Panduan Lengkap Google MUM (Multitask Unified Model)

panduan lengkap google MUM

Last Updated on Agustus 21, 2023 by Monika Tanaya

Apabila Anda adalah pembaca setia artikel Marketing Online Indonesia, Anda pasti mengetahui bahwa ada banyak sekali cara yang bisa dioptimalkan untuk mencapai hasil SEO (Search Engine Optimization) terbaik! Sebagian dari Anda pun pasti sudah mengetahui tentang terobosan Google yang satu ini, yaitu Google MUM

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan Google MUM itu? Apa dampaknya terhadap SEO yang kita terapkan untuk mendapat peringkat terbaik di halaman hasil pencarian? Yuk simak panduan lengkapnya di artikel Marketing Online Indonesia kali ini ya!

Apa Itu Google MUM?

Google MUM adalah singkatan dari Multitask Unified Model, yang pada Mei 2021 lalu disebut oleh Google sebagai terobosan besar dalam Google Search yang menggunakan algoritma mutakhir di zaman ini. Google MUM adalah sebuah AI (Artificial Intelligence) yang dirancang secara canggih untuk menganalisis dan mengenali berbagai konten selayaknya manusia! 

Mengapa Google MUM Penting?

Selama ini netizen mengandalkan keyword untuk mencari sesuatu atau menemukan sesuatu di internet. MUM memberikan kemudahan yang sangat manusiawi karena bisa membantu Anda menemukan banyak hal tanpa harus mengetikkan keyword apapun. Inilah tujuan utama Google, yaitu memberi pengguna internet sebuah mesin pencari yang bisa memproses data yang sangat kompleks (foto, video dengan berbagai macam bahasa, dan lain sebagainya).

Terobosan ini akan menjadi sangat penting, karena MUM bisa membantu manusia mendapatkan jawaban yang sangat mendetail dengan ukuran waktu dan kecepatan pencarian yang lebih cepat dari versi sebelumnya. Selain itu, Anda pun tidak akan merasa sedang mencari jawaban di mesin pencari, tetapi lebih menanyakan suatu jawaban kepada “manusia” lainnya.

Gambaran Cara Kerja Google MUM

Seperti yang dijelaskan di blog Google, berikut ini adalah gambaran sederhana mengenai cara kerja Google MUM.

Anda adalah seseorang yang baru saja selesai mendaki sebuah gunung. Sebut saja Gunung Semeru. Setelah mendaki gunung tersebut, Anda berencana untuk mendaki Gunung Kerinci beberapa bulan lagi. Kemudian, Anda bertanya pada Google seperti ini:

“Saya baru saja mendaki Gunung Semeru. Apabila saya ingin mendaki Gunung Kerinci 4 bulan lagi, persiapan berbeda apa yang harus saya lakukan?”

Di hari-hari seperti sekarang ini, Google tentu bisa sangat membantu Anda! Hanya saja, Anda harus mencari dan membandingkan jawaban satu per satu seperti ketinggian masing-masing gunung, karakteristik cuaca di masing-masing bulan, latihan apa saja yang harus ditingkatkan, perlengkapan apa saja yang harus dibawa, dan lain sebagainya.

Nah, dengan Google MUM, Anda bisa langsung mendapatkan jawaban layaknya dari seorang ahli gunung, bukan mesin pencari. Anda akan langsung mendapatkan jawaban mengenai persiapan mendaki Gunung Kerinci untuk keadaan cuaca 4 bulan kemudian, exercise apa saja yang dibutuhkan, track pendakian yang akan Anda lewati, dan lain sebagainya tanpa harus mencarinya satu per satu kemudian membandingkannya.

Inilah yang dapat Google MUM lakukan!

Apa Kelebihan Google MUM? 

Anda sudah membaca sebagian informasi yang sangat positif mengenai Google MUM. Namun, apakah memang terobosan Google ini sangat layak untuk ditunggu?

YA! MUM sangat layak ditunggu dan inilah beberapa alasannya.

1. 1.000 Kali Lebih Powerful dari BERT

Google MUM diklaim 1.000 kali lebih powerful dari pendahulunya yang rilis pada tahun 2019, Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT). Hal ini dikarenakan MUM menggunakan T5 Text to Text framework (The Text-to-Text Transfer Transformer).

MUM lebih paham tentang pertanyaan-pertanyaan yang lebih kompleks dan dapat mengubah pemahaman dari keywords menjadi key phrases, sehingga penanya bisa mendapatkan jawaban yang lebih sesuai dengan keinginannya.

Oleh karena perubahan cara kerja ini, maka digital marketer harus bisa beradaptasi dengan Google MUM.

2. Menghilangkan Batasan Bahasa dan Memahami 75+ Bahasa Asing

Google MUM dapat memahami lebih dari 75 bahasa asing dan jelas ini akan menghapus batasan bahasa yang sebelumnya dimiliki oleh AI. Bahasanya pun tidak kaku, yang membuat Anda merasa sedang berbincang dengan seorang ahli bahasa!

Karena selama ini didominasi dengan pemahaman bahasa Inggris, pencarian dengan pertanyaan yang melibatkan konteks-konteks internasional lebih sulit mendapatkan jawaban pasti. Nah sekarang dengan Google MUM ini, kemungkinan Google untuk mengerti konteks-konteks internasional ini akan lebih besar lagi! 

Pencarian yang terlokalisasi ini tentu akan membawa dampak bagi SEO, bisnis, dan digital marketing. Maka dari itu, adaptasi dan pemanfaatan lokalisasi ini akan membuat persaingan semakin sengit!

Baca juga: Panduan Lengkap Content Writing AI Tools dan Software Terbaik

3. Memahami Informasi dari Berbagai Macam Format

Selain banyaknya bahasa yang dipahami, MUM juga akan memahami pertanyaan yang disertakan dengan gambar, foto, atau video. Dengan demikian, pertanyaan yang sulit diungkapkan penanya akan menjadi lebih mudah tersampaikan dengan adanya gambar ini. 

Misalnya, Anda mendapatkan informasi berupa gambar ilustrasi yang dilengkapi dengan tulisan Jepang. Pada umumnya, Anda akan mencari tahu arti dari tulisan dan makna gambar tersebut satu per satu. Namun di era Google MUM, Anda hanya perlu mengupload konten tersebut ke Google dan akan langsung mendapatkan jawabannya!

Google MUM menggunakan AI dengan level advanced untuk menyediakan informasi tanpa batas yang dapat dipertanggungjawabkan, yang tentunya mudah dan aman untuk diakses pengguna internet di seluruh dunia. Kecanggihan ini akan diaplikasikan ke Search supaya dapat memberikan jawaban yang lebih relevan dan membantu. Sampai sekarang ini, MUM masih terus dikembangkan agar Search menjadi lebih efisien dan “dilatih” untuk tidak memberikan bias kepada sistem.

Apa Saja Perubahan yang Dibawa Google MUM?

Seperti yang Anda baca, Google MUM membawa banyak kelebihan yang ternyata akan sangat mempengaruhi SEO. Mari kita bahas perubahannya satu per satu menurut laman SEO PowerSuite yaaa!

1. Terdapat Pilihan Pencarian Baru dengan Google Lens

Anda tidak perlu bingung lagi untuk melakukan pencarian dengan menjelaskan apa yang Anda lihat secara mendetail agar mendapatkan jawaban akurat dari Google! Waaah memangnya ada apa nih? Ternyata nantinya Anda bisa melakukan pencarian dengan Google Lens! Tinggal jepret, crop, upload, dan Google akan memberikan jawabannya lewat “visual matches” kepada Anda!

Anda juga bisa menjepret foto tanaman yang terkena hama dan menanyakan kepada Google tentang cara merawat tanaman tersebut. Jelas sekali kalau fitur baru ini akan menjadi sarana pemberi jawaban yang sangat menolong dan tentunya mempengaruhi treatment SEO Anda seperti memperbanyak penggunaan gambar di website Anda! Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan juga alternative text pada setiap gambar yang ada pada website Anda.

2. Ukuran Gambar Hasil Pencarian Terlihat Lebih Besar

Mungkin perubahan ini tidak terlihat membutuhkan AI. Namun, pencarian seperti kiat-kiat atau panduan untuk melakukan suatu aktivitas akan mengaktifkan image universal blocks di gambar-gambar hasil pencarian. Nantinya MUM-lah yang akan menentukan gambar-gambar web mana saja yang akan diperbesar dan menjadi daya tarik pengguna internet untuk mengkliknya!

Anda harus membuat suatu artikel yang SEO friendly dan mengerti teknik optimasi gambar / image SEO dan menjelaskan topik tulisan tersebut dengan sangat mendetail agar MUM mau menampilkan gambar besar dari artikel website Anda!

3. Analisis Video yang Lebih Mendetail

Google MUM nantinya akan mampu menganalisis bagian atau parts video secara lebih mendalam. Ia mampu memberikan suggestion berdasarkan part yang cocok dengan pencarian Anda!

Anda bisa mengoptimalkan SEO video Anda dengan SEO YouTube yang pernah dibahas di Marketing Online Indonesia. Karena sesungguhnya sistem komputer tidak membaca gambar bergerak, melainkan teks yang ada di dalam video tersebut. Sehingga, Anda harus membuat teks yang lengkap dan mendetail agar bisa dikenali oleh sistem Google MUM.

4. Fitur Rekomendasi Baru

Familiar dengan “people also ask” dan “related searches”? Google MUM akan menyediakan fitur rekomendasi baru yang mirip keduanya yaitu “things to know” (seperti “people also ask” tapi lebih mendetail) dan juga “broaden/ refine this search” (seperti “related search” tetapi lebih terfokus topiknya).

Belakangan ini SERP (search engine result page) memberikan hasil pencarian yang kompleks; tidak hanya menyediakan link biru yang tersusun rapi saat Anda menekan enter setelah memasukkan keyword atau key phrases. Anda akan menemukan snippet dan juga gambar/ foto, bahkan video-video terkait.

Ini perlu Anda perhatikan dan pelajari. Karena konten website Anda tentu akan mendapatkan lebih banyak saingan untuk berada di halaman pertama SERP. Oleh karena itu, Anda perlu menyertakan gambar-gambar yang mendukung artikel website Anda, video, dan juga tulisan yang ramah SEO!

6. Tidak Ada Lagi Ranking di Halaman Hasil Pencarian

Seperti yang dibahas di poin-poin sebelumnya, Google MUM akan menjadi mesin pencari yang sangat personal bagi penggunanya. MUM akan mempelajari history dan juga segala pertanyaan yang pernah disampaikan sehingga hasil yang dimuat dalam SERP satu orang dengan orang lainnya tentu akan sangat berbeda!

Kemudian, dengan banyaknya fitur khusus di SERP, akan sangat sulit menentukan mana artikel yang mendapatkan posisi pertama karena banyaknya hasil non-organik seperti iklan-iklan yang banyak muncul di bagian atas SERP.

Sehingga, tidak akan ada lagi yang namanya peringkat satu, dua, atau tiga. Yang ada hanyalah konten Anda termasuk atau tidak termasuk dalam bagian pencarian.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Konten dengan Google MUM?

Perubahan yang dibawa Google MUM memang sangat mempengaruhi treatment SEO untuk website Anda. Namun, jangan khawatir! Selalu ada jalan untuk mengoptimalkan konten website Anda yang pastinya akan membuahkan hasil baik jika Anda tekun melaksanakannya.

1. Membuat Konten Multi-modal yang Berkualitas Tinggi

Beberapa perubahan yang disebutkan sebelumnya menuntut Anda untuk membuat konten berkualitas tinggi, yang mampu dipahami dengan baik oleh manusia dan juga oleh sistem komputer. Konten multi-modal berkualitas tinggi tersebut terdiri dari gambar atau foto beresolusi tinggi yang menarik, nyaman, dan indah dilihat, video dengan kualitas baik dan memiliki alur cerita yang mudah dimengerti, dan juga artikel yang informatif serta mudah dipahami oleh sistem MUM.

Anda tidak harus menjadi ahli dalam satu malam, tetapi tentu bisa mempelajari dan juga menerapkannya dalam setiap kegiatan perwebsite-an Anda!

Baca juga: 

2. Pastikan Brand Anda Dapat Dikenali dengan Mudah dalam Konten yang Dibuat

Jangan sampai penelusur internet bingung setiap melihat konten yang Anda buat, apalagi sampai mengira konten tersebut adalah milik brand pesaing Anda! Nah… Anda harus pastikan brand Anda dapat dikenali dengan mudah dalam konten yang Anda buat tersebut ya! Sematkan logo dalam konten, gunakan warna logo untuk mendominasi konten dan laman website Anda, serta buat ciri khas tersendiri untuk brand Anda.

Baca juga: Mengenal Konsep Ekuitas Merek (Brand Equity) dan Cara Membangunnya

3. Fokus pada Customer’s Journey

MUM menerapkan pencarian yang personal, mendetail, dan bercabang bagi penggunanya. Oleh karena itu, Anda sebisa mungkin membuat konten informatif yang sejalan dengan “pemikiran” Google. Contohnya seperti ini.

Apabila Anda menjual produk mebel, maka orang-orang yang mempertimbangkan untuk membeli atau sudah membeli produk mebel tersebut akan mencari cara untuk merawat mebel yang terbuat dari kayu tersebut. Anda juga bisa membuat konten tentang proses pembuatan mebel, proses varnish untuk perlindungan kayu, jenis-jenis kayu, dan masih banyak lagi!

4. Bergabung dengan Google Merchant Center

Apabila Anda ingin membuat produk Anda muncul di bagian atas SERP sebagai suggestion dari Google, maka ada baiknya jika Anda mendaftarkan produk-produk Anda tersebut ke Google Merchant Center. Anda perlu memanfaatkan program ini karena tujuannya jelas, yaitu mempromosikan produk Anda yang terverifikasi oleh Google. Selain itu, apabila ada pencarian yang terkait dengan produk Anda tersebut, Google akan menyertakannya bersama produk-produk lain yang serupa. 

Selain Google Merchant Center, ada juga WooCommerce dan Shopify yang sama-sama telah menjalin kerja sama dengan Google.

Baca juga: Shopify Review: Platform Toko Online untuk Bisnis Anda

5. Utamakan Entitas dari pada Keyword

Ke depannya, MUM tidak akan hanya melihat keywords yang berulang dalam suatu artikel website untuk melihat relevan atau tidaknya suatu artikel. Mesin pencari akan melihat kombinasi keywords yang tepat, building links yang bukan hanya backlinks saja, dan juga shema markup.

6. Gunakan Semua Mark Up yang Tersedia

Seringkali Google menjawab pertanyaan user dengan menggunakan bagian-bagian kecil dari konten Anda. Selain itu, ada featured snippet yang menyediakan jawaban lebih mendetail di bagian atas SERP dan juga ada video dari YouTube yang menjadi jawaban beberapa pertanyaan “how to”. Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan konten Anda supaya bisa menjadi featured snippet dan juga membuat videonya di YouTube. 

Baca juga:

7. Bagi Konten Anda dalam Bab atau Sub-bab

Bantu Google mengenali isi konten website Anda dengan membaginya dalam bab (heading) atau sub-bab (heading 1, 2, 3). Selain itu, usahakan agar ada keyword di dalam masing-masing headings tersebut. Hal ini dilakukan agar Google dapat dengan mudah menemukan konten Anda berdasarkan keyword yang disematkan dalam heading yang sudah Anda buat sedemikian rupa.

Semakin Anda mahir dalam merangkai judul bab dan sub-bab, semakin besar pula kemungkinan relevansi konten tersebut dengan jawaban yang Google inginkan!

8. Jangan Pernah Berhenti untuk Belajar!

Sistem komputer akan terus berkembang dan disempurnakan. Oleh karena itu, kita semua tidak boleh berhenti belajar dan terpaut pada salah satu cara atau metode. Kita semua harus bisa beradaptasi dan menganalisis metode apa yang sebaiknya tetap dilakukan, ditinggalkan, dan juga dikembangkan.

Belajarlah untuk mengikuti arus pembaharuan dari sumber yang kredibel, dari sesama pegiat usaha, hingga kompetitor bisnis Anda!

Apakah Anda Siap Menyambut Google MUM? 

Naaah… akhirnya selesai sudah penjelasan tentang Google MUM yang sedang diuji lebih lanjut dalam versi beta. Mungkin hanya tinggal menunggu waktu hingga akhirnya MUM menjumpai pengguna internet dan menjawab segala pertanyaan yang spesifik sekalipun!

Sampai tiba masanya nanti, mari persiapkan konten website Anda dengan kiat-kiat yang sudah dijelaskan tadi ya! Semoga ulasan ini membantu dan sila baca ulang artikel ini jika Anda membutuhkannya. Selamat mencoba!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

Penulis: Tami Kira
Editor: Yoan Letsoin

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *