Website Launch Checklist: 30+ Hal Yang Wajib Diperiksa Sebelum dan Sesudah Launching Website

Website Launch Checklist dan hal-hal yang wajib diperiksa

Last Updated on September 2, 2023 by Monika Tanaya

Ada kalanya kita bisa mencontoh ibu rumah tangga yang selalu melakukan persiapan sebelum berbelanja: mencatat barang-barang apa saja yang harus dibeli supaya tidak ada yang tertinggal. Begitu pula dengan Anda yang ingin meluncurkan website baru perusahaan atau bisnis Anda. Buatlah website launch checklist agar tidak ada langkah-langkah atau pun persiapan yang terlupa!

Melahirkan sebuah website bukanlah proses yang mudah dan singkat. Anda akan menemukan banyak tools atau software yang bisa membantu proses ini, tetapi untuk membuat website dengan dasar yang kuat, Anda perlu memeriksa semua tahapan agar tidak ada satu pun yang terlewat.

Apa Itu Website Launch Checklist?

Website launch checklist adalah sebuah daftar periksa (checklist) yang dipersiapkan dengan cermat sebagai persiapan untuk meluncurkan suatu website baru. Jadi, ada checkbox yang tersedia di tiap-tiap tahapan yang perlu dilakukan oleh pembuat website. Setelah tahapan tersebut dilakukan, pembuat website memberikan simbol check (v) sebagai tanda tahapan tersebut selesai dan lanjut ke tahapan selanjutnya.

Mengapa Website Launch Checklist Penting?

Mempersiapkan peluncuran website baru pasti menguras waktu dan tenaga. Tidak menutup kemungkinan pula kesibukan tersebut membuat Anda lupa atau tidak fokus. Dari pada merasa frustasi untuk coba mengingat-ingat apa yang harus dilakukan, lebih baik persiapkan website launch checklist sebagai pemandu Anda!

Dengan adanya checklist ini, Anda memiliki semua poin-poin penting dan juga krusial untuk diperiksa dan dilakukan tes sebelum website baru Anda terbentuk.

Kemudian, apabila Anda memiliki bisnis dalam bidang membuat dan sekaligus meluncurkan website baru, maka jaminan launching yang mulus dan tanpa masalah berkat sistem checklist ini bisa menjadi hasil yang baik untuk ditawarkan ke calon klien Anda. 

Checklist Untuk Konten dan Search Engine Optimization (SEO) 

Supaya Anda bisa memeriksa kesiapan website secara efisien, website launch checklist ini dibagi dalam beberapa kategori ya! Yang pertama adalah checklist untuk konten dan SEO. Konten adalah isi dari website Anda yang menjadi alasan bagi calon audiens untuk mengunjungi website Anda tersebut. Kemudian SEO merupakan kunci utama agar isi website Anda dapat muncul di halaman utama SERP (Search Engine Result Page). Dua hal ini penting untuk keberlangsungan website baru Anda, maka dari itu sebaiknya bagian ini dicek pertama kali   

1. Pastikan Konten Anda Bebas Error

Mesin pencari seperti Google bisa menemukan konten website Anda dengan membaca isi tulisan konten tersebut dengan mendetail. Kata-kata dan juga keyword yang sudah ditargetkan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai ada kesalahan penulisan atau typo, karena hal itu bisa menyebabkan tulisan Anda tidak terbaca oleh mesin pencari dan akhirnya menurunkan performa website yang baru akan diluncurkan ini. Tulisan juga harus bisa dengan mudah dibaca, dimengerti, dan nyaman dilihat mata.

Selain memperhatikan tulisan, gambar-gambar yang ada di konten website juga harus memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, memiliki alt text, dan resolusi yang baik. Video dan audio juga diharapkan dapat beroperasi dengan baik.

2. Pastikan Semua Halaman Website Anda Lengkap

Jangan lakukan website launch apabila Anda belum melengkapi halaman-halaman website yang penting untuk calon audiens Anda. Audiens Anda nanti pasti bingung dan menganggap website Anda tidak kredibel dan mencurigakan dengan konten halaman yang tidak selesai. Berikut ini adalah halaman-halaman yang harus dimiliki oleh sebuah website, yang dilansir dari Website Set Up.

  1. Homepage: sebuah halaman yang menampilkan visi, call-to-actions, dan juga panduan untuk calon audiens
  2. About Page: sebuah halaman yang menceritakan tentang siapa Anda atau perusahaan Anda, dan juga memuat value dari brand Anda
  3. Product/ Service Page: sebuah halaman yang berisi penawaran produk atau jasa perusahaan Anda, memuat daftar harga produk atau jasa
  4. Blog Page: sebuah halaman yang berisi informasi, FAQ, dan tulisan lainnya yang mendukung performa website
  5. Contact Page: sebuah halaman yang menampilkan kontak Anda; biasanya terdapat nomor telepon, alamat email, alamat kantor, dan akun media sosial

3. Pastikan Copywriting Selaras dengan Brand Anda

Pastikan copywriting selaras dengan brand Anda supaya calon audiens website Anda memahami value brand Anda tersebut. Visi misi, tagline, hashtags, bahasa, dan lain sebagainya juga harus konsisten dan mencerminkan brand Anda tersebut.

4. Periksa Format Artikel Website

Format artikel melingkupi paragraf dan juga pengaturan heading. Pastikan untuk menggunakan heading 1 (H1) untuk judul, kemudian heading 2 (H2) untuk sub judul, dan seterusnya. Pemakaian heading ini nantinya akan berpengaruh ke SEO.

5. Review Title Tag yang Berbasis SEO

Usahakan untuk menempatkan keyword atau keyphrases yang ditargetkan sebagai awal judul, tidak terlalu panjang, dan pemilihan judul yang menarik untuk setiap konten. Karena pembuatan judul yang berbasis SEO itu bisa mengoptimalkan performa konten sekaligus website Anda.

6. Cek Meta Description Artikel Anda

Meta description yang menarik rasa ingin tahu dan menjelaskan apa saja yang bisa calon audiens temukan dalam website bisa menghasilkan trafik yang tinggi untuk website Anda. Karena yang calon audiens itu baca di Google SERP (Search Engine Result Page) adalah meta description yang Anda buat.

7. Periksa Link Internal Website

Anda bisa menautkan link dari konten satu ke konten yang lain di website Anda. Gunakan keyword atau keyphrases yang relevan sebagai anchor text ke halaman yang dituju. Pastikan link-nya sesuai dan tidak ada typo ya!

8. Pastikan Artikel Website Anda Memuat Keyword yang Ditargetkan

Selain judul yang berbasis SEO, Anda juga wajib memuat keyword atau keyphrases yang ditargetkan dalam artikel website Anda! Pelajari juga tentang SEO on-page dan juga off-page supaya website Anda lebih optimal performanya.

9. Review CTA (Calls-to-Action)

Pastikan halaman-halaman website Anda memiliki konten yang menerapkan calls-to-action untuk menarik minat pengunjung website Anda untuk menjadi member, berlangganan newspaper, atau bahkan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

10. Periksa Gambar yang Digunakan dalam Konten Website

Jangan lupa periksa image SEO seperti alt tags, alt text, ukuran resolusi, dan juga deskripsi pada gambar yang Anda cantumkan di konten-konten website Anda ya!

Checklist untuk Review Desain Website 

Setelah memeriksa konten dan SEO website Anda, selanjutnya Anda harus memeriksa kembali desain website Anda. Desain website yang menarik dan nyaman dipandang mata bisa menentukan apakah pengunjung betah atau tidak selama melihat konten website Anda.

1. Periksa Logo Perusahaan dan Favicon (Site Icon)

Periksa logo perusahaan Anda, apakah sudah dalam format terbaik dan tercantum dengan jelas. Selain itu, ada juga favicon atau sering juga disebut site icon yang harus diperiksa. Favicon ini terletak di sebelah judul situs perusahaan yang terlihat dari jendela (window) pengunjung website Anda. Favicon ini juga akan muncul sebagai icon aplikasi saat pengunjung website menandai situs Anda di bookmark, favorite site, atau juga icon saat mereka menyimpan website Anda di gadget.

2. Bandingkan Desain Website yang Disetujui dengan Desain Hasil Akhirnya

Berpedoman dengan desain website yang menjadi acuan dan tentunya sudah disetujui akan sangat mempermudah proses selanjutnya dalam peluncuran website. Nah, tugas Anda adalah memeriksa hasil akhir desain website dengan perencanaan awal. Apabila ada yang belum sesuai, segera lakukan perbaikan saat melakukan checklist ini ya!

3. Pastikan Website Mampu Memproses Responsive Design

Masyarakat kini tidak hanya menggunakan komputer atau laptop untuk melihat-lihat website. Ada handphone dengan berbagai ukuran resolusi layar dan juga tablet. maka pastikan website Anda bisa memproses desain yang responsif.

4. Cek Lisensi Gambar atau Font yang Digunakan

Jangan lupa untuk memeriksa lisensi gambar dan font yang Anda gunakan untuk membuat website ya! Karena gambar maupun font yang ilegal atau bermasalah lisensinya bisa menimbulkan masalah legalitas di kemudian hari.

5. Pastikan Desain Website Nyaman untuk Dipandang

Cek kembali komponen, struktur, pemilihan warna, dan tatanan website Anda. Pastikan apa yang Anda lihat adalah desain dengan yang nyaman bagi Anda dan juga calon pengunjung website Anda.

6. Persiapkan Desain untuk Halaman Error 404

Kemungkinan error menimpa sebuah website memang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, persiapkan desain untuk halaman error yang berisi permohonan maaf dan pengecekan segera dari tim Anda. Buatlah desain yang tetap menarik untuk dilihat ya!

Checklist Untuk Website Analytics 

Salah satu pemeriksaan yang penting adalah website analytics, karena data tidak dapat diambil seutuhnya apabila ada satu komponen saja yang hilang. Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan ini di awal, karena apabila website Anda sudah berjalan, tidak akan ada rekam jejak perbaikan yang tersimpan.

1. Periksa Ulang Sertifikat SSL Website Anda

Pengunjung pasti akan merasa aman dalam mengakses website Anda apabila ada tanda HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Nah, bagaimana caranya agar Anda mendapatkan tanda HTTPS tersebut? Caranya adalah dengan memastikan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) Anda bekerja dengan baik dan memvalidasi identitas website Anda.

Apabila SSL website Anda tidak bekerja dengan baik, maka akan muncul tulisan “not secured” di sebelah alamat situs Anda.

2. Atur Akses ke Google Analytics

Pastikan Anda memiliki akses ke Google Analytics agar bisa memonitor dan menganalisis website Anda. Apabila belum memiliki akses penuh, mintalah akses penuh saat melakukan checklist ini.

3. Atur Filter IP Address

Agar Anda mendapatkan hasil akurat saat menganalisis website, atur alamat IP Anda agar tidak ikut terlacak oleh website Anda. Karena jika tidak, angka trafik website Anda akan menjadi tidak akurat.

Checklist Untuk Website Browser Testing 

Pemeriksaan dalam bentuk testing ini sangat penting agar Anda dapat mengetahui sudut pandang pengunjung website Anda. Berikut ini adalah list test yang harus Anda lakukan.

1. Periksa dan Lakukan Tes Kecepatan Website

Anda bisa melakukan tes ini dengan mengunjungi Google PageSpeed. Kecepatan website penting karena bisa mempengaruhi SEO. Pelajari juga cara mempercepat waktu loading website di sini ya!

2. Periksa dan Lakukan Tes HTML/ CSS

Periksa ulang apakah ada HTML/ CSS yang error kemudian perbaiki segera.

3. Tes untuk Mengupload File

Pastikan tidak ada error saat mengupload file di CMS (Content Management System).

4. Tes Form yang Ada di Website Anda

Periksa apakah form yang muncul di halaman website Anda (halaman terima kasih, email respon otomatis, dan lain sebagainya) berfungsi dengan baik.

5. Tes Website Untuk User Experience (UX)

Tes ini akan memberikan gambaran tentang pengalaman pengunjung saat mengunjungi website Anda.

6. Tes Website di Berbagai Macam Browser

Pengunjung website pastinya memiliki browser favoritnya sendiri. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan tes di berbagai macam browser agar yakin website Anda dapat terbuka dengan sempurna di manapun pengunjung membuka website Anda..

Checklist Akhir Sebelum Launching

Pada tahap akhir sebelum launching, pastikan media sosial, newsletter, dan platform terkait lainnya sudah terhubung dengan akun yang tepat. Setelah itu, periksa lagi checklist Anda. Apabila sudah lengkap, maka website Anda siap untuk diluncurkan!

Checklist Sesudah Launching 

Setelah Anda melakukan website launch, akan ada jeda waktu hingga 48 jam sampai website Anda benar-benar live di internet. Oleh karena itu, manfaatkan jeda waktu ini untuk memeriksa website Anda kembali dan mulai lakukan promosi agar semua orang tahu akan ada website baru yang bisa mereka kunjungi!

1. Pastikan Data Website Anda Terkumpul di Google Analytics

Anda harus melakukan verifikasi, apakah Google Analytics bisa memproses dan mengumpulkan data-data dari website Anda.

2. Pastikan Tidak Ada Error di Sitemap

Ajukan pembaruan untuk sitemap dan pastikan tidak ada error di sitemap baru ini.

3. Pastikan Website Anda “Fetch as Google”

Lakukan tahapan ini setelah Anda memastikan sitemap baru tidak error. Buka menu “Crawl” lalu pilih “Fetch as Google” agar website Anda mendapatkan indexing.

4. Periksa Robot.txt Website Anda

Pastikan robots.txt website Anda tidak memiliki pengaturan noindex dan nofollow, begitu pula dengan halaman-halaman website Anda.

5. Buat Pengumuman Website Launching

Sebagai langkah memberikan pengumuman dan memperkenalkan website baru, Anda bisa menuliskan alamat website Anda sebagai signature text di email Anda. Selain itu, Anda bisa membuat newsletter dan juga menulis press release (jika diperlukan).

6. Buat Postingan Website Launching di Media Sosial

Agar dapat langsung berinteraksi dan melihat engagement dengan warga internet, maka sebaiknya Anda juga mengoptimasi media sosial untuk perusahaan atau bisnis Anda.

Di sini, Anda bisa turut membagikan kabar website launching kepada followers dan melakukan kegiatan yang bisa menarik mereka untuk mengunjungi laman website Anda.

Buat Website Launch Checklist Anda Sekarang! 

Website Launch Checklist selesai dibuat dan Anda akhirnya siap untuk meluncurkan website baru Anda! Tidak perlu ragu, cemas, dan takut ada yang terlupa, karena website launch checklist yang Anda buat memastikan segalanya right on track! Selamat meluncurkan website baru tanpa khawatir! Jika Anda butuh bantuan jasa pembuatan website terbaik di Indonesia, hubungi langsung Tim MarketingOnline.id! Kami siap membantu.

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

Penulis: Tami Kira
Editor: Yoan Letsoin

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *