuk meningkatkan performa Anda, tetapi perangkat ini mengenali permainan bot untuk membantu performa media sosial Anda juga. Selain itu platform ini sangat ideal untuk sebuah merek yang memiliki departemen pemasaran dengan skala besar yang perlu melakukan kolaborasi tim.
Fitur: Integrations, AI Image Generator, Chrome Extension, API, Bulk Product Descriptions, Bulk Content Generation, Teams & Collaboration, Campaign Builder
Harga: Versi berbayar mulai dari 228 USD per tahun
9. Sprinklr
Ketersediaan sosial merupakan bagian dari rangakaian produk yang di tawarkan oleh Sprinklr untuk membantu perusahaan untuk terhubung dalam melayani pelanggan di semua saluran media sosial dengan skala yang besar. Produk ini memungkinkan semua tim bekerja sama secara efektif dan menjangkau, mendengarm dan melibatkan pelanggan melalui 25 saluran media sosial.
Fitur: Inbound Voice, Outbound Voice, Self Serve Communities, Live Chat, Conversational AI Platform, Agent Assist, Knowledge Base Software, Omnichannel routing, Unified Agent desktop, Supervisor console, Conversational IVR, Quality management, Conversational analytics, Workforce management, Reporting and analytics, Surveys, Social care, Social Listening Tool, Competitive Insights & Benchmarking, Product Insights, Location Insights, Visual Insights, Media Monitoring & Analytics, Social Publishing & Engagement, Distributed, Conversational Commerce, Ratings & Reviews, Local Social, Advocacy, Campaign Planning & Content Marketing, Marketing Analytics, Social Advertising, Sprinklr AI, AI Studio, Display, Presentations, Integrations, Sandbox, Active Data Retention, APIs
Harga: Tersedia versi coba gratis 90 hari, versi berbayar mulai dari 249 USD per bulan.
10. Brandwatch
Brandwatch adalah sebuah platform intelijen untuk konsumen yang memberikan sebuah data histori secara real-time yang relevan untuk Anda dan merek Anda. Platform ini membantu untuk menganalisis gambar agar dapat mengenali sesuatu yang mungkin membuat Anda peduli dan membandingkan minat dari berbagai kelompok audiens Anda.
Fitur: Market researchers, marketers, Social media managers, Analysts, Agencies, and Content Marketers.
Harga: Versi berbayar mulai dari 1000 USD per bulan dan hubungi Brandwatch untuk kostum kebutuhan Anda
11. Agorapulse
Agorapulse adalah alat manajemen media sosial khusus lainnya, yang dirancang untuk membantu agensi dan bisnis dalam memposting dan memantau konten mereka melalui berbagai platform media sosial. Anda dapat menjadwalkan konten Anda, atau mengunggah banyak postingan menggunakan metode penjadwalan serbaguna. Ada juga kotak masuk sosial tempat Anda dapat melacak respond atas konten Anda, @mention, dan pesan relevan lainnya. Sebagai tambahan, tentu saja Agorapulse ini juga menawarkan fitur reporting atau pelaporan mengenai performa konten dan analisis data dari interaksi denga follower Anda.
Fitur: Intuitive Publishing, Social Listening, Insightful Analytics, Social Media ROI
Harga: Tersedia coba gratis, versi berbayar mulai dari 49 USD per bulan.
12. SocialBee
SocialBee merupakan sebuah perangkat manajemen media sosial yang tidak sulit untuk digunakan. Platform ini menjanjikan Anda untuk mendapatkan banyak prospek dengan tidak banyak bekerja. Fungsi utama dari platform ini membantu Anda untuk menambah, mengatur, dan membagikan konten diberbagai media sosial dari satu platform bahkan dapat diintegrasikan dengan Buffer. Fitur utama yang disukai penggunanya adalah mendaur ulang konten yang sudah pernah digunakan untuk tetap menjaga media sosial Anda tetap bagus.
Fitur: Management, Content Creation, AI Post Generation, Scheduling, Publishing, Engagement, Analytics, Collaboration
Harga: Tersedia coba gratis selama 14 hari, versi berbayar mulai dari 29 USD per bulan
13. Adobe Creative Cloud Express
Adobe Express sangat ramah untuk digunakan dan memudahkan Anda untuk memposting dan membuat video yang menarik. Memberikan visualisasi yang mengagumkan yang merupakan bagian penting dari strategi dan ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit video dan foto. Adobe Express ini juga memiliki banyak stok gambar, template, dan efek yang diberikan secara gratis.
Fitur: Remove background, Resize image, convert to JPG, Convert to PNG, Convert to SVG, Crop image, Convert video to GIF, Convert Video to MP4, Crop Video, Trim video, Resize video, Merge video, Creat PDF, Export PDF, Combine PDF, Convert PDF, Edit PDF, Organize PDF, Create QR Code.
Harga: Tersedia versi gratis, versi berbayar mulai dari 9.99 USD per bulan
14. Khoros
Khoros sebelumnya adalah Spredfast yang merupakan perangkat lunak media sosial yang bisa digunakan beberapa perusahaan besar di dunia untuk menangani semua aspek manajemen media sosial yang mereka butuhkan.
Fitur: Publishing, Content, Planning, Reporting, Proactive risk management, Labeling, Moderation, Approvals, Collaboration, Global calendar, Simple, secure point of entry, Social redisplay.
Harga: Kontak Khoros untuk mendapatkan harga.
15. Zoho Social
Zoho Social adalah salah satu software untuk mengatur platform media sosial Anda dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan agensi untuk membantu memperluas jangkauan media sosial mereka. Beberapa fitur andalan yang dimiluki Zoho Social adalah analisis media sosial, pelaporan yang dapat dipersonalisasi, berinteraksi di media sosial secara real time, fitur untuk berkoordinasi dengan tim kerja, penjadwalan konten, dan kalender social media.
Fitur: Publishing, Scheduling, Monitoring, Analytics, Collaboration, Inbox , Zia -AI Assistant, CRM Integration, Desk Integration, Canva Integration, Facebook Lead Ads, LinkedIn Lead Ads, Mobile, zShare Browser Extension
Harga: Versi berbayar mulai dari 8.77 USD per bulan.
16. Sendible
Sendible adalah platform manajemen media sosial yang menyederhanakan proses dari perencanaan, kolaborasi sampai pada tahap interaksi. Platform ini dirancang khusus bagi perusahaan atau brand yang sudah establish dengan baik dan cocok untuk agency marketing yang berfokus pada social media marketing. Beberapa fitur utama Sendible adalah mendapatkan insights dari akun media sosial Anda, fitur kalender konten, intgrasi inbox semua akun media sosial, fitur kolaborasi dengan tim kerja, fitur penjadwalan konten otomatis dan CRM sosial.
Fitur: Dashboard, Publishing, Collaboration, Analytics, Monitoring, Mobile, Integrations.
Harga: Tersedia coba gratis, versi berbayar mulai dari 29 USD per bulan.
17. CoSchedule
CoSchedule adalah kalender editorial untuk kegiatan pemasaran yang dirancang dengan dengan sangat baik. CoSchedule ini dapat digabungkan dengan WordPress, media sosial, Google Kalender, analitik, dan banyak lagi! Platform ini mengotomatiskan semua posting media sosial dan juga secara otomatis. Selain itu, fitur penjadwalan kontennya adalah salah satu yang terbaik. Dengan menggunakan CoSchedule, beberapa aktivitas kampanye marketing Anda serta social media dapat berjalan dengan otomatis.
Fitur: Headline Analyzer, Email Subject Line Tester, Social Message Optimizer, Marketing Dictionary, Title Generator
Harga: Tersedia versi gratis, versi berbayar mulai dari 19 USD per bulan
18. SocialPilot
SocialPilot adalah salah satu platform terbaik saat ini untuk mengelola akun media sosial. Yahoo, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Google Bisnisku, Tumblr, VK, dan Tik Tok. SocialPilot memiliki fitur yang sangat beragam. Mulai dari analitik, publish konten otomatis, manajemen konten, pemantauan konversi, manajemen multi-akun, hingga penjadwalan postingan di berbagai akun media sosial. Tentu saja, dengan bantuan platform ini, seluruh pekerjaan Anda untuk mengedit, dan memposting semua konten akan menjadi lebih mudah.
Yang paling saya sukai dari SocialPilot adalah platform ini memiliki skema harga yang baik dan lebih affordable ketimbang Hootsuite (yang akan saya bahas di nomer 2). Karena skema harganya cukup baik, semua kalangan dari bisnis kecil, menengah hingga skal enterprise dapat berlangganan paket berbayarnya juga. Eits, ada juga 14 hari uji coba SocialPilot GRATIS!
Fitur: Social Media Calendar, AI Assistant, Team Management, Advanced Reports, Browser Extension, Bulk Scheduling, Content Library, Client Management, Approvals On-The-Go, Integrations.
Harga: Tersedia coba gratis selama 14 hari, versi berbayar mulai dari 25.50 USD per user per bulan.
19. Crowdfire
Crowdfire merupakan salah satu perangkat manajemen media sosial yang selalu mencoba untuk memberikan fitur tambahan setiap tahunnya. Selain memudahkan Anda untuk menjadwalkan konten Anda. Platform ini juga dapat menyarankan Anda mengenai artikel yang cocok untuk dibagikan. Platform ini menonjol karena dapat menghubungkan blog, YouTube, dan toko online Anda.
Fitur: Content, Publish, Analytics, Mention
Harga: Tersedia versi gratis, versi berbayar mulai dari 7.48 USD per bulan
20. Oktopost
Oktopost merupakan platform manajemen media sosial yang digunakan untuk pemasaran B2B untuk menghasilkan prospek yang lebih banyak melalui media sosial dan dapat mengukur nilai bisnis dari media sosial tersebut. Oktopost memiliki semua fitur yang mampu mempromosikan hingga advokasi karyawan.
Fitur: Social Publishing, Social Analytics, Social Listening, Employee Advocacy, Community Management, Integrations, Security.
Harga: Menghubungi Oktopost untuk harga.
21. eClincher
Sama seperti banyaknya perangkat manajemen media sosial, eClincher membantu Anda untuk menjadwalkan dan mempublikasikan postingan, membalas pesan dan menganalisis performa media sosial Anda. Berbeda dari perangkat lain, eClincher memungkinkan Anda memposting secara otomatis dengan antrian dan umpan RSS, kemudian memiliki pustaka media untuk gambar Anda dan juga dapat mencari para pemberi pengaruh untuk media sosial Anda.
Fitur: Publishing & Advertising, Visual Calendar, Engagement, Listening & Monitoring, Advanced Analytics, Competitor Benchmarking, Collaboration & Approval.
Harga: Tersedia coba gratis selama 14 hari, versi berbayar mulai dari 65 USD per bulan
22. MeetEdgar
MeetEdgar adalah platform yang membantu Anda dalam menjadwalkan postingan ada pada media sosial untuk memasarkan produk Anda di media sosial. Platform ini menawarkan berbagai saluran media sosial untuk digunakan dan postingan tersebut sudah terotomatisasi.
Platform ini mampu menggunakan konten yang sama dan juga dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda dan membagikan ulang konten yang sudah pernah digunakan.
Fitur: Automation, Audience engaged, Evergreen content, Auto-generate, Monitor engagement, A/B test variations
Harga: Tersedia coba gratis, versi berbayar mulai dari 24.91 USD per bulan.
23. Archivesocial (Civicplus)
Apakah Anda pernah mengalamin postingan yang hilang begitu saja di media sosial Anda? Archivesocial dapat merekam semua kinerja yang terjadi pada media sosial Anda, sehingga Anda tetap memiliki postingan, disukai, dan komentar dari pelanggan Anda. Aplikasi ini membantu untuk menyimpan bukti-bukti agar postingan Anda tetap ada dan tidak hilang karena hukum online terkenal akan terus berubah-ubah.
Archivesocial merupakan salah satu produk dari Civicplus.
Fitur: Alerts and Analytics, Blocked Lists, Compliant Supervision Tools, Comprehensive Archiving, Near Real-Time Capture, Advanced Search, Active Monitoring, Ensuring Compliance.
Harga: Menghubungi Civicplus untuk request harga.
24. Post Planner
Post Planner memiliki tiga pekerjaan utama yaitu menemukan konten dengan kualitas tinggi, menjadwalkan posting, dan memposting secara konsisten. Platform ini membantu Anda dalam membuat jadwal sesuai dengan tipe konten yang direncanakan. Dengan fitur Find, Post Planner dapat digunakan dengan mudah untuk menemukan konten yang dapat menarik perhatian orang. Anda juga dapat memilih jenis konten untuk di posting pada media sosial Anda.
Fitur: Connect, Discover, Design, Categorize, Create, Schedule, Analyze, Mobile.
Harga: Tersedia coba gratis, verso berbayar mulai 3 USD per bulan.
25. Canva
Canva adalah salah satu platform yang sangat populer. Canva dapat digunakan berbasis web atau melalui smartphone Anda dimana saja dan kapan saja jika memiliki koneksi internet yang cukup kuat. Platform ini membantu Anda untuk bisa membuat berbagai materi untuk media sosial Anda mulai dari poster, video, kartu ucapan, brosur, presentasi, grafik, dan masih banyak lagi. Template yang diberikan juga beragam dan Anda bisa mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.
Baca Juga: Review Canva – Apakah masih layak digunakan?
Fitur: Curved text generator, Photo effects, Image enhancer, Add frames to photos, Add text to photos, Online video recorder, Video trimmer, Convert videos to MP4
Harga: Tersedia versi gratis, versi berbayar mulai dari 49 USD per bulan
Kesimpulan
Demikian 25 Social Media Management Platform/ Software Terbaik yang dapat saya bagikan kepada Anda semua. Yang perlu diingat adalah setelah Anda berlangganan software dalam daftar ini, Anda harus brainstorming dan diskusi dengan tim social media Anda untuk merencanakan konten apa saja yang akan Anda publish di akun bisnis social media brand Anda. Anda bisa mulai dengan merencanakan kalender editorial dengan kalender editorial template atau juga menggunakan bantuan project management Monday.com.
Selamat mencoba dan semoga sukses!
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!
Penulis: Yoan Letsoin dan Monika Tanaya
Editor: Yoan Letsoin
Baca juga:
- Daftar Social Media Terpopuler Saat Ini Untuk Bisnis Anda
- Cara jualan di sosial media lewat sales funnel (Instagram, Facebook, TikTok, LinkedIn)
- Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook
- Waktu yang Tepat untuk Posting di Instagram
- Kapan waktu terbaik untuk posting di LinkedIn?
Terimakasih sudah berbagi ilmu, sukses selalu untuk marketingonline.id.
Terima kasih sudah mampir Kak Mawardi. Salam sukses juga untuk Kakak.
Yoan
kalo software share ke multi sosmed ada ga gan?
Hi Adjie,
Maksud Kakak Social Share Plugins dari web ke social media? Mungkin kalau pakai WordPress, bisa masuk ke Plugins dan search “social shares” nanti akan muncul rekomendasi appnya yang gratis dan berbayar.
Namun, jika yang kakak maksud adalah scheduling software untuk publish di social media secara serentak, bisa cek rekomendasi list software yang sudah saya list di artikel ya.
Selamat mencoba, semoga sukses.
Regards,
Yoan Letsoin