Berapa Standar Gaji Digital Marketer di Indonesia?

Berapa gaji digital marketing di indonesia

Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya

Banyaknya UMKM yang go digital dan perusahaan startup membuat profesi digital marketer kian diminati. Bahkan beberapa perusahaan unicorn memberi tawaran gaji digital marketing dengan jumlah yang fantastis.

Besarnya jumlah gaji digital marketer ini bukan berarti hanya sekedar fenomena ‘latah’ saja, tapi karena tugas seorang pemasar digital tidak hanya meningkatkan penjualan saja melainkan juga meningkatkan brand awareness dan citra perusahaan secara maksimal. Tertarik dengan gaji digital marketing? Tapi sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu digital marketing lengkap dengan ruang lingkup kerja karir digital marketer.

Apa Itu Digital Marketing?

Secara sederhana, yang dinamakan dengan digital marketing adalah pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan media internet. Sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai internet marketing.

Pemilihan digital marketing bukan berarti tanpa alasan, pemasaran internet membutuhkan biaya yang lebih kecil dengan konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional.

Tidak hanya bagaimana meningkatkan penjualan dan profit, digital marketing juga digunakan untuk kampanye mengenalkan perusahaan pada khalayak ramai, media branding, meningkatkan brand awareness, memperbaiki citra perusahaan, mengkomunikasikan visi, misi, dan tujuan perusahaan.

Baca juga: Panduan Belajar Konsep Digital Marketing Untuk Pemula

Inilah mengapa tugas digital marketer juga luas, mulai dari mencari target market, menganalisis pesaing, mencari konten marketing yang sesuai, menganalisis kampanye dan iklan dengan berbagai tool, meningkatkan visibilitas website, meningkatkan ranking dan traffic website, serta berbagai aktifitas lainnya yang mendukung.

Kebutuhan Akan Praktisi Digital Marketing

demand dan kebutuhan praktisi digital marketing

Berdasarkan data dari Indonesian E-commerce Consumer Behavior Report , bahwa terdapat pada tahun 2021 terdapat peningkatan konsumen e-commerce selain di kota-kota besar seperti Jakarta sebesar 4% lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2020. Dari segi usia, kelompok yang berusia 36 tahun keatas mengalami peningkatan konsumen sebanyak 3%.

Hal ini menunjukkan peningkatan kenyamanan transaksi e-commerce sejak pandemi pada 2020. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah juga turut memberi andil pada peningkatan ini.

Dari data ini bisa disimpulkan bahwa kebutuhan akan digital marketing menjadi semakin penting, sebab trend peningkatan ini terus berjalan saat ini, sehingga profesi digital marketing semakin luas dibutuhkan bagi bisnis-bisnis untuk tetap menjaga eksistensinya.

Keuntungan Menjadi Digital Marketer

gaji digital marketer

Tersebarnya pengguna smartphone dan tablet dalam beberapa tahun terakhir, meningkatkan potensi pemasaran digital di Indonesia lebih tinggi lagi. Hal ini mendatangkan keuntungan pada profesi digital marketing. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Bidang Digital Marketing yang Beragam

Bertambahnya jumlah pengguna internet di Indonesia membuat para developer produk digital berlomba membuat platform yang menarik. Tujuannya beragam, mulai dari memberi hiburan, hingga menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Sosial media, aplikasi, dan berbagai produk digital semakin bertambah dan tentu saja, ini akan mempengaruhi bertambahnya bidang digital marketing.

Baca juga: Panduan Lengkap Teknik Optimasi Social Media

Perkembangan ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang berprofesi sebagai digital marketer, karena peluang berkembang dengan gaji yang fantastis juga turut bertambah.

2. Kompensasi yang Baik

Perusahaan berani memberikan kompensasi yang baik bagi digital marketing yang handal. Karyawan bidang pemasaran internet bisa mengantongi gaji bersih sebulan rata-rata 6 juta. Namun angka ini tidak pasti tergantung dari besar kecilnya skala perusahaan, lokasi perusahaan, serta bidang spesifikasi digital marketing yang dikerjakannya. Kompensasi ini lebih besar dibandingkan dengan karyawan bidang lainnya.

Inilah alasan mengapa banyak kampus yang membuka jurusan digital marketing hingga jenjang S2. Karena banyaknya perusahaan yang berani memberikan kompensasi yang tinggi, membuat banyak mahasiswa yang lebih memilih jurusan digital marketing untuk masa depan yang lebih baik.

3. Kesempatan Berkembang Lebih Besar

Perkembangan internet semakin pesat dan masif, ini berarti karir digital marketer juga akan semakin berkembang. Apalagi ketika kehidupan manusia sudah bergantung pada internet. Keberadaan digital marketer yang handal akan terus dicari untuk perkembangan bisnis yang lebih baik lagi.

5 Poin yang Menjadi Pertimbangan Gaji Praktisi Digital Marketer

pertimbangan gaji standard digital marketing

Gaji digital marketing antara satu perusahaan dengan perusahaan lain memang tidak sama. Ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan jumlah gaji mereka, antara lain :

1. Latar Belakang Pendidikan

Sebenarnya ilmu digital marketing bisa dipelajari secara otodidak, dengan membaca artikel di Google, melihat video di YouTube, atau mengikuti berbagai kursus online digital marketing.

Namun latar belakang pendidikan juga mempengaruhi besar kecilnya gaji seorang digital marketing. Mereka yang memiliki ijazah dan sertifikasi digital marketing dari pendidikan formal akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima kerja dengan gaji yang lebih besar.

2. Portfolio

Pendidikan tinggi tanpa portofolio yang mumpuni juga tidak menjamin seseorang memiliki kemampuan digital marketing yang baik. Jika Anda memiliki portofolio maka peluang Anda akan lebih besar dan lebih dapat meyakinkan pemberi kerja atau klien Anda.

Karyawan yang telah memiliki lebih banyak jam terbang sebagai digital marketing biasanya memiliki standar gaji yang lebih tinggi, karena kemampuan, kompetensi, profesionalitas dan integritas mereka tidak diragukan lagi. Hal ini menyebabkan perusahaan berani memberi gaji tinggi untuk performa yang lebih baik.

Pro Tip: Jika Anda sudah terjun menjadi digital marketer, jangan lupa untuk mendokumentasi setiap proyek Anda dengan bantuan platform seperti Canva. Memiliki ready-to-share portfolio akan sangat memudahkan Anda di kemudian hari.

3. Skill digital marketing

Semakin banyak skill digital marketing yang Anda kuasai, maka semakin tinggi pula gaji yang bisa Anda peroleh. Contoh sederhana, jika hanya bisa menguasai skill sosial media marketing saja, maka gaji yang Anda dapatkan hanya sebatas staff untuk mengurus sosial media marketing saja.

Tapi jika skill Anda lebih banyak, maka gaji atau bayaran yang akan Anda dapatkan juga lebih banyak seperti menguasai bidang SEO spesialist, content strategis, SEO writer, paid media spesialist, email marketing spesialist, automation dan lain sebagainya.

4. Lokasi

Lokasi perusahaan juga mempengaruhi besar kecilnya gaji digital marketing. Perusahaan di ibu kota akan memberikan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang ada di tingkat kabupaten dan kota. Ini terkait dengan jumlah UMR yang berbeda antara ibu kota provinsi dan kota kabupaten. Jadi akhirnya lokasi perusahaan dan pemberik kerja akan menyebabkan perbedaan gaji pada tiap karyawan, termasuk staff digital marketing.

5. Jenis Perusahaan

Selain lokasi, besar kecilnya skala perusahaan juga mempengaruhi besar kecilnya gaji di bidang digital marketing. Gaji staff digital marketing di perusahaan sebesar Gojek, Tokopedia tentu berbeda dengan perusahaan UMKM yang baru saja di rintis.

Nah, jika ingin mendapat gaji yang lebih besar, pilihlah perusahaan-perusahaan multi international, B2B dan unicorn lainnya. Namun untuk bisa masuk menjadi tim di sana tidaklah mudah, harus memiliki skill digital marketing yang berkompeten.

Rata Rata Minimal Gaji Digital Marketing Berdasarkan Jenis Pekerjaannya

Rata Rata Minimal Gaji Digital Marketing Berdasarkan Jenis Pekerjaannya

Dari paparan di atas bisa diketahui betapa luasnya ruang lingkup kerja digital marketing. Berikut akan dibahas jumlah standar gaji digital marketing di Indonesia berdasarkan berbagai sumber:

1. SEO dan Digital Marketing Specialist

Yaitu karyawan yang tugasnya meningkatkan penjualan dengan menguasai halaman pertama mesin pencarian. Dengan berada di halaman pertama google, website akan lebih mudah ditemukan oleh audiens. Gaji SEO spesialist beragam, namun rata-rata (minimal) berkisar Rp 6.000.000 – Rp. 10.000.000. Jumlah itu bisa berbeda pada tiap perusahaan tergantung dari beberapa faktor di atas.

2. Social Media Manager

Sosial media manajer bertugas untuk membuat dan melaksanakan marketing plan melalui sosial media. Menganalisis konten pesaing, mencari kata kunci, membuat konten sesuai target market, menjadwalkan posting konten, menganalisis kinerja konten, lalu melaporkannya pada pihak yang memerlukan laporan terkait sosial media marketing.

Rata-rata gaji digital marketing social media manajer adalah Rp 7.000.000 Nilai ini bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung faktor lain yang mempengaruhi.

3. Content Strategist

Anda merasa memiliki kemampuan menjadi seorang content strategist? Asah terus kemampuan itu, karena kabar baiknya, gaji content strategis di Indonesia bisa mencapai Rp 5.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan.

Content strategist bertugas menentukan konten yang sesuai dengan target market, dimana konten tersebut akan diposting dan dalam jangka waktu berapa lama. Memang terlihat sederhana, tapi ini cukup rumit.

4. E-commerce Specialist

Tugas e-commerce spesialist tidak jauh beda dengan sosial media spesialist, yakni merancang konten yang sesuai dengan target market. Yang membedakan adalah ruang lingkup pekerjaan e-commerce spesialist lebih luas.

Tidak hanya untuk sosial media saja, tapi juga platform lain seperti website, email marketing, dan lain sebagainya. Memang lebih rumit. Wajar saja, karena gaji e-commerce per bulan minimal mencapai Rp 6.000.000 – Rp. 7.000.000

5. Digital Marketing Analyst

Bertugas memprediksi tren penjualan dan pemasaran, survei terhadap konsumen, menganalisis pesaing, dan menentukan cara paling efektif untuk mengumpulkan data dengan media digital. Dengan tugas yang cukup berat seperti ini, wajar jika gaji digital marketing analyst bisa mencapai Rp 10.000.000 dalam satu bulan.

6. Content Marketing Manager

Content marketing manager bertanggung jawab pada semua proses pemasaran dan branding produk dan perusahaan secara keseluruhan. Maka tak heran jika gaji per bulan bisa mencapai Rp 10.000.000 hingga Rp 12.000.000 juta.

7. Marketing Automation Specialist

Bertugas menjalankan semua perangkat dan tool digital yang bertugas menjalankan semua proses pemasaran multifungsional dari semua saluran bisnis yang ada. Rata-rata gaji seorang marketing automation spesialist di Amerika mencapai 1 milyar per tahun. Bagaimana? Tertarik?

8. Digital Marketing Manager

Hampir sama seperti content marketing manager, digital marketing manager juga bertanggung jawab pada semua proses pemasaran secara digital. Tidak hanya konten saja, tapi juga marketing plan dan lain sebagainya. Rata-rata gaji yang didapatkan antara Rp 12.000.000 hingga Rp 18.000.000 per bulan.

9. Paid Media Specialist

Bergaji Rp 60.000.000 per tahun. Paid media spesialist bertugas menjalankan promosi media sosial dengan iklan berbayar. Berfikir bagaimana dengan biaya iklan minimal bisa mendapat konversi yang maksimal.

10. Pay-Per-Click Analyst

Yaitu profesi yang bertugas menyusun strategi untuk mendatangkan pelanggan dengan menggunakan sistim pay-per-click. Bagaimana menyusun konten dan meletakkan iklan agar mudah diklik oleh audiens. Gaji digital marketing sebagai pay-per-click analyst berkisar antara Rp 4.4000.000 hingga Rp 6.500.000 per bulan.

11. Email-Marketing Specialist

Bertugas membuat konten untuk email marketing, mengirim email pada target market, dan menjadwalkan pengiriman email secara berkala. Gaji seorang email digital marketing memiliki gaji sebesar Rp 5.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulan.

Penutup

Gaji digital marketing memang cukup tinggi, karena tugas dan tanggung jawab yang dijalankan akan menentukan arah dan perkembangan perusahaan di kemudian hari. Namun perlu diketahui bahwa besarnya gaji tidak sama, tergantung dari lokasi perusahaan, skill yang dimiliki, latar belakang pendidikan, skala perusahaan, dan spesifikasi job disk yang dijalankan.

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!



Penulis: FA

About The Author

1 tanggapan pada “Berapa Standar Gaji Digital Marketer di Indonesia?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *