Last Updated on Februari 25, 2023 by Yoan Letsoin
Kehadiran Internet tidak hanya dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai media untuk mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi, melainkan juga untuk aktivitas ekonomi, salah satunya seperti memiliki usaha e-commerce. Per tahun 2019, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, telah ada lebih dari 17.000 usaha E-commerce yang tersebar pada seluruh provinsi di Indonesia. Mayoritas usaha online bergerak di bidang perawatan mobil, motor, fashion, makanan, minuman, dan kosmetik.
Sama seperti berjualan di toko offline pada umumnya, pemilik toko online juga wajib melakukan kegiatan marketing atau aktif melakukan kegiatan pemasaran, yang dikenal dengan istilah Digital Marketing. Dengan strategi digital marketing yang sesuai, toko online Anda akan memperoleh pengunjung yang nanti nya berpotensi menjadi customer Anda.
Digital Marketing ini bisa Anda lakukan sendiri atau juga dengan bantuan tim yang sudah professional. Ada pun beberapa pilihan aplikasi digital Marketing yang dapat mendukung Anda dalam mengelola sebagai pemilik website toko online. Sepenting apakah rekomendasi aplikasi-aplikasi tersebut ? Mari Anda simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.
Apa itu Aplikasi Digital Marketing?
Aplikasi digital marketing merupakan alat yang digunakan sebuah perusahaan atau pebisnis dalam memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan secara online. Banyak software digital marketing yang dapat membantu untuk membangun nilai suatu merek yang dapat membuat pelanggan untuk kembali. Karena aplikasi digital marketing dapat menjangkau targer pasar yang lebih potensial.
Jangkauan target pasar yang luas dapat membantu para pembisnis atau perusahaan untuk mengevaluasi pemasaran yang mereka jalankan. Fitur-fitur dari aplikasi tersebut pun sangat beragam yang mampu memberikan hasil laporan dan analisis. Aplikasi CRM yang terintegrasi pada aplikasi digital marketing menjadi salah satu pilihan yang digunakan untuk kegiatan pemasaran karena dapat membantu operasional yang efektif secara online.
Baca Juga: Panduan Lengkap Tentang CRM Software untuk Pemula
Apa Saja Jenis Aplikasi Digital Marketing?
Aplikasi digital marketing mana yang harus Anda miliki? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan Anda. Berikut ini jenis-jenis aplikasi digital marketing yang dibutuhkan toko online Anda:
Aplikasi social media management tools
Media sosial adalah salah satu sarana pemasaran efektif yang dapat menjangkau dan meraih target pasar. Mengelola media sosial membutuhkan aplikasi social media management untuk dapat membantu bisnis Anda untuk melakukan pemasaran. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda mengelola semua fitur dari media sosial dan memungkinkan Anda untuk memposting konten sesuai dengan target Anda.
Aplikasi email marketing tools
Aplikasi email marketing sangat berfungsi bagi Anda yang menggunakannya sebagai alat pemasaran dan strategi pemasaran Anda. Email marketing dapat digunakan dari awal hingga akhir dari pemasaran yang terjadwalkan sesuai dengan periodenya. Aplikasi email marketing memberikan fitur mulai dari daftar, template pengiriman email hingga menghasilkan kampanye pemasaran.
Aplikasi SEO (Search Engine Optimization) tools
Persaingan dalam dunia digital marketing sangatlah ketat. Banyaknya perusahaan yang berusaha untuk meningkatkan pelanggan dengan menjadikan mereka dihalaman pertama Google. Apa bila Anda salah satunya, Anda membutuhkan aplikasi yang dapat mengoptimalkan bisnis Anda dalam mesin pencarian Google. Sehingga target pasar Anda dapat mencari informasi merek, produk, atau jasa Anda dengan lebih mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi SEO tools untuk ini!
Conversion optimization tools
Conversion optimization tools ini menjadi salah satu alat bantu untuk memaksimalkan target Anda untuk masuk ke dalam leads produk atau jasa Anda. Tombol call-to-action membantu pelanggan baru Anda untuk menghubungi Anda terkait yang Anda sajikan. Conversion optimization tools juga dapat menjadi petunjuk Anda dalam meningkatkan pendapatan Anda.
Baca Juga: Mengenal Konsep Conversion Rate dan Cara Optimasinya
Landing page dan lead capture tools
Landing page tools dan lead capture tools adalah salah satu platform pemasaran yang fokusnya pada prospek dan memastikan bahwa traffic Anda tidak sia-sia. Tools ini dapat membantu Anda untuk mendatangkan prospek lebih banyak dan konversi bisnis Anda terhadap para pengunjung yang berani mengambil tindakan.
Omnichannel
Jika Anda memiliki saluran komunikasi untuk penjualan Anda mungkin Anda akan kerepotan mengurus semua channel dalam waktu bersamaan. Sekarang Anda bisa menggunakan sistem omnichannel untuk membantu Anda mengintegrasikan berbagai saluran bisnis dalam satu platform.
Lead enrichment tools
Aplikasi Lead enrichment tools ini dapat mendokumentasikan dengan baik tentang para pengunjung website Anda. Sehingga dapat memberikan data terkait yang mereka lakukan pada website Anda. Anda menggunakan aplikasi ini agar memahami prospek dan info penting untuk menjangkau pengunjung yang menunjukan minat. Aplikasi ini juga memberikan pandangan secara holistik terhadap traffic dari bisnis Anda.
Aplikasi CRM
Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) membantu Anda mengelola segala interaksi atau data pelanggan dalam database terpusat. Data tersebut digunakan oleh pelaku bisnis untuk merencanakan strategi yang berkaitan dengan pelanggan seperti melakukan kampanye pemasaran digital. Aplikasi CRM juga membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang pelanggan butuhkan dan tren apa saja yang sedang ada pada pasaran saat ini. Sehingga Anda dapat membuat strategi yang tepat sasaran dan lebih efektif.
Aplikasi desain grafis
Anda pasti membutuhkan visualisasi pada saat melakukan strategi pemasaran untuk menarik perhatian para pelanggan. Banyak aplikasi desain grafis yang bisa Anda gunakan sebagai pendukung pemasaran Anda, salah satunya adalah Canva dan alternatifnya. Jika Anda tidak mempunyai anggaran atau budget yang sesuai untuk seorang desainer, Anda memiliki banyak pilihan aplikasi tidak berbayar yang bisa Anda gunakan.
Manfaat Melakukan Digital Marketing Untuk Toko Online
Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009) menjelaskan bahwa Digital Marketing merupakan aktivitas pemasaran yang dapat Anda lakukan melalui berbagai media publikasi dan komunikasi. Aktivitas branding mengenai toko online pun termasuk. Media yang dapat Anda gunakan, seperti website, e-mail, blog,social media, dan lain-lain.
Ada pun beberapa manfaat / keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika sudah melakukan Digital Marketing, yaitu.
a) Pemasaran yang lebih cepat
Konten yang anda publikasikan dalam website toko online Anda, dapat tersebar lebih cepat. Dalam hitungan detik, orang-orang di seluruh dunia dapat mengakses informasi tersebut dan membacanya.
b) Pemasaran yang lebih luas
Anda dapat melakukan penjualan ke seluruh Indonesia bahkan dunia, tanpa dibatasi oleh jarak geografis toko Anda. Hal ini memberikan manfaat bahwa customer Anda akan memiliki potensi berasal dari banyak kota bahkan negara yang berbeda dengan Anda.
c) Pemasaran yang efektif dan efisien
Jangkauan yang lebih luas dan cepat membuat anggaran pemasaran Anda lebih ramping atau efisien. Selain itu, dengan digital marketing Anda bisa menentukan target / sasaran pasar yang sesuai dengan toko online Anda, sehingga anggaran yang dikeluarkan bisa menjadi efektif karena tepat sasaran.
d) Pemasaran yang lebih mudah diukur
Setiap informasi atau pun iklan yang Anda publikasikan melalui media digital marketing, Anda dapat mengukur tingkat keberhasilannya dengan data angka. Anda bisa melihat data berapa banyak pengunjung website Anda dalam per hari, berapa lama orang memperhatikan produk pada toko online Anda, berapa banyak orang melihat iklan yang Anda pasang, berapa persen konversi penjualan yang terjadi, dan lain sebagainya.
e) Pemasaran yang mendukung kepercayaan merek
Zaman sekarang mayoritas orang akan melakukan survey online terhadap produk / jasa yang akan mereka beli. Hal tersebut kegiatan yang paling mudah dilakukan dan cepat mendapatkan info yang dibutuhkan. Maka dari itu, penting sekali Anda melakukan strategi digital marketing yang sesuai untuk mendukung kepercayaan merek.
Baca Juga: Apa itu Ekuitas Merek (Brand Equity)?
25 Rekomendasi Aplikasi Digital Marketing untuk Pemilik Toko Online
1. Canva
Anda bisa menggunakan aplikasi Canva untuk memenuhi kebutuhan materi desain website toko online. Membuat material kreatif seperti poster promosi, brosur, dan lainnya akan terasa semakin mudah.
Kelebihan:
- Memiliki banyak pilihan template untuk jenis desain yang diinginkan
- Memiliki ragam Animasi dan efek yang dapat digunakan
- Mendukung berbagai format
- User-friendly/mudah digunakan untuk pemula
Kekurangan:
- Pilihan design yang terbatas untuk pengguna akun Free/tidak berbayar
- Berbagi desain anggota tim tidak mudah dilakukan.
2. Mailchimp
Selain fokus dengan website dan media social, ada juga platform email yang bisa Anda maksimalkan untuk terhubung dengan pelanggan. Aplikasi otomatisasi ini akan membantu Anda dalam melakukan strategi email marketing. Setelah email tersebar, Anda pun bisa melihat laporan hasil performanya.
Kelebihan:
- Memungkinkan untuk menggunakan template pada e-mail marketing Anda
- Tersedia integrasi untuk aplikasi online lainnyaUser-friendly
Kekurangan:
- Fitur live chat tidak bekerja dengan cepat
- Pilihan paket untuk berlangganan tidak mudah digunakan
- MailChimp dapat memblokir akun Anda
- Aplikasi ini akan terasa sulit bagi beberapa pengguna
3. Google Analytics
Setelah berhasil menyusun strategi yang tepat sasaran, aplikasi ini hadir juga untuk membantu Anda mengukur keberhasilan strategi Anda. Mulai dari tingkat traffic website atau jumlah pengunjung, efektivitas kata kunci Anda, jangkauan pasar, dan lainnya. Selain Google Analytics, Anda juga harus memeriksa beberapa tools gratis yang diberikan Google untuk para entrepreneur mengembangkan website toko online mereka.
Kelebihan:
- Dapat menganalisis secara langsung sehingga membantu Anda untuk melihat di mana orang membuka web Anda secara real-time
- Membantu Anda untuk melihat/mencari data berdasarkan kepribadian para pengguna
Kekurangan:
- Banyak pengaturan secara manual
- Interface yang diberikan kurang user-friendly
4. Google Ads
Manfaatkan peluang menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan menggunakan fasilitas aplikasi Google Ads ini. Singkatnya, aplikasi ini mendukung Anda ketika hendak memasang iklan. Anda bisa menyiapkan dahulu konten yang ingin Anda sebarluaskan, baik dalam bentuk teks, gambar, mau pun video.
Kelebihan:
- Memberikan tingkat konversi yang baik untuk para pengguna
- Membuat iklan menjadi lebih mudah
- Menampilkan data secara real-time
Kekurangan:
- Segmentasi terbatas untuk pemilihan audiens
- Pengguna memiliki keterbatasan sesuai dengan budget yang pengguna
5. Mint
Mint merupakan aplikasi keuangan online pribadi yang sangat populer dan terbaik. Aplikasi Mint membantu Anda menyinkronkan rekening bank, kartu kredit, akun PayPal, dan investasi Anda selain itu juga membantu Anda mengelola keuangan. Anda perlu mengunduh aplikasi Mint pada ponsel Anda dari sini. Kemudian membuka akun dan menyinkronkannya dengan akun keuangan lainnya. Aplikasi Mint melacak pendapatan dan pengeluaran Anda, yang sangat penting dalam membuat anggaran yang sesuai. Anda dapat menetapkan tujuan finansial untuk semua kegiatan keuangan apa pun di sini.
Kelebihan:
- Memantau keuangan Anda menjadi lebih mudah
- Dapat menyusun anggaran secara otomatis
Kekurangan:
- Anda harus memberikan informasi terhadap akun bank, kartu kredit untuk mendaftar.
- Memiliki funsi yang sangat terbatas
- Ketergantungan pada koneksi jaringan internet
6. Trello
Ketika Anda bekerja sendiri maupun bersama tim, tetap catat to-do-lists dengan jelas supaya tidak ada yang terlewatkan. Anda bisa kelola dengan mudah memanfaatkan fitur yang disediakan aplikasi Trello sebagai software manajemen proyek yang paling popular. Namun, jika Anda bekerja dengan tim kerja dalam jumlah banyak dan membutuhkan fitur lebih kompleks, lebih baik untuk mencari alternatif lain selain Trello.
Kelebihan:
- Membantu tim untuk mengatur project yang sedang dijalankan hingga tugas yang harus dilakukan setiap harinya
- Memudahkan tim untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik
- Mengatur/mengorganisir tugas ataupun aktivitas tim
Kekurangan:
- Versi gratisnya tidak mempunyai fitur lanjutan sehingga Anda harus membeli lisensi jika Anda ingin menggunakannya dalam skala besar
7. Unsplash
Aplikasi ini menyuguhkan Anda banyak pilihan koleksi stock foto dengan resolusi tinggi dan diperbolehkan diunduh secara gratis. Stok foto-foto di sana bisa dimanfaatkan untuk mendukung konten visual projek Anda.
Kelebihan:
- Memiliki kualitas gambar yang tinggi
- Memiliki banyak kategori yang bisa digunakan
- Dapat terintegrasi dengan platform lain
Kekurangan:
- Lisensi gambar terbatas
- Persaingan yang tinggi
- Tidak memiliki kontrol penuh atas gambar
8. Act!
Act! lebih dikenal sebagai perangkat lunak Customer Relationship Management (CRM) daripada sebagai aplikasi digital marketing . Act! memiliki beberapa fungsi otomatisasi pemasaran yang bisa membantu perusahaan mengelola strategi periklanan dan hubungan dengan pelanggan.
Kelebihan:
- Adanya integrasi aktivitas penjualan dan pemasaran, yang dimana agen pemasaran meneruskan proses selanjutnya kepada agen penjualan yang tepat.
- Dapat mengelola KPI yang penting untuk semua proses bisnis
- Dapat memasarkan dan menggunakan template untuke-mail yang berkualitas
- Terintegrasi juga dengan aplikasi bisnis lainnya seperti Outlook, Slack, QuickBooks Online, dan lainnya
Kekurangan:
- Waktu respon sangat lambat atau lama, terutama pada layanan call center
- Kualitas layanan berbeda dari setiap agen yang menangani masalah
9. Expensify
Expensify adalah perangkat lunak yang dikenal untuk membantu bisnis dalam mencari dan melaporkan pengeluaran mereka dengan cara yang lebih efisien. Aplikasi ini memiliki fitur yang
membuat pencarian, pelaporan, dan penggantian biaya menjadi lebih mudah. Hal ini membuatnya sangat berguna bagi bisnis dan pekerja yang perlu menangani tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan.
Kelebihan:
- Aplikasi yang sederhana dan user-friendly
- Dapat melaporkan keuangan lebih mudah
- Dapat terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Quickbook, Xero, Netsuite, dan lainnya.
Kekurangan:
- Harga berlangganan cukup mahal
- Bergantung pada koneksi jaringan internet
10. Hootsuite
Biasanya Anda akan mengintegrasikan website Anda dengan social media bisnis terkait, karena dengan begitu level enggament bisa bertambah. Nah! Aplikasi Hootsuite ini akan membantu Anda untuk mengelola dalam satu halaman dashboard berbagai media social.
Kelebihan:
- Mudah untuk melacar saluran media yang digunakan dalam satu tempat
- Memiliki fungsi analisis yang unik
- Pengguna dapat melihat seberapa efektid kampanye pada media sosial
- Memiliki fitur yang dapat menjadwalkan pesan/postingan untuk semua media sosial
Kekurangan:
- Harga yang tergolong mahal
- Interface yang berlebihan.
11. SEMrush
Gunakan aplikasi ini pada saat Anda sedang akan menyusun strategi digital marketing. Dengan data-data yang akan bisa Anda dapatkan di sini, bisa membantu menyusun perencanaan yang sesuai. Pelajari hasil performasi website Anda sendiri atau pun milik kompetitor. Sejujurnya, SEMrush ini adalah software SEO terbaik yang saya gunakan.
Kelebihan:
- Dapat menganalisa SEO lebih dalam
- Memberikan hasil riset kata kunci yang relevan
- Dapat mengintip kata kunci dari pesaing
- Dapat menganalisis backlink
- Dapat mengukur efektivitas SEO Anda
Kekurangan:
- Harga SEMrush tergolong mahal
- SEMrush berfokus pada aspek digital
- Data sangat terbatas untuk dibeberapa Negara
12. Buffer
Buffer adalah sebuah platform untuk mengelola media sosial yang membantu perusahaan atau perorangan menjadwalkan, mempublikasikan, dan menganalisis di berbagai situs media sosial. Dimulai pada tahun 2010, dan sejak saat itu menjadi terkenal untuk memasarkan dan mengelola media sosial. Buffer memiliki berbagai macam layanan dan manfaat.
Kelebihan:
- Memiliki management multi-platform
- Dapat menganalisis kinerja dari postingan Anda, kapan waktu yang baik, dan jenis kontennya
- Dapat digunakan lebih dari satu orang sesuai dengan kebutuhan.
Kekurangan:
- Terbatasnya dalam postingan otomatis
- Tidak dapat diintegrasi dengan aplikasi lainnya
13. Ahrefs
Ahrefs adalah perangkat lunak SEO (Search Engine Optimization) yang digunakan oleh pemilik situs web, pemasar digital, dan profesional SEO untuk meningkatkan eksposur online dan peringkat pencarian secara organik. Ahrefs memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda dengan pekerjaan SEO yang Anda kerjakan.
Kelebihan:
- Meneliti kata kunci yang cukup kuat
- Dapat memantau peringkat dari kata kunci yang Anda cari
- Dapat menganalisis website kompetitor
Kekurangan:
- Terbatas dalam mencari kata kunci dalam satu hari
- Tidak tersedia data langsung dari Google
- Tergolong rumit digunakan oleh pemula
14. Pipedrive
Pipedrive adalah perangkat lunak Customer Relationship Management (CRM) terkenal yang membantu bisnis dan agen untuk mengelola proses penjualan dan hubungan mereka dengan pelanggan secara lebih efisien. Dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan aktivitas penjualan, melacak prospek dan kesepakatan, serta meningkatkan performa penjualan secara keseluruhan. Pipedrive populer di kalangan perusahaan kecil dan menengah karena mudah digunakan dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan mereka.
Kelebihan:
- Dapat diakses dari mana saja dan kapan saja baik
- Tim dapat memperoleh visibilitas penuh
- Memiliki fitur aktivitas dan tujuan yang dapat melacak aktivitas yang tertunda di setiap saluran pemasaran
- Memiliki pilihan khusus untuk melaporkan pemasaran dalam memantau target, menganalisis data pemasaran, dan menghasilkan laporan visual
- Terintegrasi dengan layanan e-mail seperti Outlook, Gmail, dan Yahoo
- Memungkinkan penggunanya untuk mentransfer detail kontak, riwayat komunikasi, dan informasi lainnya di seluruh aplikasi
Kekurangan:
- Hanya tersedia versi berbayar saja. Tetapi ada free trial yang bisa dicoba sebelum memutuskan untuk menggunakan versi berbayar.
15. Ubersuggest
Salah satu pakar digital marketing terkemuka di dunia, Neil Patel, menciptakan tools Ubersuggest ini dan memberikan pelayanannya secara gratis. Fitur-fiturnya terdiri dari rangkuman hasil performa domain website Anda, laporan tingkat efektivitas laman SEO, rekomendasi kata kunci atau keywords, data backlink, dan ide koten untuk Anda sajikan. Dengan memperhatikan itu semua, Anda bisa meningkatkan nilai konversi website toko online Anda.
Kelebihan:
- Menganalisa kompetisi yang sedang terjadi pada pesaing
- Dapat memberikan ide konten berdasarkan kata kunci
- Dapat memantau brand Anda secara online berdasarkan ulasan, pertanyaan, dan diskusi para pelanggan
Kekurangan:
- Terbatas untuk versi tidak berbayar
- Keterbatasan pada data yang ditampilkan
- Terbatas dalam menganalisis kompetitif
16. IFTTT
IFTTT adalah layanan online populer yang memungkinkan pengguna untuk mengatur proses secara otomatis dan menghubungkannya ke berbagai aplikasi dan layanan web. IFTTT juga dapat menjadi tool yang berguna untuk mengotomatiskan tugas dan proses tertentu dalam digital marketing.
Kelebihan:
- Aplikasi yang sederhana sehingga mudah digunakan
- Terintegrasi secara luas untuk aplikasi lainnya
- Membantu meningkatkan produktivitas
Kekurangan:
- Bergantung pada layanan pihak ketiga
- Fitur terbatas untuk versi tidak berbayar
17. Intercom
Intercom adalah platform komunikasi yang menangani hal yang berkaitan dengan customer. Aplikasi pemasaran online ini memfokuskan layanannya pada tahapan sales funnel, termasuk orientasi pelanggan, aktivasi, dan konversi uji coba.Tidak hanya itu, Intercom juga mampu mengidentifikasi akun prospek yang muncul di situs web Anda.
Kelebihan:
- Dapat melihat interaksi pelanggan dalam proses pemasaran dan penjualan
- Dapat memprospek ke dalam bisnis.
- Memberikan support kepada para pelanggan
- Aplikasi ini dapat terintegrasi untuk aplikasi berbisnis lainnya
Kekurangan:
- Laporan yang terdapat pada aplikasi tidak dapat di ekspor
- Untuk mendapatkan tanggapan atau solusi membutuhkan waktu yang cukup lama dari customer service
18. Mention
Mention dapat membantu Anda memonitor website atau toko online kompetitor Anda. Aplikasi ini dapat memantau berbagai kegiatan seperti percakapan dari berbagai sumber baik media sosial, website, dan lain sebagainya, menganalisis dan memberikan report langsung kepada Anda. Pada aplikasi ini, Anda dapat mencari keyword ataupun merek yang Anda inginkan. Aplikasi Mention akan memonitornya secara real time dan Mention juga akan memberikan notifikasi apabila seseorang menggunakan keyword yang Anda pakai.
Kelebihan:
- Dapat memantau percakapan tentang bisnis Anda di media sosial
- Memiliki fitur untuk melacak hashtag
- Dapat mengakses data real-time
- Dapat mengundang anggota lain untuk mengelola media sosial
Kekurangan:
- Integrasi yang ditawarkan sangat terbatas
- Penggunaan agak sedikit rumit
19. Kartra
Salah satu aplikasi marketing dengan berbasis cloud, yang dapat membantu bisnis untuk meluncurkan, membuat dan mengelola platform e-commerce. Aplikasi berbisnis digital ini juga digunakan untuk mempromosikan atau membuat kampanye pemasaran yang fitur helpdesk bagi pelanggan.
Kelebihan:
- Aplikasi ini didukung dengan email marketing yang memudahkan bisnis dalam pemasaran
- User-friendly
Kekurangan:
- Tidak mudah untuk dinavigasi.
- UI sangat tidak intuitif
- Tidak dapat diintegrasikan dengan mudah untuk produk lain,
- Ada biaya ekstra untuk bandwidth dan kurang dukungan dari layanan pelanggan
- Butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan halaman utama
20. Wanelo
Aplikasi mewadahi berbagai produk dari berbagai toko. Wanelo adalah singakatan dari want, need, and love yang merupakan aplikasi dari San Fransisco Amerika. Saat ini aplikasi Wanelo telah mewadahi lebih dari 12 juta produk dari berbagai toko online yang sudah bergabung. Aplikasi ini menawarkan fitur yang dapat mendukung kegiatan strategi digital marketing Anda.
Dalam mendukung strategi digital marketing Anda, aplikasi yang berbasis mobile ini mengumpulkan semua produk terkait dengan produk yang sama pada satu tempat. Sehingga aplikasi ini memudahkan Anda untuk mempromosikan produk yang sesuai
Kelebihan:
- Produk mudah ditemukan
- Menyediakan akses untuk verifikasi produk
- Memiliki komunitas aktif
- Memiliki fitur notifikasi harga
- Dapat diintegrasikan pada media sosial Anda
Kekurangan:
- Pesaing yang bergelut dibidang yang sama sangat banyak
- Keterbatasan terhadap wilayah atau daerah untuk membeli sebuah produk
21. EngageBay
EngageBay merupakan aplikasi untuk marketing, sales, customer service, dan CRM yang saling berintegrasi untuk membantu kegiatan perusahaan kecil hingga perusahaan menengah. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga memungkinkan bisnis untuk menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan serta mempertahankannya.
Kelebihan:
- Cepat dan mudah digunakan bagi pengguna baru
- Memiliki banyak pilihan fitur dan harganya mampu bersaing dengan yang lain
- Dapat terintegrasi dengan aplikasi lain dengan mudah
- Dapat mengirimkan email marketing dengan mudah
Kekurangan:
- Tidak terdapat fitur seperti Google Meet dan kalender pengingat event
- Untuk mengoptimalisasi melalu selular harus dilakukan secara manual
- Panduan untuk menyelesaikan error terbatas
22. Salesflare
Salesflare merupakan CRM dan platform email yang banyak digunakan untuk berbisnis untuk memberikan hasil yang maksimal dan meminimalisir pekerjaan. Aplikasi online ini memiliki fitur otomatisasi untuk memasukan data yang diperoleh dari profil sosial, e-mail, kalender, telepon, database perusahaan, serta tanda tangan melalui email secara profesional.
Kelebihan:
- Membantu mengelola tugas secara otomatis
- Memiliki fitur otomatisasi data
- Memberikan notifikasi pemberitahuan apabila ada prospek
- Alur kerja dan organisasi customer yang berbeda pada sales pipeline
Kekurangan:
- Tersedia satu multiple reminders
- Notifikasi akan hilang apa bila target tidak terpenuhi
- Tidak support dengan perangkat lunak untuk penjualan atau pemasaran lainnya.
23. Facebook Pages Manager
Facebook menjadi salah satu platform populer yang sering digunakan untuk memasakan produk atau jasa. Facebook memiliki Business Page Manager yang dapat membantu Anda dalam mengelola insight, leads atau data lain yang Anda inginkan. Data tersebut digunakan untuk memberikan hasil yang optimal pada ad campaign Anda untuk memaksimalkan kampanye digital yang Anda gunakan melalui Facebook Ads.
Kelebihan:
- Mudah dalam mengelola halaman bisnis
- Memberikan notifikasi real-time
- Memiliki fitur untuk mempublikasi postingan Anda
- Dapat mengundang tim untuk mengelola akun bisnis Anda
Kekurangan:
- Keterbatasan dalam desain dan konten
- Memerlukan koneksi internet
- Fitur yang tersedia sangat terbatas
24. SociaBuzz
Platform aplikasi ini mendukung pemasaran Anda dengan menyediakan talent dan jasa yang dapat Anda ajak kerja sama untuk mempromosikan toko online Anda. SociaBuzz ini menyediakan layanan seperti, influencer, fotografer, model, MUA, desainer, MC, dan sebagainya. Pilih saja sesuai kebutuhan dan budget Anda.
Kelebihan:
- Memiliki pilihan pada influencers marketing yang diinginkan
- Informasi lengkap dari para influencer yang terdaftar
- Portofolio influencer tertera pada website
- Terdapat testimoni dari klien untuk para influencer
Kekurangan:
- Tidak tersedia aplikasi yang bisa diunduh dari selular Anda
25. Drip CRM
Drip ECRM adalah aplikasi digital marketing yang berfokus pada kinerja aplikasinya. Drip ECRM memiliki dua hal yang perlu diperhatikan yang pertama, pada drip marketing, dimana prospek yang memiliki potensial akan diberikan notifikasi terkait sebuah merek/brand melalui e-mail yang sudah terjadwal. Kedua, mereka memiliki layanan yang diarahkan pada e-commerce.
Kelebihan:
Memiliki modul e-mail yang dapat dikirimkan secara otomatis untuk menjadi salah satu bentuk promosi atau pemasaran sebuah produk/merek/dan lain sebagainya.
Memiliki modul pembuat iklan khusus untuk jejaring sosial Facebook
Kekurangan:
Harga yang ditawarkan cukup tinggi bagi pembisnis dengan skala kecil
Kualitas layanan untuk pelanggan terkadang tidak terlalu responsif
Penulis : Margaretta Riri, Monika Tanaya (updated 26 September 2023)