Jasa SEO Audit Profesional
Jika Anda menggunakan website untuk bisnis atau perusahaan, maka Anda harus memastikan kalau website tersebut dalam keadaan yang “sehat”! Bagaimana cara mengetahuinya? Dengan melakukan SEO Audit pastinya!
Sahabat setia Marketing Online Indonesia pasti mengetahui bahwa SEO (Search Engine Optimization) adalah kunci utama dalam mengembangkan suatu website agar isi dari website tersebut dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari di internet.
Pertanyaannya, bagaimana cara untuk mengetahui performa SEO website Anda saat ini?
Jawabannya sangatlah mudah, Anda dapat mengetahui hal tersebut dari kegiatan SEO Audit!
Karena SEO Audit sangatlah penting untuk dilakukan, maka usahakan untuk meluangkan waktu Anda setiap 6 bulan sekali untuk memerisa performance website Anda.
Namun, jika Anda merasa cukup sibuk dengan bisnis dan juga hal lainnya, Anda bisa meminta bantuan jasa SEO Audit profesional.
Salah satu jasa SEO audit profesional di Indonesia adalah Marketing Online Indonesia.
Dapatkan penawaran Jasa SEO Audit terpercaya!
Segera hubungi tim kami dan dapatkan pelayanan terbaik untuk meningkatkan performa website Anda dengan Audit SEO!
Apa itu SEO Audit?
SEO Audit merupakan suatu kegiatan analisis dan evaluasi performa SEO website untuk mengetahui apakah ada masalah-masalah yang harus segera diperbaiki agar dapat dikenali mesin pencarian di internet, baik masalah On-Page SEO, Technical SEO, maupun Off-Page SEO.
SEO Audit harus dilaksanakan secara rutin agar performa website Anda selalu konsisten mendapatkan peringkat terbaik dan memiliki visibilitas dalam hasil pencarian Google.
Idealnya, Anda harus melakukan Audit setiap 6 bulan sekali atau setahun 2 kali. Akan lebih baik lagi jika Audit dilakukan 3-4 bulan setelah Anda melakukan perubahan atau menjalankan strategi tertentu. Hingga nantinya hasil SEO Audit akan dijadikan tolak ukur keberhasilan (atau kegagalan) strategi Anda.
Mengapa SEO Audit Penting untuk Website?
Seperti yang baru saja dibahas, SEO audit penting dilakukan agar website Anda senantiasa dalam kondisi yang prima!
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa SEO audit penting bagi website Anda!
Tujuan utama dari melakukan audit SEO adalah untuk mendeteksi masalah-masalah apa saja yang sedang terjadi pada website dan menghambat kinerjanya. Apa saja sih faktor-faktor yang bisa menimbulkan masalah ini?
Berikut adalah 4 faktornya:
- Kecepatan Website
- 301 Redirects, 302 Redirects, 404 Error
- Site Architecture, breadcrumbs & URL Structure
- Crawlability
SEO On-page memiliki pengaruh besar bagi sebuah konten untuk dapat dengan mudah dikenali oleh mesin pencari. Apabila terdapat masalah pada SEO on-page, maka website Anda tidak memiliki performa yang optimal.
Berikut ini adalah contoh SEO on-page yang mempengaruhi kinerja suatu website.
Melakukan link building dengan situs-situs kredibel, relevan dan terpercaya adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan SEO website Anda. Mengidentifikasi backlink pada website secara berkala lewat SEO Audit dapat membantu Anda menemukan link-link spam yang kemungkinan bisa menurunkan performa SEO sehingga tidak dikenali oleh mesin pencari.
Melakukan SEO audit sama saja dengan mengevaluasi strategi Anda dalam membuat konten untuk bisnis atau pun perusahaan.
Apabila Anda rutin melakukan evaluasi ini, maka Anda bisa membangun content strategy yang tepat dan memiliki dampak signifikan di kemudian hari.
10 Langkah Melakukan SEO Audit Mandiri
Setelah mengetahui alasan mengapa melakukan SEO audit secara berkala itu penting, Anda perlu mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memulainya! Jika Anda berniat melakukan Audit SEO mandiri, Anda dapat mengikuti 10 langkah melakukan SEO website Anda yang kami siapkan di bawah ini;
1. Periksa Apakah Website Anda Sudah Mobile Friendly atau Belum
Di zaman sekarang ini, memiliki mobile phone atau handphone adalah salah satu kebutuhan yang harus dimiliki masyarakat digital. Mengapa? Karena kini aktivitas apapun bisa dilakukan lewat handphone saja; seperti belajar, meeting, main game, membaca, menonton film, mendengarkan musik dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah website Anda sudah bisa dioperasikan dengan maksimal dalam versi mobile atau belum. Anda bisa mengetahuinya dengan melakukan pengecekan di Pengujian Situs Mobile-Friendly Google.
2. Periksa Apakah Situs Anda Telah Diindeks Google
Penting bagi website Anda untuk dapat diindeks oleh Google. Sebab, apabila sebuah website belum terindeks, maka website tersebut tidak akan ditemukan oleh mesin pencari apapun di internet.
3. Perhatikan Kecepatan Website Anda
Tidak banyak orang yang cukup sabar untuk menunggu website yang loading-nya sangat lama. Maka, kecepatan website ini menjadi salah satu penentu keberhasilan SEO yang sangat berpengaruh. Optimalkan kecepatan website dengan memeriksa server dan juga gambar-gambar atau video yang Anda sertakan di halaman website Anda tersebut. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar dan masuk dalam batas ukuran yang didukung.
4. Analisis Trafik Organik Website Anda
Apakah trafik Anda naik selama menerapkan suatu teknik SEO? Apabila iya, maka Anda bisa terus pertahankan teknik SEO tersebut agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Apabila tidak ada kenaikan atau bahkan malah ada penurunan, maka Anda perlu merencanakan ulang strategi SEO yang bisa menyelamatkan keadaan website Anda.
5. Periksa Optimasi SEO On-page
Keyword, meta description, slugs, dan lain sebagainya sangat penting bagi sebuah artikel website. Pastikan keyword yang digunakan sudah diriset dan dianalisis, menggunakan gambar pendukung yang jelas teks alt-nya, keyword density, keyword difficulty, pembuatan judul berbasis SEO, dan lain sebagainya.
6. Periksa Apakah Ada Broken Link pada Website Anda
Broken link memberikan pengalaman yang kurang mengenakkan untuk pengunjung website Anda. Selain itu, link yang rusak ini akan membuat website Anda menjadi susah diindeks oleh mesin pencari. Akibatnya, kinerja SEO website Anda bisa menurun drastis!
7. Optimasi Konten Website Anda Agar Dipilih Menjadi Featured Snippet
Salah satu fitur Google yang sangat membantu website untuk mendapatkan trafik adalah dengan menjadi featured snippet. Berada di peringkat teratas Google SERP (Search Engine Result Page) dengan isi artikel lebih banyak dan juga bisa disertai gambar dan video juga merupakan kelebihan dari fitur ini. Featured snippet memang tidak bisa Anda kontrol, tetapi Anda bisa mengoptimalkan konten website Anda supaya bisa dipilih Google untuk fitur ini.
8. Periksa Backlink Website Anda
Anda harus menentukan mana backlink yang baik untuk optimasi website Anda dan mana yang sifatnya spam. Dengan demikian, website Anda bisa bekerja dengan maksimal dan SEO-nya pun optimal.
9. Belajar dari Kompetitor Anda
Persaingan kadang-kadang bisa membuat cemas, tetapi tidak dapat dipungkiri, guru yang baik bisa berasal dari pesaing Anda! Anda bisa menganalisis apa saja yang sudah Anda dan pesaing Anda lakukan, apa saja strategi yang berhasil, apa saja keyword yang digunakan, dan lain sebagainya. Anda bisa berkaca dari hasil kompetitor Anda. Apabila mereka bisa mendapatkan hasil yang baik, besar kemungkinan Anda juga bisa mendapatkan hasil yang baik pula!
10. Buat Konten yang Lebih Baik dan Menarik bagi Pembaca
Hal terakhir tapi yang paling penting adalah konten website! Apa yang Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO akan menjadi percuma apabila tidak disertai dengan konten yang bagus, menarik, dan berisi!
Perbanyak riset untuk membuat konten dan jangan lupa sertakan dengan gambar-gambar atau ilustrasi yang mendukung, video yang bisa memeriahkan konten website, dan juga jangan alergi untuk mengikuti trend terkini yang sedang terjadi di dunia digital.
Konten yang sesuai trend bisa jadi sangat menarik perhatian netizen dan viral!
Audit Website Anda Sekarang!
Layanan Audit performa SEO website Anda secara berkala akan membantu membuat strategi SEO yang lebih baik lagi hingga bisa muncul di halaman pertama. Ketika lalu lintas situs web meningkat, begitu pula potensi penjualan atau konversinya. MarketingOnline.ID menawarkan layanan SEO Audit dengan kualitas terbaik dari ahli seo yang profesional dan berpengalaman di bidang digital marketing yang ingin membantu perusahaan Anda bersaing di mesin pencari.