Panduan Lengkap Local SEO untuk Bisnis Anda

  • SEO
Local SEO

Last Updated on Juli 22, 2023 by Monika Tanaya

Customer atau pelanggan biasanya akan mencari produk dan/atau jasa terbaik dan cocok yang berada di dekatnya. Selain itu kecepatan waktu sampai juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhinya.  Semakin dekat lokasi, semakin cepat customer bisa menggunakan produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Hal tersebut mempengaruhi Anda juga sebagai pemiliki bisnis. Apakah bisnis produk atau jasa yang Anda miliki merupakan yang customer butuhkan ? Akankah mereka memilih produk atau jasa Anda dibandingkan dengan lainnya yang memiliki bidang yang sama dengan Anda , bahkan di lokasi sekitar Anda ?  Nah, Local SEO bisa menjadi salah satu strategi marketing yang dapat Anda manfaatkan. Local SEO membantu bisnis Anda menjadi lebih banyak dicari atau bahkan  selalu terlihat di halaman depan mesin pencari / search engine yang paling popular dan terbesar saat ini, yaitu Google.

Kehadiran internet di masa sekarang memberikan kemudahan untuk mengelola atau menavigasikan website. Internet memberikan ruang untuk mesin pencari / search engine untuk kita gunakan mencari website yang kita inginkan dengan sangat mudah. Kita hanya tinggal menuliskan kata-kata atau keyword terkait, kemudian Google membaca dan memproses teks tersebut dan muncul lah website yang ingin kita akses.

Perlu Anda pahami bahwa search engine Google memiliki bermacam-macam pola dalam membaca data yang relevan pada setiap website, dikenal dengan istilah proses algoritma Google. Algoritma ini juga berkaitan dengan bagaimana Google menentukan urutan rank / posisi halaman sebuah website. Relevansi, keunggulan konten, dan popularitas dari inbound link menjadi beberapa faktor yang bisa mempengaruhi Google Ranks.

Strategi SEO yang tepat dapat mempengaruhi meningkatnya nilai relevansi, keunggulan konten, dan popularitas inboun link website Anda. Semakin tepat elemen atau konten digital yang terdapat dalam website Anda, maka semakin tinggi juga website Anda akan muncul lebih banyak di hasil mesin pencari.

Apa itu Local SEO?

Local SEO adalah aktivitas dan strategi yang dijalankan untuk mengoptimalkan website Anda dalam meningkatkan traffic, leads, dan juga awareness dari pencarian secara local.  Local SEO berkaitan dengan aktivitas menemukan local keywpords, mengoptimalkan halaman “Google My Business” Anda, dan membuat kutipan keterangan “NAP” (number, address, dan phone number).

Bagaimana cara kerja Local SEO?

Apakah Anda menyadari bahwa Google sebetulnya tidak melakukan pencarian secara langsung atau live setiap kali  kita menuliskan apa pun yang kita cari pada bar pencari.  Melainkan, pencarian tersebut dilakukan pada Google Index, data-data situs yang sudah tercatat dari pencarian sebelumnya?

Google Index memperoleh data-data dengan memanfaatkan program yang disebut dengan ”spiders” untuk bergerak membedah isi website. Spiders memiliki tugas yang sama setiap harinya, yaitu mengikuti satu halaman website, kemudian membaca setiap konten yang ada di dalamnya, merekamnya, dan begitu seterusnya.

Kemudian, apa yang membuat Local SEO itu unik ? Yaitu, Google akan menggunakan berbagai faktor peringkat / ranks yang berbeda dalam menentukan peringkat hasil pencarian Lokal.

Pencarian Ide Keyword Untuk Local SEO

Pada bagian ini, kami ingin memberitahukan kepada Anda bagaimana cara mencari keywords yang cocok untuk aktivitas Local SEO Anda. Sebenarnya, Anda biasanya tidak perlu untuk mencari keywords yang selalu baru setiap waktunya. Mengapa ? karena Anda hanya perlu untuk membuat daftar kata kunci yang paling banyak orang tuliskan pada saat mencari bisnis lokal Anda. Ada beberapa contoh cara yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh ide kata kunci, misalnya seperti berikut ini :

Menggunakan Software SEO

Tentunya ada beberapa software SEO yang bisa digunakan secara gratis seperti Answer The Public, Ubersuggest dan lainnya. Akan tetapi, Anda juga dapat memanfaatkan free trial yang ditawarkan beberapa software SEO premium seperti SEMrush, Ahrefs dan lainnya. Anda bisa memeriksa bahasan Kumpulan Software SEO Terbaik sebagai bahan pertimbangan Anda mencari ide keyword local SEO.

Google Suggest

Cara Google Suggest ini biasanya berhasil digunakan untuk pencarian info lokal. Ada satu hal penting yang perlu Anda ingat di sini adalah bahwa memastikan info pencarian lokal harus menjadi sesuatu yang akan dicari oleh pelanggan lokal. Bisa Anda lihat pada contoh Google suggest berikut ini.

Pada gambar 1, misalnya Anda menuliskan “Bakso” pada bar pencari, Anda akan mendapatkan beberapa saran untuk pencarian yang banyak diminta oleh audiens. Biasanya audiens mencari informasi “bakso terdekat”, “bakso tangerang”, “bakso jakarta”, dan lainnya. Penggunaan keyword produk ditambah dengan keyword “dekat saya”, terdekat” atau nama provinsi dan daerah merupakan kategori keyword untuk Local SEO.

Pencarian kata kunci "bakso" di Google
Gambar 1 : Pencarian kata kunci “bakso” lewat Google Suggest

Selain saran keywords “Bakso Terdekat”, sepertinya yang lain belum spesifik untuk Anda (kata kuncinya terlalu umum).

Mari lihat gambar 2, kita coba tambahkan satu huruf setelahnya, maka akan muncul saran keyword berbeda yang mungkin lebih spesifik yang bisa Anda gunakan.

Dapat Anda lihat dari hasil Google Suggest di bawah ini, beberapa Audiens mencari tempat makan bakso di Jakarta yang sifatnya lebih spesifik, yaitu “bakso beranak”.

Local SEO ide keyword
Gambar 2 : Pencarian kata kunci “bakso” di Google untuk SEO Local

Dari metode pencarian sederhana dengan Google Suggest, katakanlah Anda memiliki gerai bakso di Balikpapan. Anda dapat membuat variasi konten dengan menyasar beberapa kata kunci seperti “bakso bakar balikpapan”, “bakso beranak balikpapan”, “bakso boedjangan balikpapan”, dan seterusnya.

Yelp Suggest

Biasanya yelp suggest ini muncul pada bagian yang kita kenal dengan istilah “tag”. Misal pada saat kita sedang mencari kupon diskon resto terdekat di rumah kita. Saat kita meng-click salah satu kuponnya, biasanya akan muncul sugesti atau saran lainnya untuk dibeli (seperti gambar di bawah ini). Nah sugesti tersebut bisa menjadi ide untuk Local SEO Anda.

Hasil Yelp Suggest

Hasil rekomendasi dari Yelp ini dapat Anda pertimbangkan untuk membangun optimasi halaman Google Bisnisku atau Google MyBusiness milik usaha Anda. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membuat akun Google My Business atau Google Bisnisku. Setelah itu isi semua informasi secara lengkap dan masukan jenis usaha bisnis Anda dalam kategori yang tepat serta layanan yang Anda berikan (take away, delivery service, only dine in, dst).

Ada beberapa praktik spam dalam Google MyBusiness saat ini, yaitu dengan menyisipkan kata kunci yang tidak tepat untuk nama usaha. Praktik ini mungkin masih akan berhasil untuk 1-2 tahun ke depan, namun tidak akan saya rekomendasikan.

Google Keyword Planner

Anda sudah pernah tahu mengenai web aplikasi bernama “The Google Keyword Planner” ? Dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Google ini, Anda akan bisa sangat terbantu untuk menemukan keywords yang banyak orang tuliskan. Anda bisa memulai salah satunya dengan mengatur Google Keyword Planner pada setinggan sortir berdasarkan lokasi website kompetitor yang ingin Anda bedah.

Faktor-faktor Local SEO yang mempengaruhi Posisi Ranks Website

1. Keterangan Kutipan NAP (Name, Address, Phone)

Keterangan konsisten dari Name, Address, dan juga Phone Number sangat memberikan pengaruh pada Local SEO. Buatlah dengan jelas keterangan tersebut, agar Google dapat mendeteksi keberadaan bisnis Anda, terutama pada saat customer menuliskan ulasan mengenai bisnis Anda.

2. Ulasan atau Reviews Online

Faktor ini juga sangat penting yang dapat mempengaruhi keputusan seorang customer dalam melakukan pencarian lokal, biasa dikenal dengan Ulasan di Google Review. Apabila hasil ulasan dan review yang muncul bernilai negatif, bisa jadi kemungkinan customer akan mengabaikan keberadaan bisnis Anda. Maka penting banget  Anda mengelola, serta mempertahankan ulasan pada saat melakukan Local SEO.

3. Google My Business (GMB)

Anda bisa membuat profil mengenai bisnis Anda pada GMB atau Google Bisnisku, karena ini akan memudahkan customer untuk melihat info secara lengkap. Isilah dengan benar dan lengkap info mengenai bisnis Anda.  Info pada GMB ini akan langsung terekam pada Google index dan ini akan membantu Anda memenuhi syarat untuk masuk dalam direktori bisnis lokal. Cek artikel cara optimasi Google My Business yang dapat Anda ikuti untuk optimasi halaman bisnis Anda di Google.

