Shopify Review: Platform Toko Online Untuk Bisnis Anda?

Shopify Review Indonesia

Untuk membuat toko online sendiri, tahap memilih solusi platform online store yang tepat bisa jadi sangat sulit. Banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari membandingkan opsi pengiriman, pemroses metode pembayaran, kinerja SEO platform tersebut, biaya berlangganan, dan banyak lagi. Shopify adalah salah satu e-commerce platform yang sangat populer untuk membuat toko online. Namun, apakah fitur-fitur yang ditawarkan sudah merupakan pilihan terbaik? Mari kita review Shopify secara menyeluruh untuk fitur, harga, kelebihan, kekurangan, serta rekomendasinya untuk bisnis Anda.

Apa Itu Shopify?

Shopify Interface

Shopify adalah sebuah aplikasi web yang memungkinkan Anda membangun toko online Anda sendiri. Shopify menawarkan berbagai ‘themes’ yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan branding spesifik Anda, dan memungkinkan Anda untuk menjual produk fisik, seprti tas, sepatu, kosmetik, dan juga produk digital, seperti e-book, kursus online dan template desain.

Salah satu tujuan utama Shopify adalah memungkinkan para pemilik bisnis online yang tidak begitu teknikal mengenai web dev atau web design untuk membuat toko online mereka sendiri. dengan kata lain, Anda tidak memerlukan skill per-codingan untuk membangun website Anda sendiri.

Akan tetapi, Shopify tidak membatasi kreativitas dan kemampuan Anda dalam hal coding website untuk mengakses langsung CSS, HTML atau Liquid (bahasa coding template Shopify) untuk membangun website Anda.

Sejarah Shopify

Fokus Shopify sebagai e-commerce platform untuk pemiliki online store yang tidak begitu teknikal mengenai coding ini sangat berhubungan erat dengan sejarah Shopify sendiri. Dimana, pada tahun 2006, dua remaja asal Jerman yang tinggal di Kanada memutuskan untuk menjual papan luncur salju (snowboarding board) di internet dengan toko online yang mereka buat sendiri.

Kedua remaja bernama Tobias Lütke dan Scott Lake lalu memutuskan untuk mengembangkan solusi e-commerce mereka sendiri dan dengan cepat menyadari bahwa orang lain juga dapat memperoleh manfaat dari platform yang mereka buat.

Sejak saat itu, Shopify tumbuh dan ttelah menjadi alat bantu untuk banyak bisnis toko online untuk para entrepreneur muda memulai bisnis mereka di ranah online. Hingga saat artikel ini ditulis, Shopify memiliki lebih dari 800.000 toko online, banyak kantor global, transaksi penjualan lebih dari $63 miliar, dan memiliki lebih dari 3.000 karyawan.

Bagaimana Cara Shopify Bekerja?

Shopify adalah layanan ‘hosting’ untuk toko online. Ini artinya, Shopify membantu Anda membangun toko online Anda dengan cara menyewakan server milik mereka. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli hosting web atau menginstal software untuk membangun toko online Anda.

Umpamanya bayangkanlah Shopify sebagai sebuah mall besar dan mall tersebut menyewakan beberapa lapak untuk disewa oleh Anda. Jadi, jika Anda mau berjualan online, Anda dapat langsung menyewa langsung lapak di Shopify ini. Yang perlu Anda bayar adalah biaya sewa perbulannya (atau per tahun).

Elemen-elemen penting yang diperlukan untuk membangun dan memasarkan toko online, seperti template, pemroses pembayaran, blog untuk artikel website, dan bahkan email marketing sudah disediakan oleh Shopify. Yang mungkin Anda perlukan untuk kepentingan branding adalah keharusan membeli domain Anda sendiri. Anda tentu dapat membeli domain lewat Shopify (di luar harga sewa platform Shopify).

Baca: Perbedaan Domain dan Hosting

Fitur Andalan Shopify

Berikut ini beberapa fitur andalan yang ditawarkan oleh Shopify untuk Anda yang tertarik menggunakan platformnya:

User Interface yang Mudah

Shopify Tampilan Dashboard

Bukan rahasia lagi bahwa kemudahan penggunaan dan interface dengan desain yang baik ini sering menjadi faktor penentu nomor satu (selain harga). Meskipun banyak platform lain yang juga memiliki interface yang mudah, tetapi interface yang ditawarkan Shopify ini cukup sederhana dalam membantu Anda yang tidak jago desain website dengan coding ataupun menggunakan WordPress. 

Saat mencoba pembuat situs toko online Anda, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah “Apakah platform ini mudah digunakan?”. Antarmuka Shopify sangat clear, jelas, dan sederhana. Selain itu juga, banyak fitur pendukung lainnya yang dapat Anda gunakan bersamaan dalam platform dalam menjalankan toko online Anda.

Variasi Themes dan Template Shopify Beragam 

Shopify Templates dan Themes

Template yang tersedia di Shopify sangat modern dan mobile-friendly (kompatibel dengan tablet dan smartphone Anda). Ada sangat banyak pilihan yang bagus dan mencakup berbagai tema industri, seperti fashion, makanan, seni, elektronik, agency, freelancer, dan lainnya. Anda juga dapat mengurutkan atau memfilter tema berdasarkan popularitas, harga, atau kategori, misalnya, “minimalist”, “fun”, atau “small business”.

Tema dan template di Shopify dirancang secara profesional dan gaya desainnya didominasi dengan design minimalist yang mengamalkan ilmu desain UI/UX yang baik. Masing-masing juga tersedia dalam berbagai gaya dan skema warna yang berbeda, memastikan bahwa Anda selalu dapat menemukan nada warna yang tepat untuk brand Anda.

Keunggulan Shopify tidak hanya sekadar “bagus desainnya” dan “banyak pilihannya”. Bagian terbaiknya adalah tema Shopify yang bagus dan banyak pilihannya ini juga penuh dengan fitur yang bermanfaat untuk toko online Anda, seperti:

  • Bagian konten halaman beranda yang dapat disesuaikan
  • Search Engine Optimization (SEO) (Optimasi Mesin Pencari)
  • Dukungan untuk navigasi drop-down
  • Pembaruan tema disediakan secara gratis.
  • Desain untuk perangkat seluler
  • Ikon media sosial
  • Gaya dan palet warna yang sudah terpasang sebelumnya
  • Foto stok gratis dari platform Burst

Setiap tema juga memiliki serangkaian fiturnya sendiri. Kami sangat menyarankan Anda untuk memeriksa apa saja fitur yang ditawarkan dalam template tersebut, karena ini adalah cara yang bagus untuk menentukan apakah sebuah tema tepat untuk toko online Anda atau tidak.

Manajemen Produk

Shopify Produk Management

Produk dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam platform dengan menggunakan antarmuka Shopify, atau Anda dapat mengimpor produk menggunakan file CSV. Opsi menggunakan CSV ini sangat berguna untuk toko online yang memiliki banyak sekali produk.

Menambahkan produk

Shopify SKU generator

Anda dapat mengisi informasi produk sederhana, dari judul nama produk, deskripsi produk, gambar atau video demo produk, dan harga. Selain itu, membuat halaman koleksi (atau koleksi) dapat ditetapkan untuk membantu menjaga toko online Anda tetap teratur.

Fitur SKU (stock keeping unit) atau unit penyimpanan stok dan pelacakan inventaris memungkinkan Anda mengelola inventaris dengan lebih efisien dan menghindari penjualan barang yang sudah habis stoknya.

Import produk dari platform e-commerce lain

File CSV juga dapat digunakan untuk mengimpor dan mengekspor jenis data lain seperti daftar pelanggan, pesanan, dan bahkan ulasan pelanggan. Ada juga alat pengimpor drag-and-drop untuk Big Cartel, BigCommerce, Etsy, PrestaShop, dan Squarespace.

Membuat varian produk

Jika Anda perlu menjual beberapa varian dari produk yang sama, perlu diingat bahwa Shopify hanya mengizinkan Anda untuk menambahkan maksimal tiga varian, misalnya ukuran, warna, dan bahan.

Setelah itu, sistem akan menghasilkan semua kombinasi yang diperlukan, dan pelacakan inventaris individual dapat dikonfigurasi. Batasnya adalah 100 kombinasi, kecuali jika Anda menggunakan aplikasi berbayar atau mengedit file sumber tema Anda. 

Hal ini mungkin terasa sangat terbatas untuk toko online dengan produk yang kompleks, tetapi itu akan cukup untuk sebagian besar pemilik toko online

Menjual produk digital 

Untuk menjual produk digital, seperti video kelas online, gambar ilustrasi digital atau foto, atau pula dokumen dalam format digital dengan Shopify, Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi (gratis) yang dibuat oleh Shopify.

Sayangnya, jika Anda menjual langganan produk (seperti membership) atau mengumpulkan pembayaran berulang tiap bulannya bisa sangat mahal. Anda harus menggunakan aplikasi tambahan atau menyewa pengembang untuk membuat custom code atau coding untuk hal ini. 

SEO Friendly 

Buat apa punya website toko online cantik-cantik tapi tidak ada pengunjungnya?

Nah, karena hal ini, Anda perlu mencari tahu apakah sebuat platform e-commerce memiliki fitur SEO di dalamnya.

Apakah platform Shopify efektif dalam hal SEO? Jawabannya adalah YA! Karena rangkaian fitur SEO milik Shopify cukup kuat dan kompetitif dengan platform hosting pembuatan situs e-commerce lainnya.

Intisari untuk optimasi on-page SEO tentu saja sangat mudah dikelola, contohnya untuk mengubah judul halaman dan deskripsi meta, serta menambahkan judul dan teks alternatif, semuanya sangat sederhana.

Di Shopify, Anda juga dapat memodifikasi file robots.txt secara ekstensif. Platform ini memberi Anda kendali penuh atas URL mana yang dapat di-indeks, memungkinkan Anda menambahkan aturan penundaan crawler sebelum halaman siap. Anda juga dapat memblokir crawler dan menambahkan URL sitemap tambahan.

Sangat mudah juga untuk membuat 301 redirects, yang memberi tahu search engine ketika lokasi halaman telah berubah. Bahkan, jika Anda mengubah URL halaman, platform akan meminta Anda untuk melakukannya dan juga akan membuatkan pengalihan untuk Anda.

Jika Anda tidak menyiapkan 301 redirects, Anda bisa saja kehilangan peringkat di mesin pencari. Tentu akan sangat disayangkan. 

Desain tema Shopify semuanya responsif, yang berarti akan terlihat bagus di perangkat apa pun, dan CDN (Content Delivery Network) atau jaringan pengiriman konten digunakan untuk mengurangi waktu pemuatan halaman. Kedua pendekatan desain web ini dapat mengarah pada penempatan preferensial dalam hasil pencarian.

Dalam hal yang terakhir, laporan ‘kecepatan situs’ baru memungkinkan Anda untuk membandingkan seberapa cepat toko Shopify Anda dibandingkan dengan toko serupa (kompetitor Anda).  Anda dapat menggunakan data ini untuk mencoba mempercepat waktu loading situs Anda, biasanya dengan mengurangi ukuran gambar atau menghapus skrip yang tidak perlu atau aplikasi). 

Anda dapat menggunakan aplikasi untuk menampilkan semua produk dan halaman Anda dalam format AMP (Accelerated mobile pages) untuk versi konten Anda yang lebih cepat dan ringkas. Selain itu, sertifikat SSL gratis disediakan, memungkinkan Anda untuk menjalankan toko Anda melalui koneksi https:// yang aman. Optimasi ini disebut juga optimasi technical SEO.

Terakhir, Shopify dapat dikonfigurasi untuk memenuhi persyaratan ‘Core Web Vitals’ baru Google. Data Web Inti adalah serangkaian tujuan untuk kecepatan, dan stabilitas visual situs web; situs yang memenuhi sasaran ini dapat memiliki peluang tinggi untuk masuk dalam hasil penelusuran Google.

Namun, ada beberapa area di mana fitur SEO Shopify dapat ditingkatkan: Terlepas dari kenyataan bahwa Anda dapat menyesuaikan URL Anda, platform menambahkan awalan ke halaman dan produk Anda, misalnya:

  • namatokoonline.com/pages/ (awalan URL untuk tipe halaman)
  • namatokoonline.com/posts/ (awalan URL untuk tipe postingan)
  • namatokoonline.com/product/ (awalan URL untuk halaman produk)
  • namatokoonline.com/collections/ (awalan URL untu koleksi atau kategori produk)

Dari kacamata SEO saya dan saya yakin banyak ahli SEO yang setuju jika semakin pendek URL akan semakin baik untuk algoritme penelusuran Google saat ini. Karena pada dasarnya, Google lebih menyukai struktur URL yang lebih sederhana.

Namun jika struktur URL dan sitemap sudah cukup baik, saya rasa untuk urusan teknikal SEO tidak akan ada masalah. Yang Anda fokuskan setelah on page adalah aktivitas off page SEO dan kegiatan link building.

Email Marketing Shopify 

Shopify Thank You Email after purchase

Shopify juga memiliki email marketing tools yang memungkinkan Anda mengirim email langsung dari platform Shopify (built-in) atau juga mengintegrasikan Shopify dengan email marketing dan automation pilihan Anda.

Email marketing adalah komponen penting dalam menjalankan toko online. Mengirim buletin newsletter mengenai promosi ke daftar database customer Anda sangat penting untuk menghasilkan penjualan.

Shopify Newsletter Email Marketing

Fitur email marketing built in Shopify ini belum mengusungkan automation di dalamnya. Beda seperti GetResponse, ActiveCampaign, MailChimp atau SendInBlue. Namun, fitur ini pasti akan sangat berguna untuk beberapa pedagang. Jika Anda adalah pemilik toko yang lebih suka mengelola semua aspek bisnis e-niaga Anda di satu lokasi, Anda tentu akan menyukai fitur ini.

Fitur email marketing Ini juga sangat murah. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengirim hingga 2.500 email per bulan secara gratis, dengan biaya US$1.00 untuk setiap 1.000 email tambahan yang dikirim setelah itu.

Metode Pembayaran

Metode Pembayaran Shopify Indonesia

Shopify mendukung lebih dari 100 metode pembayaran. Opsi populer metode pembayaran adalah lewat PayPal, Stripe, Amazon Pay, dan Apple Pay. Selain itu, Shopify juga memiliki gateway pembayaran in-house sendiri, yaitu Shopify payments.

Jika Anda di Indonesia, sebaiknya berkerja sama dengan pihak Midtrans untuk metode pembayaran. Karena setahu saya mereka memiliki integrasi pembayaran debit, kredit, hingga platform pembayaran populer saat ini seperti Gopay, Shopee Pay, Akulaku, bahkan Indomaret dan Alfamart.

Jika Anda langsung menggunakan Shopify payments, Anda tidak akan dikenakan biaya transaksi. Namun, jika Anda menggunakan platform payment lainnya, Shopify akan membebankan biaya setiap transaksi.

Jika toko online Anda melayani shipping ke banyak negara, sebaiknya menggunakan Shopify payments karena Shopify akan otomatis mengubah mata uang seharga produk. Pelanggan Anda dapat membayar pesanan mereka dalam mata uang asal mereka, dan harga produk secara otomatis disesuaikan berdasarkan nilai tukar saat ini. Singkatnya, hal ini membuat penjualan dalam mata uang yang berbeda sesederhana mungkin.

Semua toko yang dihosting di platform Shopify mematuhi aturan PCI (Payment card industry) atau PCI compliance istilahnya. Yang artinya toko Anda benar-benar aman tanpa Anda harus melakukan apa pun.

Abandon Cart Recovery

Shopify Abandon Cart Recovery

Abandon cart recovery adalah fitur yang harus dimiliki untuk setiap toko online yang benar-benar serius saat berjualan. Kabar baiknya adalah fitur abandon cart recovery ini sudah termasuk dalam fitur inti Shopify. Maka dari itu, Anda tidak perlu repot menginstal aplikasi tambahan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur ini, Anda dapat mengelola abandon cart recovery dengan menyertakan kode diskon untuk mendorong pelanggan kembali ke toko Anda untuk check out keranjang belanjaan mereka. Anda juga dapat memilih apakah akan mengirimkan email secara manual atau menyetelnya untuk dikirim secara otomatis.

Sistem POS (Point of Sales)

Shopify POS Point of Sales

Bagian terbaik tentang Shopify POS adalah secara otomatis menyinkronkan inventaris dan orderan Anda antara aplikasi dan toko online Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjalankan bisnis Anda dengan cara yang lebih fleksibel dan membebaskan Anda dari terpaku pada komputer Anda setiap waktu. Aplikasi POS Shopify ini memang gratis untuk diunduh, akan tetapi Anda perlu setidaknya berlangganan paket Basic Shopify setidaknya US$29 per bulan. 

Mendukung Bisnis Dropshipping

Dropshipping adalah metode penjualan online yang sedang populer saat ini karena memiliki biaya awal yang rendah dan lebih mudah dikelola, terutama untuk usaha kecil dengan waktu, ruang, dan uang yang terbatas. Teknik berjualan sistem dropshipping ini membebaskan waktu Anda sehingga Anda dapat fokus untuk meningkatkan toko Anda, memasarkan brand Anda, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Baca Juga: 

Shopify sangat mendukung aktivitas dropshipping. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal atau mengitegrasikan software dropshipping yang Anda gunakan. Shopify sangat merekomendasikan Oberlo. Namun, selain Oberlo, ada juga DSers yang gratis Anda gunakan jika mengambil suplier lewat platform AliExpress.

Harga Shopify

Harga Shopify Indonesia

Seringkali kalau sudah diskusi harga, pertanyaannya, “Apakah bisa menggunakan Shopify gratis?” Jawabannya bisa. Anda bisa menggunakan Shopify gratis hanya dalam masa free trial 14 hari. Setelah masa trial 14 hari, jika dirasa Shopify adalah platform yang cocok untuk Anda, terdapat 3 Paket Harga Shopify, yaitu Basic Shopify, Shopify, dan Advanced Shopify.

Basic Shopify

Paket harga basic Shopify ini dibandrol dengan harga US$ 29.00 per bulan. Paket Basic Shopify ini adalah paket termurah untuk membuat toko Anda sendiri. Paket ini mencakup semua yang Anda butuhkan untuk membangun toko online Anda. Terdapat biaya transaksi 2% jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.

Shopify

Paket harga Shopify dibandrol dengan harga US$79.00 per bulannya. Lewat paket Shopify ini, Anda dapat memperluas bisnis Anda dengan fitur tambahan seperti pembuatan kartu gift card. Terdapat biaya transaksi 1% jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.

Advanced Shopify

Paket ini baiknya diambil untuk Anda yang memiliki toko online dengan produk yang cukup banyak dan membutuhkan banyak fitur karena paket harganya dibandrol US$ 299 per bulannya. Ada pula biaya transaksi 0.5% jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.

Uji Coba Gratis Shopify

Shopify menyediakan uji coba gratis selama 14 hari. Dengan uji coba gratis ini, Anda tidak perlu memasukkan detail pembayaran dan informasi kartu debit atau kartu kredit apa pun. Jadi. tidak ada risiko, dan tidak akan ada tekanan untuk mendaftar. Anda hanya perlumendaftarkan toko online dengan email, dan Anda dapat menguji Shopify secara gratis selama dua minggu penuh.

Kelebihan dan Kekurangan Shopify

Kelebihan (Pro)

  • Kenyamanan penggunaan : Anda tidak perlu menjadi ahli coding dan berurusan dengan masalah teknis apa pun. Hampir semuanya dapat diselesaikan dengan beberapa klik mouse. Shopify juga menawarkan banyak modul panduan untuk para pemula.
  • Themes dan Template yang baik: Desain themes dan template mereka memiliki kualitas dan kuantitas yang luar biasa, dan sangat mobile-friendly atau responsif.
  • Flexibility:  Desain dasar template Shopify memang sudah sangat fantastis, akan tetapi Anda memiliki kendali penuh atas kode. Jika Anda tidak menemukan tema yang Anda suka dari banyaknya tema dan templates yang ada, Anda dapat mengembangkan sendiri template (menggunakan mesin template Liquid) atau membelinya.
  • Kemampuan scalling: Meskipun mudah digunakan, Shopify adalah platform yang kuat, baik untuk toko online kecil, medium, ataupun skala besar. 
  • Aplikasi dan Komunitas Shopify: App Store penuh dengan add-on atau aplikasi pendukung toko online (baik gratis maupun berbayar). Selain itu, mereka memiliki jaringan developer dan spesialis independen ahli Shopify yang luas yang bersedia membantu.
  • Banyak pilihan metode pembayaran: Shopify menerima lebih dari 100 metode pembayaran dan memiliki gateway pembayarannya sendiri, yaitu Shopify payments.
  • Support dan layanan bantuan pelanggan: Layanan pelanggan yang luar biasa tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu

Kekurangan (Contra)

  • Struktur URL: Postingan blog, serta halaman biasa (misalnya ‘tentang kami’), memiliki struktur URL yang sedikit kurang ideal untuk kepentingan SEO. Shopify menggunakan subdirektori seperti /pages/ atau /blog/news/.
  • Multi-language store: Shopify baru-baru ini menambahkan fitur multi language untuk toko online. Akan tetapi hasil terjemahan belum begitu baik, sehingga Anda masih harus mencari third party apps untuk hasil terjemahan yang baik.
  • Biaya transaksi: Shopify membebankan biaya transaksi untuk Anda yang menggunakan sistem pembayaran lain selain Shopify Payements.

Kesimpulan

Demikian review Shopify yang bisa saya ulas dalam artikel kali ini. Saya sangat mengajurkan penggunaan Shopify untuk Anda semua yang berniat membuat toko online namun tidak begitu fasih menggunakan WordPress atau ingin mengatur semua hal lewat satu interface saja.

Saya sendiri menggunakan Shopify untuk membangun dua website dengan sistem dropshipping dan mengintegrasikannya dengan software dropshipping seperti DSers. Karena target market saya tidak di Indonesia, jadi untuk metode pembayaran saya tidak terkena kendala apapun, karena sebagian besar customer toko saya menggunakan PayPal dan Stripe.

Namun, untuk Anda yang berencana memiliki toko online via Shopify, akan lebih baik mencari metode pembayaran yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Yang saya pernah gunakan untuk salah satu customer saya adalah Midtrans karena mereka dapay mengintegrasikan beberapa metode pembayaran debit, kredit, gopay, shopee pay, hingga alfamart dan Indomaret.

Jika Shopify adalah solusi yang Anda cari, Anda harus coba Shopify dengan masa pencobaan 14 hari secara gratis. Anda tidak perlu memasukan informasi kartu kredit Anda, Anda hanya cukup sign up dengan email dan mencoba sendiri platformnya.

Semoga ulasan Shopify ini dapat membantu Anda mengambil keputusan. Selamat berjualan dan semoga sukses selalu bisnisnya!

FAQ

Apakah bisa menggunakan Shopify secara gratis?

Ya, Anda bisa mendaftarkan diri Anda sekarang dan menikmati uji coba 14 hari gratis untuk menggunakan Shopify?

Apakah ada biaya set-up di Shopify?

Tidak! Tidak ada biaya set-up di Shopify.

Apakah saya harus memasukan informasi kartu kredit saat mendaftar?

Tidak, Anda tidak perlu memasukan informasi kartu kredit saat mendaftar. Anda hanya perlu memberikan email Anda. Di akhir masa percobaan gratis, Shopify akan memberikan email pemberitahuan. Jika Anda ingin melanjutkan menggunakan Shopify, Anda harus memilih paket yang Anda mau dan memasukan informasi kartu kredit atau debit untuk melakukan pembayaran.

Apakah saya bisa meng-cancel atau memberhentikan layanan Shopify?

Ya, tentu saja! Anda dapat berhenti berlangganan Shopify kapan saja jika Anda merasa Shopify bukanlah solusi yang tepat untuk bisnis Anda.

Berapa lama kontrak langganan Shopify?

Semua biaya paket Shopify ini kontraknya per bulan. Kecuali jika Anda mendaftarkan akun dengan paket tahunan atau per dua tahunan.

Apakah ada diskon untuk biaya berlangganan Shopify?

Tentu ada! Shopify menawarkan diskon 10% untuk paket langganan per tahun dan diskon 20% untuk biaya berlangganan per 2 tahun.

Apakah saya bisa mengganti paket Shopify untuk upgrade dan downgrade?

Ya, tentu saja bisa! Anda dapat meng-upgrade atau men-downgrade paket langgannan Shopify Anda kapan saja.

Apakah Shopify menjamin keamanan data customer?

Ya, Shopify menjamin keamanana data customer Anda karena Shopify sendiri sudah memiliki sertifikasi Level 1 PCI DSS compliant. 

Apakah saya bisa menggunakan nama domain saya sendiri?

Ya, Anda bisa menggunakan nama domain Anda sendiri. Jika Anda belum memiliki nama domain, Anda juga dapat membelinya lewat Shopify atau menggunakan nama domain gratis, yaitu namatokoonline.myshopify.com 

Rating Product

8.5

Fitur Shopify

9.0/10

Harga

7.5/10

Keseluruhan

8.9/10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *