Cara Muncul di Halaman Pertama dan Menjadi Nomor Satu di Google

Cara Menjadi Nomor Satu di Google

Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya

Website mana yang tidak ingin tampil di halaman pertama? Dengan berada di halaman pertama, situs akan lebih mudah ditemukan. Semakin tinggi traffic, semakin tinggi pula konversi atau penjualan yang bisa didapatkan. Maka tak heran jika banyak pemilik website mencari tahu cara menjadi nomor satu di google.

Lewat artikel kali ini kami akan membahas cara-cara jitu agar blog dan website Anda muncul di halaman pertama dan posisi satu Google!

Mengapa Nomor Satu di Google Sangat Penting?

Menjadi nomor satu dalam banyak hal akan memberikan banyak keuntungan, termasuk juga menjadi website nomor satu di halaman pertama Google. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain :

1. Rasio CTR% Lebih Tinggi

Click Through Rate (CTR) adalah jumlah klik yang didapat dari hasil pencarian keyword pada search engine . CTR yang tinggi mengindikasikan bahwa website atau blog memang relevan dengan apa yang mereka cari.

Jumlah CTR di halaman pertama

Website yang berada di halaman pertama mesin pencarian memperoleh kesempatan mendapat CTR lebih tinggi dibandingkan dengan di halaman berikutnya. Hal ini dikarenakan perilaku dasar audiens akan lebih memilih membuka link di halaman pertama posisi pertama dibandingkan membuka halaman selanjutnya.

2. Mendapat Exposure Langsung

Secara sederhana, yang dinamakan dengan exposure adalah perhatian atau atensi yang didapat dari konten yang ada di website atau media sosial. Exposure yang didapat website akan mempengaruhi exposure bisnis secara langsung. Perhatian audiens akan lebih tertarik pada website di halaman pertama Google, karena terlihat lebih profesional dan kredibel.

Salah satunya adalah persaingan e-commerce marketplace. Coba Anda perhatikan hasil pencarian kata kunci ‘laptop’ di atas. Anda akan melihat tiga perusahaan e-commerce marketplace besar Indonesia berkompetisi untuk posisi pertama. Apakah Anda mengenal brand Tokopedia, Blibli dan Bhinneka? Dengan muncul di halaman pertama dengan posisi pertama hingga ketiga, brand Anda akan lebih dikenal.

3. Traffic Share di Posisi Teratas

Dan inilah keuntungan menjadi nomor satu, yaitu mendapat traffic share yang tinggi. Jika ingin membagikan sebuah situs, audiens jelas akan memilih membagikan situs di halaman pertama. Kepercayaan audiens akan situs di peringkat pertama dan halaman pertama sangatlah tinggi. Setelah merasa tertarik dengan informasi yang disajikan, tanpa pikir panjang, apalagi membuka website di halaman lainnya, mereka akan langsung membagikannya di sosial media atau di tempat lainnya.

Cara Melihat Ranking di Search Engine

Google Search Console interface

Untuk mengetahui terkait ranking website Anda yang ada di Google, Anda bisa melihatnya di Google Search Console. Pilih halaman performance, lalu klik lagi new-page dan masukkan link URL konten yang akan dianalisis. Dari sini Anda bisa melihat, rata-rata posisi artikel konten pada Google untuk semua keyword yang ada.

Berbeda lagi jika hanya ingin mengetahui satu kata kunci saja. Tinggal klik new-query, lalu masukkan kata kunci yang ingin dicari. Dari sinilah Anda bisa mengetahui posisi ranking di halaman mesin pencarian.

Selain itu Anda juga dapat melakukan audit website Anda secara sederhana dengan menggunakan Google Search Console.

Hasil Pencarian Google Berbeda Di Setiap Device, Negara (Lokasi) Untuk Kata Kunci yang Sama

Perlu diketahui bahwa hasil pencarian ranking akan berbeda meski menggunakan kata kunci yang sama, sebab hal ini tergantung dari perangkat yang digunakan dan lokasi pencarian.

Pencarian kata kunci dengan menggunakan perangkat mobile seperti tablet, smartphone ataupun laptop, akan memperoleh hasil ranking situs yang berbeda. Ini dikarenakan Google lebih mengedepankan aturan mobile first indexing, yang mana hasil pencarian perangkat mobile menjadi acuan untuk perangkat lainnya. Maka dari itu pastikan bahwa situs website Anda mobile-friendly.

Baca Juga: 10 Tips Merancang Website SEO Friendly

Begitu juga dengan lokasi pencarian. IP address sangat menentukan hasil pencarian ranking, semisal mencari ranking dengan kata kunci “konveksi Bogor”. Jika lokasi perangkat di kawasan Bogor, tentu hasil ranking pencarian halaman pertama Google akan berbeda jika menggunakan perangkat dan IP yang dilakukan dari Bali.

Tampilan Google MyBusiness Google Bisnisku

Hasil ranking juga Ini dikarenakan Google cenderung menampilkan hasil sesuai dengan lokasi terdekat Anda. Inilah alasan mengapa bisnis harus didaftarkan pada Google Bisnisku, selain agar mudah ditemukan, juga membantu meningkatkan peringkat terkait lokasi. Hal ini juga yang harus Anda lakukan ketika Anda mengimplementasikan strategi Local SEO.

Berapa Lama Situs Baru Mendapat Ranking yang Stabil di Google?

Jika saya boleh menjawab pertanyaan ini dengan sangat jujur, jawabannya adalah tidak ada yang tahu kapan pastinya. Namun, rata-rata waktu yang diperlukan agar situs mendapat rating yang stabil adalah 3 hingga 6 bulan, tergantung seberapa aktif memposting konten, kualitas konten, persaingan kata kunci, dan lain sebagainya.

Mendapatkan posisi di Google secara organik bukanlah hal yang instant. Cara kerja search engine sendiri hingga website menempati posisi pertama membutuhkan waktu yang tidak cepat. Ada setidaknya tahap discovery, tahap crawling, tahap indexing dan tahap positioning.

Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Agar Website Anda Diindeks Oleh Google

Cara Menjadi Nomor Satu di Google

Tertarik membawa website di halaman pertama? Berikut beberapa cara menjadi nomor satu di google yang bisa Anda terapkan :

1. Pilih Niche webiste Anda

Tentukan Niche spesifik website, karena niche yang spesifik akan mempermudah mencari kata kunci dan membuat konten.

Pro Tip: Pilihlah topik website yang Anda sukai, berdasarkan passion Anda atau adanya peluang bagi blog dan situs Anda untuk dimonetisasi di kemudian hari.

2. Meningkatkan SEO On-Site

Cara menjadi nomor satu di Google selanjutnya adalah dengan meningkatkan On-Site SEO, dengan meningkatkan ranking dari dalam halaman website itu sendiri.

Seperti mempercepat loading, mencari kata kunci bervolume tinggi namun rendah persaingan, membuat artikel yang berkualitas, menambahkan internal link, mempermudah nafigasi, dan lain sebagainya.

3. Menambah LSI Keyword ke Halaman Website

perencanaan kata kunci Latent semantic indexing

Latent semantic indexing atau LSI merupakan kata kunci yang tidak banyak dilirik oleh online marketer. Dengan menambahkan LSI pada konten, kekuatan kata kunci akan bekerja lebih baik.

4. Memantau Technical SEO

Pastikan semua komponen technical SEO telah terinstal di website dan berjalan dengan baik, seperti instalasi SSL, instalasi Google Search Console, membenahi broken link, penggunaan gambar format webP, dan menggunakan browser caching.

5. Memperbanyak Konten

Pastikan selalu mengupdate konten sehari sekali, sebab semakin banyak dan beragam konten, akan semakin baik kualitas SEO yang akan didapatkan. Jika Anda adalah seorang SEO Specialist atau SEO content writer, buatlah perencanaan Kalender Editorial untuk setiap konten Anda. Dengan memiliki kalender editorial, Anda akan lebih memiliki disiplin untuk mem-publish konten-konten Anda.

6. Optimasi Seluruh Konten Sesuai Keyword

Pastikan konten dibuat sesuai dengan keyword, dan jangan sampai terlalu melenceng dari keyword maupun LSI yang dipilih. Tempatkan keyword pada judul, meta deskripsi, paragraf pertama, paragraf terakhir, struktur heading, dan beberapa bagian di dalam badan artikel.

7. Turunkan Bounce Rate Situs Anda

Google analytics dengan bounce rate yang tinggi

Bounce rate yang tinggi akan memengaruhi ranking dan posisi Anda di halaman pertama Google. Bounce rate yang tinggi memberikan sinyal pada Google bahwa audiens atau visitor Anda tidak menemukan apa yang mereka cari di situs Anda. Bisanya bounce rate yang tinggi akan menyebabkan waktu kunjungan setiap visitors relatif sangat pendek (kurang dari 1 menit).

Anda bisa menurunkan bounce rate dengan cara menambah internal link, memperbaiki kualitas konten dan hindari penggunaan judul dengan clickbait.

8. Beri Tahu Google Keyword Apa yang Akan digunakan

Dengan cara menempatkan keyword utama pada meta title, meta description, url, dan alt text. Dengan begitu bot indexing Google dapat mencatat kata kuncinya, lalu mengindeksnya ke jajaran konten dengan keyword yang sama dalam database mereka.

9. Publikasikan Konten Berkualitas Tinggi

Konten berkualitas tinggi adalah cara menjadi nomor satu di Google yang paling mutlak, yaitu konten yang padat isi serta ramah pembaca. Memuat informasi dengan padat dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.

10. Situs yang Mobile-Friendly

Sebagian besar pengguna mesin pencari Google membuka internet menggunakan perangkat mobile. Maka dari itu, buat website dan konten yang mendukung untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

11. Fokus Pada User Experience

Visitor adalah hal yang harus diperhatikan bagi website. Untuk mengundang, menahan, memikat mereka untuk share, memberi backlink gratis bahkan melakukan pembelian, pastikan website Anda harus mengedepankan pengalaman mereka. 

Bersihkan pop-up ads yang sangat mengganggu, percepat loading website, hindari clickbait, berantas link yang rusak, permudah sitemap dan navigasi web serta tingkatkan kualitas konten menjadi beberapa langkah untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

12. Akusisi Backlink

Fungsi backlink adalah memperkokoh kedudukan situs. Anda bisa mencari backlink dari situs lain yang berkualitas dan memiliki traffic yang tinggi. Terlebih lagi, jika pengunjung berpikir situs Anda cukup kredibel, biasanya mereka akan dengan senang hati memberikan backlink gratis dengan cara menautkan konten mereka ke situs Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Melakukan Link Building dalam SEO

13. Analisis dan Monitor Peringkat

Sering-seringlah memonitor peringkat secara berkala dengan menggunakan Google Search  Console, untuk memastikan website Anda tidak mengalami penurunan peringkat. Khususnya kata kunci utama milik Anda. Jika halaman dengan kata kunci itu turun di halaman kedua atau turun peringkat, maka kembali lakukan optimasi yang dibutuhkan.

14. Optimasi Profile di Google Business

Lengkapi profile Google MyBusiness dengan informasi yang penting dan sedetail mungkin, seperti nama toko, jam tutup dan buka, nama-nama produk, alamat, nomor yang bisa dihubungi, hingga berbagai testimoni dari pelanggan.

Baca Juga: 14 Langkah Jitu Optimasi Google MyBusiness

15. Balas Komentar Positif dan Negatif yang Ada di GMB Anda

Apapun komentar dan testimoni di Google MyBusiness, tetap balas dengan kalimat yang sopan. Selain menjadi nomor satu di Google, cara ini juga akan meningkatkan citra website dan bisnis Anda.

Keuntungan Menjadi Nomor Satu Di Google Untuk Bisnis Anda

Ada banyak keuntungan jika website berada di halaman pertama Google. Antara lain :

1. Meningkatkan Visibilitas

Populernya situs akan meningkatkan atensi dan visibilitas situs di mata audiens. Bisnis akan diketahui orang banyak serta akan terlihat lebih profesional dan kredibel.

2. Lebih Banyak Leads

Dan tentu saja, dengan berada di halaman pertama, leads dan kunjungan akan lebih mudah didapat, dengan begitu traffic pun ikut meningkat.

3. Meningkatkan Engagement dengan Audiens

Semakin mudah dilihat, maka tingkat keterlibatan audiens atau engagement akan lebih tinggi, seperti penambahan bintang, testimoni, atau apresiasi lainnya.

4. Mendorong Trafik Website

Traffic yang tinggi akan didapat oleh website yang mudah ditemukan. Dengan menjadi nomor satu, bisnis Anda akan mudah ditemukan yang selanjutnya akan mendorong traffic website meningkat lebih pesat.

5. Meningkatkan Otoritas Bisnis Anda

Kebanyakan pengguna mesin pencari Google lebih percaya pada bisnis yang memiliki website yang menempati halaman pertama. Dengan naiknya kepercayaan pengguna pada website Anda, tentunya akan meningkatkan juga kepercayaan pada bisnis Anda. Dengan begitu otoritas bisnis Anda terhadap satu bidang juga lebih terlihat.

6. Meningkatkan Kepercayaan

Audiens akan lebih percaya pada situs yang berada di halaman pertama, karena memiliki konten informasi yang lebih lengkap, serta kredibilitas dan kompetensi yang lebih baik.

7. Membangun Audiens

Banyaknya traffic tidak hanya mendatangkan pembeli baru saja, tapi juga mampu membangun audiens lebih baik lagi. Membuat pembeli baru menjadi pembeli tetap yang akan selalu repeat order lagi dan lagi.

8. Mempercepat Sales Cycle

Dan ini adalah tujuan utama, yaitu mempercepat sales cycle. Perputaran penjualan yang lebih cepat juga akan mempercepat cashflow perusahaan, yang menjadikan perusahaan lebih sehat dan mampu berkembang pesat.

Ada banyak keuntungan yang didapat dari menjadi nomor satu di halaman pertama pencarian sehingga layak diusahakan dengan berbagai cara menjadi nomor satu di Google. Selamat mencoba dan semoga sukses menuju halaman pertama!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

Penulis: FA
Editor: Yoan Letsoin

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *