SEO & Digital Marketing Glosarium
301 Redirection
301 Redirection adalah cara mengalihkan satu alamat URL ke alamat lain secara permanen. Tidak dikembalikan lagi ke alamat sebelumnya.
404 Error
404 Error adalah kode syntax dimana gagal dimuat atau gagal untuk diakses. Angka 4 di depan adalah akibat pengguna yang keliru mengetikkan alamat tautan. Sementara angka 04 di akhir merujuk pada syntax error alias ketidakadaan. Maka, kode 404 merupakan akumulasi dari syntax error serta kekeliruan pada pengguna.
Anchor Text
Anchor Text adalah bagian yang menghubungkan antara satu halaman dengan halaman lainnya. Bisa dalam bentuk kalimat, kata kunci, frasa, atau kata.
Black Hat SEO
Black Hat SEO adalah serangkaian cara yang digunakan untuk meningkatkan ranking website dengan cara-cara yang tidak diperbolehkan oleh google. Cara yang digunakan adalah memanipulasi. Bukan dengan membuat konten berkualitas yang ramah SEO.
Bounce Rate
Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan halaman website tanpa melakukan aktivitas lanjutan. Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi ranking website, metrik ini memberikan indikasi performa berbagai faktor yang mempengaruhi penilaian Google seperti kualitas konten, kecepatan loading, penggunaan keywords, hingga tampilan mobile. Karenanya, penting bagi pemilik website memantau bounce rate.
Breadcrumbs
Breadcrumbs merupakan sebuah baris tautan singkat yang letaknya di bagian paling atas website yang berisi informasi terkait posisi user atau audiens berada.
Canonical Tag
Canonical Tag adalah elemen HTML yang menentukan versi “kanonik” atau “disarankan” dari halaman web untuk membantu webmaster menghindari kesulitan duplikat konten dalam pengoptimalan search engine.
Citation Flow
Citation flow adalah metrik yang dikembangkan Majestic untuk mengukur jumlah external backlink yang didapatkan suatu website. Berbeda dengan trust flow yang sangat memperhitungkan kualitas backlink, citation flow hanya berfokus pada kuantitasnya tanpa memperhitungkan apakah link-link tersebut berkualitas baik atau buruk.
Click-Through Rate
Click-through rate (CTR) adalah rasio yang mengukur seberapa sering suatu tautan diklik. Metrik ini lazim digunakan untuk mengukur efektivitas suatu kampanye pemasaran digital, khususnya PPC, SEO, dan email marketing. CTR adalah rasio yang cocok untuk kampanye-kampanye tersebut karena biasanya bertujuan mengarahkan pengguna ke halaman website tertentu. Ketika menjalankan kampanye PPC misalnya, kita dapat memanfaatkan CTR untuk mengevaluasi performa iklan dengan memantau jumlah pengunjung yang sudah melihat iklan tersebut dan juga jumlah pengunjung yang mengklik iklannya.
Kualitas CTR dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari demografis target market, kualitas konten, penawaran yang tersedia, hingga meta tag. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan CTR, seperti:
- Menggunakan ad extension: Ad extension dapat meningkatkan CTR karena dapat berbentuk review, lokasi, sitelink, atau call buttons yang memudahkan interaksi pengguna dengan website.
- Menggunakan konten yang relevan: Bukan hanya relevan, konten kita juga harus dapat menjawab search intent pengguna.
- Kualitas meta tag: Optimasi title tag dan meta description dengan mencantumkan keyword yang relevan.
Cloaking
Cloaking adalah menyembunyikan konten lewat link atau URL yang berbeda terhadap pengguna manusia dan mesin pencarian.
Content Marketing
Content marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan pembuatan dan pendistribusian konten-konten bernilai tambah dan relevan bagi target market, dengan tujuan mempromosikan produk atau jasa. Bila dipadukan dengan tepat, content marketing dan SEO dapat mensukseskan bisnis online Anda.
SEO sendiri terdiri atas serangkaian proses untuk meningkatkan kualitas dan jumlah traffic website dari mesin pencari secara organik. Proses tersebut tidak terpisahkan dari content marketing, mengingat website pasti memerlukan konten, baik berbentuk tulisan, foto, hingga video.
Content marketing berfokus memberi nilai bagi audiens, sedangkan SEO berfokus untuk membantu algoritma mesin pencari melihat dan menentukan nilai tambah konten tersebut. Penggunaan keywords yang tepat dalam content marketing membantu algoritma mengenali konteks konten dan menilai relevansi konten terhadap search intent. Semakin relevan konten suatu website, semakin besar potensi halaman tersebut mendapat peringkat tinggi dalam SERP Google. Ketika website muncul di halaman awal SERP, Anda telah berhasil mempermudah target market menemukan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah singkatan dari cost per click. Yaitu salah satu iklan di platform online yang sistem pembayarannya sesuai jumlah klik yang dilakukan pengunjung. Ada tiga pihak yang berperan dalam iklan CPC ini. Yaitu advertiser, publisher, dan platform pihak ketiga.
Advertiser adalah pihak yang memasang iklan. Sedangkan publisher adalah pemilik website, atau blog yang menyediakan space iklan. Kedua pihak ini dimediatori oleh pihak ketiga. Yaitu platform online atau yang biasa disebut google adsense.
Pihak publisher biasanya menawarkan sejumlah tarif bagi advertiser yang ingin beriklan di spacenya. Setelah ada kesepakatan, pihak ketiga atau google adsense yang akan membantu hingga iklan tayang.
Cost per click atau CPC ini juga sering disebut dengan istilah PPC atau pay per click. Yang artinya kurang lebih sama. Yaitu jumlah pembayaran dihitung dari jumlah klik yang dilakukan visitor pada iklan.
CPM (Cost Per Mille)
Cost Per Mille (CPM) adalah besaran biaya yang harus anda keluarkan untuk setiap 1.000 impression atau tayangan. Kenapa seribu? Karena kata mille berasal dari bahasa Yunani yang artinya seribu. Jadi berapa yang harus dibayar pengiklan setiap iklan tersebut ditayangkan selama 1000 kali.
Duplicate content
Duplicate content adalah konten-konten yang sama persis atau sangat mirip yang muncul pada halaman-halaman dengan URL berbeda, baik dalam satu domain website yang sama maupun website yang berbeda.
DoFollow
DoFollow adalah perintah di website yang berfungsi untuk mengizinkan mesin pencari mengikuti suatu link/ tautan; biasanya semua link akan otomatis terformat dofollow
Error 404
Error 404 not found merupakan halaman yang membuat pengunjung website kecewa karena biasanya halaman tersebut gagal untuk diakses atau rusak.
Google Ads
Google Ads adalah media iklan dari google yang memungkinkan users untuk memasang iklan pada search engine ini.
Google AMP
Google AMP (Accelerated Mobile Page) adalah sebuah cara mengoptimasi halaman website akan lebih cepat loading dibandingkan yang tidak menggunakannya. Seperti namanya, AMP ini hanya diperuntukkan untuk perangkat mobil. Website yang sudah menggunakan device ini ditandai dengan menggunakan simbol gambar petir.
Google Index
Google Index adalah database data dan halaman web yang dikumpulkan oleh Google. Google, di sisi lain, dapat memberikan hasil pencarian kepada konsumennya berdasarkan database tersebut. Basis data berasal dari operasi perayapan (crawling) dan pengindeksan Google. Menggunakan teknik yang disebut spider, pengindeksan dan perayapan ini memungkinkan Google menemukan halaman web baru di dunia maya. Googlebot adalah nama yang diberikan untuk perayap Google sendiri.
Google PageRank
Google PageRank adalah algoritma penentuan ranking yang dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1990-an. Algoritma ini menggunakan perhitungan matematis untuk menentukan nilai (value) suatu halaman website berdasarkan jumlah dan kualitas link yang diterima.
Header Tag
Header tag atau yang disebut juga sebagai heading tag merupakan elemen HTML yang dipakai untuk mengidentifikasi heading dan subheading dalam sebuah halaman web. Tag-tag ini tersusun secara hierarkis dari H1 hingga H6, dengan H1 biasanya memuat judul atau tajuk utama halaman web atau artikel.
HTTP Code
HTTP Codes adalah code jawaban dari server dari data yang diminta oleh browser. User tidak akan menyadari pertukaran ini selama prosesnya berjalan dengan lancar. Berbentuk 3 angka yang memiliki makna berbeda pada tiap gabungannya. Kode hanya akan terlihat pada ketika terjadi sesuatu yang tidak lancar. Tapi jika lancar-lancar saja, kode ini sengaja tidak ditampilkan dan pertukaran tetap terjadi tanpa pemberitahuan dari server.
Internal Linking
Internal Linking adalah link yang saling bertautan dalam satu website yang sama.
Link Building
Link Building adalah aktivitas SEO yang menghubungkan situs eksternal ke situs Anda lewat link (tautan). Dengan demikian, website Anda bisa dengan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan berpotensi untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian.
Long tail keyword
Long tail keyword atau kata kunci ekor panjang adalah keyword yang lebih spesifik dan lebih panjang dari keyword utama (head keyword). Biasanya, long tail keyword terdiri dari 3 hingga 5 kata atau lebih dan mencantumkan head keyword di dalamnya. Sebagai contoh, head keyword “digital marketing” dapat memiliki variasi keyword ekor panjang seperti “manfaat digital marketing”, “cara memaksimalkan digital marketing untuk konversi”, “jasa digital marketing di dekat saya”, dan lainnya yang serupa.
Keyword-keyword ini cenderung memiliki traffic atau volume pencarian yang lebih rendah tetapi memiliki potensi konversi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan long tail keyword biasanya spesifik, sehingga efektif digunakan untuk menargetkan niche. Selain itu, keyword ini juga biasanya sesuai dengan search intent pengguna, sehingga menarik perhatian pengunjung dengan motivasi bertransaksi yang lebih tinggi dan berpotensi meningkatkan click through rate serta conversion rate. Tingkat persaingannya yang lebih rendah juga membuat long tail keyword berpotensi mendapatkan ranking yang lebih tinggi di SERP.
Meta Description
Meta description / meta deskripsi adalah gambaran singkat mengenai isi artikel secara keseluruhan. Tujuan utamanya adalah menarik visitors agar mau membuka tautan. Diletakkan setelah judul dan alamat URL pada SERP. Sekilas memang nampak sepele. Tapi jika sebuah tautan tidak disertakan meta deskripsi akan kehilangan peluang untuk mendapatkan kunjungan atau traffic.
Meta tags
Meta tags adalah salah satu jenis tag HTML yang berfungsi untuk “mendeskripsikan” konten supaya dapat dipahami mesin pencari.
Meta Title
Meta Title adalah judul artikel yang muncul di halaman hasil saat dilakukan pencarian lewat mesin pencari (search engine).
Mobile First
Mobile first indexing adalah mekanisme indeksasi Google yang memprioritaskan versi mobile sebuah website. Mekanisme ini berarti Google akan lebih dominan menggunakan dan mempertimbangkan tampilan mobile suatu website untuk indexing dan ranking. Banyak pengembang dan pemilik website menggunakan responsive web design untuk mengatasi hal ini.
NoFollow
NoFollow adalah perintah di website yang meminta mesin pencari untuk mengabaikan suatu link/ tautan sehingga robot (bot) tidak akan mengindeks link yang ditandai sebagai nofollow.
NoIndex
NoIndex adalah tag yang memiliki fungsi untuk menghalangi robot-robot Google atau mesin pencari untuk menandai atau mengindeks halaman tertentu dalam website, sehingga mesin pencari tidak dapat menemukan halaman website tersebut.
Rich Snippet
Rich snippet tidak hanya memiliki tampilan yang lebih menarik dari snippet, tetapi juga mengandung informasi tambahan. Dalam contoh di atas, informasi tersebut berupa rating, foto, dan durasi memasak. Rangkaian informasi tambahan ini membuat rich snippet lebih menonjol dan berpotensi memiliki click-through rate yang lebih tinggi. Karena click-through rate yang lebih tinggi, Google akan menilai bahwa halaman tersebut lebih sesuai dengan search intent pengguna dan tentunya akan meningkatkan ranking dalam jangka panjang. Kita dapat “menginstruksikan” Google untuk menampilkan rich snippet dengan menambahkan structured data alias schema markup pada website. Mesin pencari akan membaca dan memproses rangkaian kode tersebut dan menghasilkan rich result.
Robots.txt
Robots.txt adalah serangkaian instruksi yang berbetuk text untuk robot indexing agar bersedia melakukan perayapan (crawl) pada website tersebut. Tidak hanya mengarahkan saja. Tapi juga mengatur halaman website mana saja yang boleh dirayapi dan tidak boleh dirayapi. Gambaran sederhananya seperti ini. Andaikan website itu sebuah bangunan, halaman-halaman di dalamnya ibarat ruangannya. Ada beberapa ruangan yang boleh dikunjungi orang lain dan ada ruangan private yang hanya boleh dikunjungi oleh pemilik rumah atau situs. Di sinilah fungsi dari robots.txt. Mengarahkan robot indexing terkait ruangan atau halaman mana saja yang boleh dikunjungi. Karena tidak semua halaman di dalam situs boleh menjadi konten yang layak dikonsumsi publik.
Schema Markup
Schema markup atau structured data markup adalah rangkaian kode yang ditambahkan pada HTML website. Masing-masing industri atau kategori memiliki rangkaian kosakata yang berbeda yang tercantum dalam Schema.org. Setelah ditambahkan, schema markup akan mengirimkan sinyal berisi deskripsi isi website pada mesin pencari. Dengan menggunakan kode-kode ini, mesin pencari dapat menyajikan hasil pencarian yang lebih akurat untuk pengunjung.
Hasil penggunaan schema markup dapat ditampilkan oleh mesin pencari dalam bentuk yang berbeda-beda. Beberapa tampilan markup yang sering kita lihat berbentuk rating, knowledge panel, snippet berisi artikel (khususnya untuk portal berita online).
Kita dapat menambahkan schema markup dengan berbagai cara, bergantung pada website builder yang digunakan. WordPress, misalnya, menyediakan plugins gratis dan berbayar untuk dengan mudah menambahkan schema markup. Beberapa pilihan plugins WordPress yang populer seperti Schema Pro dan WP Review Pro.
SEA
SEA (Search Engine Advertising) adalah iklan premium yang dapat dilakukan marketer guna memposisikan websitenya di mesin pencarian. Tampilan situs web nantinya akan berbentuk ads. Dan serta-merta menempati halaman pertama search engine.
SEM
Search Engine Marketing atau SEM adalah cara optimasi website dengan menggunakan iklan berbayar. Jika SEO menggunakan optimasi gratis, SEM harus berbayar. Dan cara yang paling sering digunakan adalah menggunakan iklan pay per click (PPC).
SEO
SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian cara yang digunakan agar website masuk pada halaman pertama mesin pencarian. SEO dilakukan atas dasar perilaku pengunjung yang selalu membuka halaman pertama mesin pencarian. Dari dasar inilah para pemilik website berlomba-lomba menggiring websitenya di halaman pertama mesin pencarian.
SEO Keyword
SEO Keyword adalah kata kunci berdasarkan riset SEO yang digunakan pengguna internet untuk menemukan sesuatu di halaman SERP.
SEO Title
SEO Title adalah judul artikel yang muncul di halaman hasil saat dilakukan pencarian.
SERP
Search Engine Results Pages atau yang biasa disingkat SERP adalah halaman mesin pencari yang memberikan informasi setelah menuliskan kata kunci. Contohnya adalah Google, Bing, Yandex, Yahoo, Duck-Duck Go, dan lainnya.
Sitelink
Sitelink adalah link sub-halaman terpopuler dalam website yang pertama kali muncul di halaman hasil pencarian. Jumlah sitelink yang muncul biasanya berbeda-beda, ada yang terdiri dari 2 kolom berisi 4-6 sitelink, ada juga yang hanya terdiri dari satu kolom berisi 4 sitelink seperti contoh di atas.
Sitemap
Sitemap adalah sebuah file XML yang mencantumkan semua URL yang ada dalam situs. Fungsi Sitemap adalah menyimpan semua data penting situs tersebut. Sehingga google clawler bisa menemukan halaman-halaman penting itu pada satu tempat dan tidak tersebar pada beberapa link internal.
Snippet
Snippet adalah hasil pencarian yang ditampilkan Google di SERP. Menariknya, Google juga dapat menampilkan snippet dengan tambahan informasi antara URL dan meta description. Snippet tersebut dikenal sebagai rich snippet atau rich result. Snippet umumnya hanya menampilkan tiga informasi utama, yaitu title tag, meta description, dan URL. Sesuai yang diharapkan, rich snippet memiliki tampilan yang lebih menarik dengan tambahan informasi seperti foto dan lainnya.
Title Tag
Title Tag adalah judul artikel yang muncul di halaman hasil saat dilakukan pencarian.
Trust Flow
Trust flow adalah metrik yang mengukur kualitas link yang mengarah pada URL dan website. Metrik ini mengukur seberapa terpercayanya suatu website dengan menggunakan skala dari 0 hingga 100. Semakin tinggi trust flow suatu website, semakin tinggi juga potensinya untuk mendapatkan ranking yang baik. Penggunaan trust flow biasanya dipadukan dengan metrik lain dari Majestic yang disebut sebagai citation flow.
URL Rewrite
URL Rewrite adalah aktivitas menulis ulang URL agar lebih pendek dan mudah untuk diingat.
Webmaster Tools
webmaster tools adalah tool yang mengakomodir pemilik situs web untuk optimasi website, meninggikan traffic serta ranking pada mesin pencarian. Tool ini sanggup menolong melihat bagaimana performa website, melihat traffic, dan berbagai permasalahan lain website pada mesin pencarian.
White Hat SEOs
White Hat SEO adalah teknik SEO yang telah disetujui oleh search engine seperti google. Pada dasarnya, SEO dilakukan dengan tujuan utama agar website mudah ditemukan. Caranya adalah dengan menempatkan situs pada halaman pertama mesin pencarian.