Meningkatnya penggunaan smartphone untuk mengakses internet juga disebabkan oleh meningkatnya konsumsi masyarakat untuk bergabung dan mengakses konten di media sosial. Saat ini, konsumsi media sosial tidak lagi terbatas pada satu situs media sosial. Satu orang dapat memiliki beberapa akun media sosial sekaligus dari beberapa saluran, situs seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, TikTok, dan lainnya.
Bisnis membutuhkan cara untuk menangani banyak halaman media sosial dan menjangkau berbagai demografi melalui berbagai platform. Di sinilah alat manajemen media sosial dengan cakupan yang luas berperan.
Dalam artikel ini, saya akan membuat daftar beberapa Social Media Management Tools / Software terbaik untuk keperluan akun bisnis Anda. Mulai dari menangani tugas pemasaran media sosial seperti penjadwalan postingan, produksi konten, publish, reporting, dan analitik.
1. SocialPilot

SocialPilot adalah salah satu platform terbaik saat ini untuk mengelola akun media sosial. Yahoo, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Google Bisnisku, Tumblr, VK, dan Tik Tok. SocialPilot memiliki fitur yang sangat beragam. Mulai dari analitik, publish konten otomatis, manajemen konten, pemantauan konversi, manajemen multi-akun, hingga penjadwalan postingan di berbagai akun media sosial. Tentu saja, dengan bantuan platform ini, seluruh pekerjaan Anda untuk mengedit, dan memposting semua konten akan menjadi lebih mudah.
Yang paling saya sukai dari SocialPilot adalah platform ini memiliki skema harga yang baik dan lebih affordable ketimbang Hootsuite (yang akan saya bahas di nomer 2). Karena skema harganya cukup baik, semua kalangan dari bisnis kecil, menengah hingga skal enterprise dapat berlangganan paket berbayarnya juga. Eits, ada juga 14 hari uji coba SocialPilot GRATIS!

2. Hootsuite

Hootsuite adalah platform manajemen media sosial sederhana yang memungkinkan Anda mengelola beberapa akun media sosial, akun halaman bisnis, dan profil dari satu dasbor. Hootsuite menyediakan satu dasbor dengan antarmuka web yang mudah digunakan yang tidak memerlukan instalasi khusus untuk mulai mengelola beberapa akun media sosial. Hootsuite memudahkan penjadwalan, posting, pelacakan, dan evaluasi interaksi media sosial Anda. Terlepas dari kenyataan bahwa Hootsuite menyediakan berbagai paket berbayar yang cukup fleksibel, termasuk uji coba gratis, Hootsuite mungkin kurang cocok bagi Anda yang baru saja memulai bisnis Anda karena harga berlangganannya cukup tinggi.
3. Buffer

Buffer adalah software sebagai layanan software-as-a-service (SaaS) yang memungkinkan Anda untuk mengelola akun media sosial Anda. Singkatnya, Buffer menyatukan berbagai akun media sosial ke dalam satu dasbor, menyederhanakan pasca produksi dan penjadwalan, memantau interaksi, mengumpulkan informasi kontak yang berharga, dan menyediakan analitik. Buffer juga mendorong tim untuk berkolaborasi dengan mengizinkan user untuk mendelegasikan tugas satu sama lain. Platform Buffer, yang tersedia di desktop, Android, dan iOS.
4.Sprout Social

Sprout Social adalah sebuah solusi untuk manajemen media sosial yang memungkinkan user mencapai tujuan mereka dari strategi media sosial yang telah diimplementasikan. Dalam skala besar, Sprout Social dapat meningkatkan interaksi audiens, menyederhanakan alur kerja, mem-publish, berinteraksi langsung, dan mengubah data sosial menjadi insights yang dapat ditindaklanjuti. Aplikasinya juga sangat user-friendly, karena dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan user. Sprout Social membantu Anda mengevaluasi dan memantau tren media sosial untuk memastikan konten Anda beresonansi dan waktu yang Anda habiskan lebih efisien.
5. CoSchedule

CoSchedule adalah kalender editorial untuk kegiatan pemasaran yang dirancang dengan dengan sangat baik. CoSchedule ini dapat digabungkan dengan WordPress, media sosial, Google Kalender, analitik, dan banyak lagi! Platform ini mengotomatiskan semua posting media sosial dan juga secara otomatis. Selain itu, fitur penjadwalan kontennya adalah salah satu yang terbaik. Dengan menggunakan CoSchedule, beberapa aktivitas kampanye marketing Anda serta social media dapat berjalan dengan otomatis.
6. Zoho Social

Zoho Social adalah salah satu software untuk mengatur platform media sosial Anda dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan agensi untuk membantu memperluas jangkauan media sosial mereka. Beberapa fitur andalan yang dimiluki Zoho Social adalah analisis media sosial, pelaporan yang dapat dipersonalisasi, berinteraksi di media sosial secara real time, fitur untuk berkoordinasi dengan tim kerja, penjadwalan konten, dan kalender social media.
7. Sendible

Sendible adalah platform manajemen media sosial yang menyederhanakan proses dari perencanaan, kolaborasi sampai pada tahap interaksi. Platform ini dirancang khusus bagi perusahaan atau brand yang sudah establish dengan baik dan cocok untuk agency marketing yang berfokus pada social media marketing. Beberapa fitur utama Sendible adalah mendapatkan insights dari akun media sosial Anda, fitur kalender konten, intgrasi inbox semua akun media sosial, fitur kolaborasi dengan tim kerja, fitur penjadwalan konten otomatis dan CRM sosial.
8. Agorapulse

Agorapulse adalah alat manajemen media sosial khusus lainnya, yang dirancang untuk membantu agensi dan bisnis dalam memposting dan memantau konten mereka melalui berbagai platform media sosial. Anda dapat menjadwalkan konten Anda, atau mengunggah banyak postingan menggunakan metode penjadwalan serbaguna. Ada juga kotak masuk sosial tempat Anda dapat melacak respond atas konten Anda, @mention, dan pesan relevan lainnya. Sebagai tambahan, tentu saja Agorapulse ini juga menawarkan fitur reporting atau pelaporan mengenai performa konten dan analisis data dari interaksi denga follower Anda.
Kesimpulan
Demikian 8 Social Media Management Platform/ Software Terbaik yang dapat saya bagikan kepada Anda semua. Yang perlu diingat adalah setelah Anda berlangganan software dalam daftar ini, Anda harus brainstorming dan diskusi dengan tim social media Anda untuk merencanakan konten apa saja yang akan Anda publish di akun bisnis social media brand Anda. Anda bisa mulai dengan merencanakan kalender editorial dengan kalender editorial template atau juga menggunakan bantuan project management Monday.com.
Selamat mencoba dan semoga sukses!
Baca juga:
Terimakasih sudah berbagi ilmu, sukses selalu untuk marketingonline.id.
Terima kasih sudah mampir Kak Mawardi. Salam sukses juga untuk Kakak.
Yoan
kalo software share ke multi sosmed ada ga gan?
Hi Adjie,
Maksud Kakak Social Share Plugins dari web ke social media? Mungkin kalau pakai WordPress, bisa masuk ke Plugins dan search “social shares” nanti akan muncul rekomendasi appnya yang gratis dan berbayar.
Namun, jika yang kakak maksud adalah scheduling software untuk publish di social media secara serentak, bisa cek rekomendasi list software yang sudah saya list di artikel ya.
Selamat mencoba, semoga sukses.
Regards,
Yoan Letsoin