4. Local Backlinks

Dalam aktivitas SEO pasti sudah tidak asing lagi dengan menautkan links atau memasukkan backlinks dalam website. Kali ini, Anda akan kembali diingatkan untuk menautkan links yang sebagian besar berasal dari website lokal. Mengapa ? Karena dengan begitu, Google akan mendeteksi website Anda sebagai bagian dari sebuah komunitas lokal dan dianggal relevan untuk masuk dalam penelusuran lokal. Jika tidak, website Anda tidak akan terbantu dalam hal meningkatkan peringkat lokal Anda.

Anda dapat memulai dengan mencari direktori bisnis lokal dimana Anda tinggal atau beberapa website bisnis lokal lainnya yang bekerja sama dengan Anda.

5. Banyaknya Angka “check-in” dan Ratting Review Bisnis Anda

Biasanya jumlah angka kunjungan ini dapat dilihat dari seberapa banyak lokasi bisnis Anda dicari, dikunjungi, serta diulas oleh customer. Tak lupa juga jumlah penilaian bintang hasil review online customer Anda yang dipasangkan di sana. Hal ini sangat memberikan pengaruh pada hasil pencarian lokal, khususnya untuk posisi Local 3 Packs (tiga urutan teratas untuk hasil pencarian Google).

6. Banyaknya Share di Social Media

Ternyata Google pun dapat mengetahui seberapa banyak website anda dibagikan pada media sosial customer. Semakin banyak link website Anda dibagikan atau terhubung di mana-mana, bisa jadi Google memperhatikan keberadaan bisnis Anda. Jadi pastikan saat Anda membuat akun social media bisnis Anda, Anda perlu meletakkan link website Anda juga.

Baca juga: Cara Membuat Akun Instagram Untuk Bisnis Anda

Bagaimana Cara Melakukan Local Link Building?

Banyak dari Anda yang masih memiliki pemikiran, bahwa kalau kita bisa langsung saja menghubungkan website Anda dengan situs-situs yang sudah memiliki otoritas tinggi (Baik DA dan PA) dari mana pun, sebanyak itu memungkinkan. Namun, tahukah Anda, kalau hal tersebut tidak selalu cocok dengan bisnis lokal Anda yang berskala kecil atau menengah.

Baca juga: Mengenal istilah Keyword Difficulty (KD), Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Sebelum Anda membuat dan memasukkan local link, penting sekali Anda memahami apa tujuan dan hal yang ingin Anda capai dalma pencarian lokal, agar tetap ada relevansinya.

Biasanya Local SEO yang professional konsisten dalam mengelola perbaikan info NAP, daftar kutipan info, membuat konten lokal, dan aktivitas link building atau backlinks pada info lokal.

Ada pun beberapa contoh strategi yang bisa Anda siapkan untuk melakukan Local Link Building, yaitu menghubungkan bisnis Anda dengan rekan bisnis di sekitar Anda (seperti : distributor, supplier, reseller, tetangga kantor, dan sebagainya), Anda masuk dalam komunitas dagang lokal di lokasi Anda yang relevan, menjadi sponsor dalam salah satu acara lokal maka Anda bisa masuk dalam website acara mereka sehingga banyak customers yang mengetahui kehadiran bisnis Anda, dan juga Anda bisa mulai dengan melakukan publikasi info terkait acara lokal tersebut pada media berita online lokal.

6 jenis ide konten pendukung Local SEO

  1. Membuat konten landing page website dengan informasi yang spesifik mengenai lokasi bisnis sehingga customer muda memahami di mana lokasi Anda berada.
  2. Membuat halaman FAQ , biasanya banyak customer yang ingin mendapatkan informasi dengan cepat dan tanpa perlu membaca informasi terlalu panjang, maka Anda bisa membuat halaman ini untuk merangkum informasi penting mengenai bisnis Anda yang biasa banyakan ditanyakan customer.
  3. Tampilkan informasi edisi khusus atau special pada website Anda, misal seperti periode promosi diskon, paket khusus, dan sebagainya.
  4. Menjadi website yang berperan sebagai pusat informasi yang up-to-date  mengenai kegiatan-kegiatan lokal setiap hari. Karena itu, Anda perlu memiliki perencanaan konten secara konsisten untuk di-publish via website, social media dan Google My Business Anda.
  5. Membuat konten yang melakukan review dan ulasan di banyak tempat lokal yang menarik.
  6. Berbagi tips dan trik yang menarik, misal seperti cara menikmati kopi panas yang unik, apa saja yang perlu Anda coba ketika berada di kota ABC, dan lain sebagainya.

Yuk sekarang giliran Anda memilih cara apa yang akan Anda gunakan dan cocok untuk meningkatkan kualitas Local SEO website Anda. Jangan lupa share konten ini jika bermanfaat untuk Anda dan bisnis teman Anda. Anda juga bisa menuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

Penulis : Margaretta Riri

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *